Kesuksesan bisa diawali dari umur 20 tahunan, buat kamu yang sedang berada di usia tersebut tentunya banyak hal yang bisa dipersiapkan. Apa saja tabungan yang harus kamu persiapkan di usia 20-an? Ada banyak pilihan menarik buat kamu yang ingin memulai kesuksesan.

Tabungan yang Harus Kamu Persiapkan di Usia 20-an

Berbagai jenis tabungan dan investasi juga jadi jalan kamu sukses di masa depan.

1. Tabungan Jangka Panjang

Pilihan yang bisa kamu lakukan bisa dengan memilih tabungan jangka panjang, atau biasa disebut dengan tabungan berjangka. Tabungan yang satu ini bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kamu bisa memilih tenor yang diinginkan.

Semakin panjang tenor yang kamu pilih untuk tabungan jangka panjang, maka kamu akan semakin mendapatkan bunga yang banyak.

Jadi sejak dini kamu bisa menyisihkan sebagian uangmu untuk join memiliki tabungan jangka panjang. Tentunya dengan kamu mempersiapkan tabungan jangka panjang artinya kamu sudah berinvestasi untuk masa depan. Bahkan tabungan tersebut bisa untuk dana cadangan nantinya untuk beragam kebutuhan.

2. Berinvestasi

Berinvestasi merupakan tabungan yang harus kamu persiapkan di usia 20-an, kamu bisa memilih investasi yang sesuai kemampuan. Banyak investasi saat ini yang bisa diikuti dan dipilih, misalnya saja saham. Ada produk saham yang harganya juga terjangkau dan bisa kamu ambil untuk mulai jual beli saham.

Kamu juga bisa memilih investasi emas, pasalnya nilai emas ini dari tahun ke tahun akan mengalami kenaikan. Jadi kamu bisa mengambil peluang ini untuk dana darurat atau investasi di masa depan nantinya. Bisa dengan memilih tabungan emas yang terjangkau dengan uang yang bisa kamu investasikan tersebut.

3. Memulai Bisnis

Memulai bisnis juga bisa jadi langkah awal mendapatkan penghasilan dan sebagian penghasilan bisa dijadikan tabungan yang harus kamu persiapkan di usia 20-an. Jadi kamu bisa memilih bisnis yang sesuai dengan passion kamu, misalnya saja bisnis online. Atau jika kamu paham tentang dunia fashion, maka kamu bisa memulai bisnis di dunia fashion dengan menjual produk-produk fashion secara online.

Kemudahan bisnis saat ini justru terbuka lebar, bisa kamu lakukan secara online dan mulai dari rumah. Atau bisa juga dengan cara offline agar semakin membuka peluang konsumen di sekitarmu. Jadi untuk persiapan masa depan, di usia 20-an ini kamu bisa memulai mengembangkan bisnis.

4. Punya Usaha Sampingan

Buat kamu yang ingin punya tabungan yang harus kamu persiapkan di usia 20-an maka kamu bisa mulai memiliki usaha sampingan. Misalnya saja saat ini peluang usaha seperti camilan, jual pulsa, jasa desain dan sebagainya.

Kamu bisa memulai sesuai dengan apa yang kamu suka dan mudah untuk dilakukan secara terus menerus.

Jika usaha yang kamu lakukan ini terus berjalan, maka tidak menutup kemungkinan, kamu akan sukses dalam karir. Tentunya tak hanya sebagai usaha sampingan saja, melainkan usaha tetap yang bisa dikembangkan.
Kamu juga bisa memulai bersama teman-teman atau memulai sendiri dengan mengandalkan kemampuanmu.

5. Memanfaatkan Asuransi

Jika ingin memiliki tabungan yang harus kamu persiapkan di usia 20-an maka cobalah untuk memanfaatkan asuransi. Kamu bisa memilih berbagai jenis asuransi yang kamu butuhkan, misalnya saja asuransi kesehatan.

Kamu bisa memulai untuk menyimpan uangmu demi kesehatan di masa depan. Jadi tidak perlu khawatir jika nantinya terjadi sesuatu, kamu sudah memproteksi diri dengan asuransi kesehatan.

Kamu juga bisa mulai memilih jenis asuransi jiwa, justru di usia muda ini akan mendapatkan pelayanan terbaik dan harga asuransinya lebih terjangkau. Jadi nanti di hari tua, kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih baik.

Kamu juga bisa mengklaim asuransi nantinya jika hal tersebut nantinya yang kamu butuhkan di masa depan.

6. Bentuk Keuangan yang Sehat

Ketika kamu harus memahami seperti apa yang harus dipersiapkan pada saat usiamu 20-an. Maka kamu bisa memulainya dengan membentuk keuangan yang lebih sehat, seperti apa?

Lakukan catatan pengeluaran yang baik, gunakan prioritas ketika membutuhkan membeli barang dan sebagainya. Hemat dalam pengeluaran, tidak punya kredit juga bisa jadi cara untuk membentuk keuangan yang sehat.

Dengan kamu bisa memperhatikan bagaimana memulai tabungan yang harus kamu persiapkan di usia 20-an. Maka kamu bisa memilih hal penting dan mulai ngelist langkah apa saja yang akan diambil. Dengan begitu kamu akan semakin mudah mempersiapkan tabungan di masa depan.

0 Shares:
1 comment
  1. Membuat catatan keuangan ini sebenarnya penting, tapi berat Mba. Suka lupa, jadi pengeluaran keluar duluan sebelum diplenning dulu wkwkw

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like