Wisata Kota Medan memang selalu menarik untuk di bahas. Nggak hanya dikenal memiliki kuliner yang unik dan enak, Kota Medan juga memiliki banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam, sejarah dan budaya hingga wisata belanja bisa kamu temukan di sana.

Kota Medan pun mudah dijangkau dengan berbagai transportasi umum, termasuk transportasi darat seperti bus.

Naik bus antar kota antar provinsi bisa jadi pilihan asyik karena selain harganya relatif terjangkau, pilihan operatornya pun banyak. Contohnya saja Putra Pelangi yang sudah beroperasi sejak tahun 90an.

Nah jika kamu liburan ke Kota Medan, jangan lupa mampir dan mengunjungi wisata menarik yang ada di pusat Kota Medan berikut ini ya!

wisata kota medan yang menarik dikunjungi

Istana Maimun

Istana Maimun merupakan salah satu wisata kota Medan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan maupun warga lokal. Bangunan bersejarah peninggalan Kesultanan Deli yang sudah ada sejak tahun 1888 ini memiliki tampilan khas yang menggabungkan arsitektur bergaya Melayu, Islam, Italia, India dan Spanyol yang khas.

Bangunan yang didominasi warna kuning khas Melayu ini berada di Jalan Brigjend Katamso yang mudah diakses dengan kendaraan umum. Di sini kamu bisa berfoto dengan latar belakang istana, melihat Meriam Puntung dan bisa juga menyewa baju adat melayu.

Masjid Raya Medan

Nggak begitu jauh dari Istana Maimun, bahkan bisa dikunjungi dengan berjalan kaki sekitar 5 menit kamu bisa menemukan Masjid Raya Medan. Masjid yang punya nama asli Masjid Raya Al-Mashun ini juga merupakan peninggalan Kesultanan Deli yang masih berdiri dan berfungsi sebagai tempat ibadah hingga kini.

Nggak hanya bagian luarnya yang terlihat mewah, bagian dalamnya pun tak kalah megah. Kamu juga bisa melihat Al Qur’an berukuran besar yang sudah berusia ratusan tahun di masjid ini.

Masjid megah yang menggabungkan arsitektur bergaya Timur Tengah, India dan Spanyol ini tentu saja boleh dimasuki siapa saja. Yang terpenting untuk menjaga adab dan pakaian yang dipakai.

Rumah Tjong A Fie

Wisata Kota Medan berikutnya adalah Rumah Tjong A Fie. Tempat Wisata Kota Medan ini berada di daerah Kesawan yang merupakan wilayah cagar budaya di Kota Medan.

Rumah yang memadukan arsitektur bergaya Cina, Melayu dan Eropa ini menjadi spot wisata yang tepat jika kamu ingin mengetahui sejarah Kota Medan dan juga Melayu – Tionghoa di Medan. Selain itu rumah ini punya banyak sekali spot instagramable yang bisa jadi latar berfoto yang keren.

mesjid raya merupakan wisata kota medan yang wajib dikunjungi

Restoran Tip Top

Restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1929 ini berada di Jalan Ahmad Yani dan juga termasuk dalam kawasan Kesawan. Lokasinya pun tak begitu jauh dari Rumah Tjong A Fie.

Restoran bernuansa klasik Eropa yang kental ini masih menggunakan furnitur asli sejak saat pertama kali berdiri. Di bagian dalam restoran ini terasa homey dan akan membawa kamu kembali ke jaman tempo dulu. Selain itu ada banyak barang-barang antik yang dipajang di dalam restoran ini.

Di sini kamu bisa mencicipi makanan khas Eropa dengan cita rasa yang tetap asli sama seperti saat pertama kali buka. Mulai dari berbagai jenis kue, bolu, bistik dan juga menu es krimnya. Selain itu menu makanan di restoran ini juga beragam, mulai dari makanan khas Cina dan tentu saja menu nusantara.

Lapangan Merdeka Medan

Nggak jauh dari Rumah Tjong A Fie dan restoran Tip Top, kamu bisa menemukan Lapangan Merdeka Medan yang merupakan salah satu situs bersejarah dan tempat wisata Kota Medan yang menjadi saksi kemerdekaan Indonesia. Lokasinya pun sangat strategis, yaitu segaris lurus dengan daerah Kesawan, tepatnya berada di depan Gedung Balai Kota Lama dan Kantor Pos Medan.

Saat ini Lapangan Merdeka menjadi salah satu pusat aktivitas olahraga yang populer di kota Medan. Selain ada banyak alat olahraga gratis, ada juga arena bermain skateboard dan panjat tebing. Ada juga Merdeka Walk yang berisi restoran dan cafe dengan berbagai menu yang siap memanjakan lidah kamu. Nggak heran wisata Kota Medan ini selalu ramai dikunjungi baik oleh orang lokal maupun pelancong.

Di dekat lapangan ini juga ada beberapa gedung ikonik dengan arsitektur khas Eropa yang masih berdiri tegak. Seperti misalnya Kantor Pos Medan, gedung Balai Kota lama dan Gedung London Sumatera. Tak jauh dari lapangan ini juga ada beberapa mal besar yang bisa dikunjungi jika ingin ngadem atau belanja berbagai keperluan.

Demikianlah info mengenai wisata Kota Medan yang bisa kamu kunjungi. Sudah siap menjelajah Kota Medan? Kamu pesan tiket bus Putra Pelangi beli di sini agar rencana liburan kamu ke Medan jadi kenyataan.

Dari pool bus Putra Pelangi ke pusat kota Medan juga tidak terlalu jauh. Kamu bisa menggunakan transportasi umum dan juga ojek online untuk mengunjungi objek wisata populer Medan di atas. Selamat berlibur!

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like