Udah tau belum kalau anak rantau bisa hangout hemat dengan Treat by Traveloka Eats?

Anak rantau mana suaranyaaaaa? Yang mahasiswa, udah dapat transferan belum dari bokap nyokap? Yang pekerja, udah gajian belum? Pasti udah lah. Tanggal muda gini. Diem-diem aje. Traktirin gue napa? ^^ Eh, lupa. Gaji numpang lewat ya? Habis buat bayar cicilan? Tapi tenang aja, bisa kok hangout hemat kita. Iya, pakai Treats by Traveloka Eats. Apaan tuh? Sini aku bisikin.

Hidup di rantau memang susah-susah senang. Senangnya bisa belajar hidup mandiri, susahnya harus jauh dari keluarga dan menghemat sebisa mungkin untuk kehidupan yang lebih baik. Perkara yang paling buat anak rantau harus merogoh kocek lebih dalam adalah hangout. Hangout ini udah jadi lifestyle yang paripurna di tengah masyarakat kita gak ketinggalan buat anak rantau juga.

Hangout bagi anak rantau bisa dikatakan sebuah wadah untuk meminimalisir segala galau, entah itu karena jauh dari keluarga, beban asmara yang gak kunjung reda, bahkan tuntutan kerjaan yang makin menggila. Ngumpul bareng teman, gitu bahasa sederhananya, bisa sedikit meredakan kegundahan itu. Dengan ngumpul bareng apalagi dengan teman yang klop serasa kayak ngumpul dengan keluarga. Apalagi kalau temen-temennya koplak semua. Petjah dah tu suasana. Hangout More, Galau Less. ^^

Tapi, terlepas dari ajakan untuk hangout bahkan hampir setiap hari, anak rantau ini sebenarnya agak dilema. Mau ikut, duit tipis. Gak ikut ntar malah dikira sombong. Sekayak maju kena, mundur kena. Sampai akhirnya muncullah slogan

‘Ada gak ada cuan yang penting kita ngumpul, gan!’.

Terlepas dari itu semua, sebagai seorang anak rantau harus bisa menghemat sih. Harus pintar mengelola keuangan karena gak ada yang tau apa yang akan terjadi kedepannya. Mahasiswa misalnya, menghemat bisa membantu meringankan pengeluaran orangtua setiap bulannya. Sedangkan yang bekerja bisa menabung dan berinvestasi lebih besar jika cekatan dalam mengatur pengeluaran.

Tips Hemat Anti Kudet ala Anak Rantau

Sebenarnya udah banyak tips-tips serupa yang bisa kamu temukan di mana-mana di internet khususnya. Hanya saja kadang kamu susah mengaplikasikannya karena satu dan lain hal. Agak bingung juga, satu sisi pengen bebaur biar gak dicap anti sosial, di sisi yang lain justru perlu juga sesekali seru-seruan dengan teman.

Buat kamu yang boros dan baru aja sadar dengan pentingnya memangkas pengeluaran yang gak perlu tapi pada saat yang sama kamu juga gak ingin kudet-kudet amat karena gak gaul, 5 tips berikut mungkin bisa membantu kamu.

Alokasikan dana entertainment setiap bulannya

Hangout Hemat Anak Rantau dengan Treat by Traveloka Eats

Tips hemat pertama dan paling utama adalah alokasi dana bulanan dihabiskan untuk apa aja. Sisipkan 5 sampai 10% (atau bisa disesuaikan dengan nominal pendapatan yang kamu peroleh) setiap bulannya untuk pos Entertainment. Dana ini bisa kamu gunakan untuk hangout, nonton bioskop atau hore-hore. Pastikan pengeluaran untuk entertainment ini gak melebihi dari budget yang sudah kamu alokasikan.

Jadi, kamu juga harus pintar memilah-milah dengan dana sekian kamu bisa hangout berapa kali dalam sebulan dan kegiatan apa aja yang mau kamu lakukan dengan uang itu. Pastikan uangnya pas, kalau bisa ya disisain dikit untuk ditabung. Bisa kan? Bisa dong! Beneran ya, gak dusta?

Ngumpul bareng dan masak di kosan

Hangout Hemat Anak Rantau dengan Treat by Traveloka Eats
 

Ini salah satu cara yang bisa tetap have fun bareng dengan menekan pengeluaran. Masak bareng atau liliwetan ini biasanya menggunakan sistem udunan. Biaya yang dihabiskan untuk membeli bahan dapur dan printilannya itu dibagi sama rata. Ngumpul bareng ini bisa dilakukan bergiliran di kosan teman-teman yang lain.

Hangout kayak gini juga gak was-was soal durasi ngumpul. Bisa nongkrong sepuasnya asal gak ganggu tetangga. Kalau di cafe kan agak segan yak, order satu minum duduk sampe 5 jam. Ntar dipelototin sama yang punya cafe kan jadi gak enak. Jangan sampai harus diusir paksa sama pelayannya. hahahaha

Pilih café yang murah meriah

Temenan itu gak harus mahal. Nongkrong di angkringan atau di taman kota sambil makan bakso bakar atau kerak telor pun udah aman. Yang menentukan asik gak asiknya nongkrong adalah siapa yang membersamai kita. Kamu juga harus bisa memilih teman yang gak gengsi untuk nongkrong di tempat murah bahkan gratis sekalipun.

Sekarang emang gak bisa dielak, cafe-cafe modern yang cozy udah berjibun dan sering diserbu millenials. Cafe-cafe ini terkesan agak pricey sesuai dengan menu food and beverages yang disediakan. Nah, kalau kiranya kamu gak sanggup bayar minuman yang kadang mencapai 50k itu, mending kamu nongkrong di STMJ pinggir jalan sama geng kamu. Udah hemat, sehat pulak.

Hangout Hemat Anak Rantau dengan Treat by Traveloka Eats

 

Pakai sistem American-share

Tiap nongkrong tuh ya masing-masing bayar sendiri makananya. Gak melulu harus traktir teman untuk diterima di koloninya. Harusnya kalau temannya sesama anak rantau, hal ini bisa dijadikan pengertian bersama. Sesekali boleh lah mentraktir teman, asal kamu punya rezeki lebih saat itu. Tapi, jika kamu rasa uangmu pas-pasan, American-share ini akan menyelamatkan kamu dari kekudetan dan tetap bisa ngobrol santuy bareng teman.

Gunakan fitur Treat by Traveloka Eats

Hangout Hemat Anak Rantau dengan Treat by Traveloka Eats

Pinter-pinter lah cari promo ya. Kadang suka ada restoran atau cafe yang nawarin promo beli satu gratis satu di hari-hari tertentu. Nah, baiknya dipertimbangkan lagi diskon kayak gini demi menghemat uang jajan kamu. Yang penting kamu gak gengsi aja. Salah satu cara terbaik untuk kamu nikmati potongan harga gini adalah melalui fitur Treats by Traveloka Eats. Kamu bisa jajan hemat di tempat makan favorit kamu.

Penasaran apa itu Treats by Traveloka Eats? Apa aja yang ditawarkan oleh fitur terbaru perusahaan Unicorn ini? Gimana panduan pemakaiannya? Baca terus artikel ini sampai selesai ya!!

 

Apa Itu Traveloka Eats?

Selain Traveloka Xperience, Traveloka kini hadir dengan fitur Traveloka Eats yang memudahkan pengguna mencari rekomendasi tempat makan di suatu daerah. Tentu saja fitur ini akan bermanfaat terlebih bagi traveler yang sedang berwisata dan bingung mau makan di mana. Melalui Traveloka Eats juga, para pengguna punya bayangan harga menu makanannya berapa.

Sebenarnya, Traveloka Eats ini sudah pernah diuji coba sejak tahun 2018 sebagai ‘food directory’ bagi pelancong atau pengguna setia Traveloka. Jadi tujuan awal diluncurkannya fitur ini memang melengkapi perjalanan para turis saat berwisata untuk mencicipi kuliner yang tersedia di daerah yang dikunjungi.

Gak cuma itu, ada beberapa fitur Traveloka Eats yang bisa digunakan untuk memudahkan pencarian restoran yang sesuai dengan keinginan pengguna. Fitur-fitur itu adalah sebagai berikut.

 

  • Search – Pengguna bisa mencari jenis makanan, restoran atau lokasi yang diinginkan
  • Special Offer – Pengguna dapat melihat list restoran yang membeikan promo di lokasi yang dicari. Ada juga fitur Penawaran Spesial di sekitar Anda yang lebih praktis untuk menemukan restoran dengan potongan harga.
  • Panduan Kuliner – Pengguna dapat melihat daftar tempat makan di kota besar lainnya seperti Bogor, Malang, Surabaya, Tangerang Selatan, Medan, Bandung, Depok, dan Jakarta.
  • Makan di Mana – Pengguna dapat memilih kategori restoran yang diinginkan seperti makan hemat, all you can eat, kafe, hingga restoran yang buka 24 jam.
  • Masakan Populer – Pengguna dapat menemukan restoran berdasarkan jenis makanan kesukaannya seperti seafood, makanan Indonesia, Barat, Asia, Masakan Padang, Cina, Jawa hingga ke dessert dan Tea & Coffee.
  • Add to Favorite – Pengguna dapat menyimpan restoran di fitur simpan agar gampang membuka kembali daftar restoran favorit jika sewaktu-waku bingung mau makan apa.
  • Review pengguna – Pengguna dapat melihat review dari pelanggan terkait makanan dan  layanan restoran serta rating yang diberikan sebelum memilih makan di retoran tersebut. Pengguna juga bisa melihat foto-foto yang diupload oleh pengguna.
  • Estimasi Harga – Pengguna dapat melihat harga makanan yang dijual derta besaran diskon yang diberikan. Sebagian restoran akan memberikan estimasi harga misalnya ‘di bawah 75K/orang’.

 

Kabar baik untuk warga Jakarta!!!

Tahun 2020 ini Traveloka Eats kembali dimantapkan dengan kehadiran Treats yang lebih memanjakan dompet pengguna dengan diskon dan promo menarik. Memang sejauh ini Treats ini hanya ada di Jakarta. Tapi ini gak menutup kemungkinan Treats akan hadir di kota-kota besar lainnya dalam waktu dekat.

Lantas apa itu Treats by Traveloka Eats? Treats adalah fitur terbaru dari Traveloka Eats yang menawarkan promo bervariasi dengan durasi tertentu. Contihnya Kintan Buffet di Grand Indonesia memberikan diskon 8% untuk pembelian minimal 200k hingga 31 Mei 2020 nanti. Di restoran lainnya bahkan ada yang memberi voucher promo ini hingga Desember 2020. Wow, lama ya!! Setahun penuh itu lho!

Hangout Hemat Anak Rantau dengan Treat by Traveloka Eats
Hangout Hemat Anak Rantau dengan Treat by Traveloka Eats

Cara mendapatkan dan menggunakan Treats ini juga gampang. Pertama, pilih restoran yang kamu mau melalui ikon Treats yang berada di tengah-tengah antara Panduan Kuliner dan Special Offers. Sebelumnya pastikan dulu Lokasi yang kamu pilih adalah Jakarta, ya! Kedua, simpan restoran ke favorit untuk mendapatkan deal. Kemudian kamu cukup datang langsung ke restorannya dan menunjukkan deal yang telah kamu simpan ke kasir untuk diproses. Gampang kan?

Gak cuma Treats aja yang bisa kamu nikmati juka kamu ke Jakarta. Ada lagi istilah Hidden Gems. Ayo, cung siapa yang paling semangat berburu harta karun? Toss dulu kita! Nah, Hidden Gems ini bisa dikatakan harta karu di mana selain dapat promo, kamu akan dapat free dishes atau minuman lainnya di restoran-restoran tertentu. Misalkan, kamu membeli sepaket fried chicken promo dan kamu juga mendapatkan free segelas soda.

Ah, nikmat mana lagi ynag harus didustakan? Udah dikasih murceu-murceu, dikasih gratis minuman lagi kan? Jadi pastikan kalau kamu mau nongkrong, apa lagi buat kamu yang ada di Jakarta, jangan lewatkan kesempatan menghemat paripurna ini ya. Eman banget lho kalau harus diabaikan.

Pengalaman menggunakan Traveloka Eats di Batam

Walaupun gak ada Treats, tapi yakinlah kalau di Batam banyak juga cafe dan restoran yang sudah masuk ke daftar Traveloka Eats. Restoran-restoran ini menawarkan voucher yang bisa menyelamatkan sebagian isi dompet kamu.

Minggu lalu, aku, ponakan dan temenku jalan-jalan ke Mall Nagoya Hill. Niat awal sih mau makan ramen dan belanja tas temenku. Terus pas lewat di outlet Ohayou! ponakanku pengen dibeliin itu. Penasaran banget sama rasanya. Gitu katanya sambil merengek-rengek.

Ya udah kan sebagai tante yang baik, aku beliin lah dia. Eh, abang-abang yang jaga nawarin:

‘Mbak, mau coba beli voucher dari Traveloka gak?’

‘Lho, voucher apaan mas? Tiket pesawat?’

‘Bukan, mbak. Voucher Ohayou! bisa beli di Traveloka. Ada diskonnya. Tadi ada lho mbak yang beli pake voucher Traveloka.’

‘Gimana maksudnya, mas? Cak mas jelasin dulu pelan-pelan. Otak saya pentium 3 nih, agak selow’, kataku sambil bercanda.

‘Mbak, punya aplikasi Traveloka kan? Coba mbak buka. Terus mbak klik yang Eats”, Masnya sabar banget ngajarin aku pelan-pelan step by step.

Dan viola!! Akhirnya aku bisa beli voucher Rp.50.000,- dengan harga Rp. 42.500,- dan kemudian aku tukerin vochernya dengan 2 buah chocolate toast dan nambah Rp. 6.000,- doang. Gak sia-sia beli voucher karena emang enak banget roti isi nya. Aku sebut roti isi aja ya biar simple. ^^

Hangout Hemat Anak Rantau dengan Treat by Traveloka Eats

Nah, aku jelasin gimana cara beli voucher dan redeemnya ya!.

1. Pilih cafe atau restoran yang ada di list Traveloka Eats yang kamu mau.
2. Klik ‘Beli Sekarang’ dan klik ‘Lanjutkan’
3. Pilih metode pembayaran dan proses pembayarannya
4. Dapatkan Voucher kamu melalui email
5. Tunjukkan nomor vouchermu ke kasir untuk diproses
6. Bayar sisa tagihan menggunakan cash

Segampang itu untuk makan hemat ya kan!!

Ohya, sebelum kamu beli voucher, kamu harus baca dulu syarat dan ketentuan yang berlaku. Biasanya ada restoran yang cuma memberlakukan vouchernya untuk dine-in aja alas makan di tempat. Gak boleh bungkus dan take away. 

Sebagian besar voucher makanan yang kamu beli di Traveloka itu memberlakukan syarat untuk menukar voucher sekurang-kurangnya satu jam sebelum restoran atau outletnya tutup. Jadi, kamu emang harus baca bener-bener ketetuannya yak!

Kenapa Harus Traveloka Eats?

Nah, untuk memantapkan kamu mengeksplor fitur ini, aku kasih bocoran beberapa hal menarik yang ditawarkan Traveloka Eats yang memanjakan pengguna banget. Emang aku gak bisa bantah sih kalau selama ini aku pribadi nyaman banget pakai Traveloka baik untuk booking tiket pesawat maupun hotel. Sekarang ditambah lagi dengan fitur kulinernya. Makin sayang deh sama Traveloka kerena aku bisa punya #PengalamanMengenyangkan dengan Treats by Traveloka Eats ini.

Selain voucher menarik yang bisa kamu dapatkan dan juga potongan harga untuk berbagai jenis makanan, kamu juga punya opsi PayLater di Traveloka Eats in case kamu lagi mau makan tapi belum gajian. Jadi, gak perlu khawatir gak ada cicis ya.

Selain pilihan PayLater, Traveloka Eats juga berhasil menggandeng ribuan cafe dan restoran di 38 kota di Indonesia. Jadi, mau jalan-jakan ke pelosok manapun sekarang ya udah lebih gamoang dan praktis dengan kehadiran Traveloka Etas.

Jadi, udah coba fitur ini belum di kotamu? Yuk share pengalaman menarik kamu hangout murah ala-ala di Traveloka Eats!!

0 Shares:
0 comments
  1. Ngga sabar nanti abis masa wfh abis terus WISATA KULINER YANG BANYAK POKOKNYAAAA PAKAI PROMO EATS BY TRAVELOKA huhuhu sungguh aq ingin menikmati diskonannya, semoga kita semua sehat selalu yaaak 🙂

  2. Meskipun di perantauan, harus hemat dan harus pandai mengatur keuangan, untuk makan bisa lah ya, makan enak bersama teman-teman dengan cara ke tempat hangout yang udah jadi partner treats. Jadi bisa dapat banyak diskonnya..

  3. ka Jasmiiii ajarin bikin gambar komik gitu donggggg, bagus dan so cute amat nih. Dan tentu aku merasa ingin jadi anak rantau lagi nih sekarang qiqiqiqi, soalnya dulu anak rantau blm rasain kenikmatan pake Traveloka Eats

  4. Sebelum ada traveloka eats,sebagai anak rantau yang sedang kuliah.
    Banyak cara yang dilakukan
    mulai dari kumpulan uang kemudian masak bersama-sama, tukeran lauk pauk saat membawa bekal ke kampus.

    Kalau zaman sekarang dah simple banget meski anak perantauan, walau ujung bulan di aplikasi traveloka menyediakan banyak berbagai pilihan resto yang sedang ada promo menariknya

  5. Iya lah. paalagi kan Malang kota mahasiswa yak. banyak pendatang dari berbagai pelosok Indonesia yang pasti butuh banget dengan asupan makanan murah tapi sehat. ^^ Eh, makasih lho. Galfok sama komik boleh, asal jangan galfok sama mas mas sebelah. hahahaha

  6. Hayoool lho sampe senyum sendiri. Aku di jadwalin sih kalau hangout itu. BIasanya 3 kali sebulan. Awal, tengah dan akhir bulan. tapi akhir bulan sering gagal. hahahaha

  7. Lumayan hemat dan pilihan cafenya juga banyak. Jadi ya bisa dipilih-pilih mau yang mna. Asal gak lewat dari bajet bulanan aja. Sebagai anak kos harus pinter mengelola keuangan.

  8. Aku juga lately jadi sering pake traveloka untuk apapun itu termasuk untuk urusan makan-makan. Lebih hemat aja kurasa. Tambah lagi ada poinnya kan. Lumayan bgt untuk ditimbun dan ditukar dengan tiket pesawat nanti.

  9. Kak, infografisnya keren banget. Bikin betah berlama-lama. Dan informatif, meski daku bukan perantauan. Tapi, setuju banget kalo traveloka bisa ngebantu biar tetep hemat meski pengen jajan

  10. Duh, gemes banget sama infografisnya, bikin galfok.. hehe.

    Btw, aku juga seneng memanfaatkan Traveloka Eats, nyari makan jadi nggak susah, dapat diskon pula. Berharap Treats juga segera meluas ke kota-kota lainnya. Biar bisa seseruan menemukan hidden gems, uhuuy.

  11. saya kok galfok sama komiknya ya? keren nih kak, gimana cara buatnya?
    Kalau traveloka eats sayangnya treatsnya blm ada di mlang ya. Coba ada pasti pengguna traveloka bersorak-sorak gembira nih

  12. Saya suka sekali Traveloka Eats ini, Mbak Jasmi. Dan saya pas ke Purwokerto, cobain Chicking yang saya dapat infonya dari Traveloka Eats.
    Jadi sangat membantu mencari referensi tempat makan. Jadi tinggal kepoin saja, lalu pas sreg di hati dan kantong, tinggal meluncur ke lokasi.

  13. American-share itu yang gimana mbak? Bayar sendiri sendiri gitukah, atau iuran?

    Saya udah intip-intip pilihan resto dan menu di traveloka eats, tapi belum ada yang di klik

  14. Penyelamat anak kos pas kanker alias kantong kering, tapi masih pengen nongkrong dan makan enak. Hehehe. Kemaren ada juga teman bloger yg traktiran abis wisuda pakai treats. Keren ini fitur baru Traveloka.

  15. Yuni anak rantau. Dan iya, sesekali suka jalan juga. Sesekali nraktir teman nggak masalah lah. Ditraktir juga oke banget. #eh

    Btw, traveloka emang bisa banget buat jadi pilihan anak nongkrong. Lebih hemat. Hehehe

  16. Sebagai mantan anak rantau, tips tips di atas kunyatakan memang ampuh. Apalagi soal masak bareng itu, asal pada konsisten ngejalanin dan pada rajin buat masak waktu giliran, biaya hidup bisa ditekan seminimal mungkin. Bisalah sesekali makan mewah bareng temen-temen kontrakan apalagi adanya Traveloka Eats ini bikin harga jadi lebih murah

  17. Keren nih Traveloka bnyk pilihan ya skrg ga hanya untuk akomodasi tp merambah ke kuliner dan untungnya jadi gak perlu bnyk install aplikasi nih karena dengan satu aplikasi Traveloka semua kebutuhan traveling terpenuhi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like