View dari balkon Eky's Momong Resort

Bagi warga Banda Aceh, Eky’s Momong Resort memang udah nggak asing lagi. Selain menyediakan penginapan, tempat ini juga memiliki cafe sering dikunjungi masyarakat, remaja maupun keluarga. Berlokasi tepat di bibir pantai dengan view pegunungan di kejauhan adalah daya jual penginapan dan cafe ini.

Staycation di Eky’s Momong Resort memang bisa dibilang mendadak. Sebelumnya aku dan keluarga berencana untuk liburan ke Sabang, tapi karena angin kencang dan kerjaan yang belum sepenuhnya terselesaikan, jadilah liburan tipis-tipis aja di kabupaten sebelah alias Aceh Besar.

Walau liburan masih di dalam kawasan yang sama, tetap aja girang banget. Udah lama rasanya nggak liburan selama pandemi. Jadi, kali ini memang dimanfaatkan banget lah waktunya. Benar-benar menikmati every single second being there lah pokoknya.

Selama masa pandemi dan new normal wisata Aceh memang terkena dampak sih, tapi nggak terlalu signifikan. Walaupun kurang kunjungan dari wisatawan luar daerah, penjualan untuk orang lokal terbilang stabil. Aceh sama sekali nggak memberlakukan lockdown. Ah, harapan aku sih semoga masyarakat Aceh tetap mengikuti prokes walau sedang nongkrong dan liburan.

Pemandangan eky's momong yang menakjubkan

Aku dan 8 anggota keluarga lainnya yang didominasi oleh anak-anak berangkat dari rumah jam 1 siang. Perjalanan ke Eky’s Momong Resort cuma sekitar 25 menit dari rumah. Dekat kan? Kan udah dibilang liburannya nggak bisa jauh-jauh. ^^

dengan total 9 orang bawaan kami jelas kayak orang pindahan rumah, makanan, karpet, bantal, selimut, piring, air mineral, baju sekoper semuanya diangkut. Kenapa bawaannya selaihim gambreng begitu? Ya karena kita cuma pesan 1 bungalow which is cuma ada 1 king size bed dan 1 extra bed. Nah, udah tau kan fungsi karpet untuk apa? Ya untuk alas tidur peserta staycation ini lah. ^^

Lokasi resort kami itu paling ujung dan harus napak anak tangga yang lumayan banyak. Syukur ada abang resepsionis yang tolong angkat kopernya. Selebihnya ya kami bawa sendiri. Ternyata printilan yang kecil-kecil ini lah yang bikin pegel bawanya. hahaha..

Langsung Amaze Sama Pemandangan

jembatan ekys momong terlihat dari jauh

Sebelum sampai pintu masuk, kami udah disuguhi pemandangan yang luar biasa dari atas bukit. Di depan mata jelas banget Samudera Hindia membentang luas. Dari mobil udah membatin, ‘Ah, habis ini langsung nyebur ah. Pengen mandi-mandi manja di laut’. Tapi niat itu diurungkan karena ternyata rame banget pengunjungnya. Agak risih berenang kalau orang berjibun gitu.

Dari balkoni resort kami bisa lihat deretan pegunungan di kejauhan. Aku juga nggak tau itu Pegunungan Barisan atau apa. Gunungnya persis kayak lukisan. Kayak bukan asli gitu. Dari kejauhan warnanya abu-abu gelap dan terang bercampur sedikit warna biru.

Hari itu langit cerah dengan formasi awan yang indah. Air laut juga lumayan biru. Bagus lah untuk foto-foto. Di sebalah kiri ada tebing dengan bukit yang hijau. Di sebelah kanan ada bebatuan yang dijadikan tempat foto favorit.

pemandangan resort dari tepi pantai
Pemandangan resort yang kami tempati dari pinggir pantai

Bukan cuma pemandangan alamnya aja yang bikin takjub. Susunan pondok atau gazebo tempat makan juga rapi. Ada jembatan menuju pondok yang ada ditengah laut itu. Pondasinya tinggi. Di kiri dan kanan jembatan, ada tempat berenang yang diberi pembatas batu. Jadi aman untuk anak-anak berenang soalnya nggak ada ombaknya.

Ada juga pondok di pohon pinus yang bikin pemandangan jadi lebih cakep lagi. Bagus untuk spot foto. Dari pondok pohon pinus pemandangan nggak kalah menakjubkan. Sekilas pemandangannya kayak di luar negeri. Orang-orang nggak akan percaya bahwa itu di Aceh.

Harga, Fasilitas dan Lokasi Eky’s Momong

Harga resort yang kami sewa adalah 500 ribu rupiah semalam. Harga bisa berubah jika peak season atau musim liburan. Harga segitu aku rasa worth it banget lah, apalagi bisa muat satu keluarga. Harga makanan dan minuman di restorannya aku rasa agak pricey sih. Sebiji kelapa muda aja dihargai 15 ribu, mie instant pakai telor 15 ribu, kentang goreng 25 ribu. Makanannya enak sih. Mie instant juga diracik pakai bumbu khas Aceh kok, nggak yang kayak direbus biasa.

Nah, untuk fasilitasnya standar aja ya. Kamarnya ada satu ranjang King Size dan kamar mandi dengan nuansa alam. Atap kamar mandi memakai atap transparan, kelihatan pohon-pohanan gitu. Adem banget. Pemandangan dari balkon jangan ditanya. Beneran indah banget. Di balkon ada hammock yang bisa dipakai untuk bersantai.

Eky’s Momong terletak berdekatan dengan pantai Lampuuk, melewati lapangan golf dan Mesjid Rahmatullah. Ohya, Mesjid Rahmatullah ini adalah satu-satunya bangunan yang selamat dari terjangan tsunami tahun 2004, lho. Sedangkan rumah penduduk dan bangunan lainnya rata dengan tanah. Amazing!

Beberapa ratus meter setelah Mesjid Rahmatullah, kamu harus belok kiri setelah melihat papan tanda Eky’s Momong. Ada beberapa resort dan restoran berdekatan dan Eky’s Momong berlokasi paling ujung.

Jalannya agak berbatu dan kecil sih, dan becek juga ketika hujan. Karena agak sempit, kalau satu mobil lewat, mobil dengan arah berlawanan harus berhenti dan minggir dulu. jadi, pastikan kalau kamu piknik ke Eky’s Momong, naik mobil yang kecil aja deh. Atau bawa mobil yang agak tinggi dan enak diajak nanjak.

Overall, aku suka banget sama resort ini in term of lokasi dan view yang dijual. Cuman, karena dibuka untuk umum, kadang agak terganggu juga sama pengunjung yang foto-foto pas di depan resort kami. hahaha. Canda pengunjung.

Ohya, akses menuju resort juga bikin agak capek karena harus nanjak naikin tangga. Jadi, kalau bawa lansia atau anak kecil, sebaiknya request resort yang pertama aja. Soalnya, kami dapat yang paling ujung dan beneran pegel banget dong angkat barangnya. ^^

Nah, segitu aja cerita aku tentang staycation di Eky’s Momong Resort yang seru banget. Semoga bisa staycation lagi kapan-kapan. ^^

0 Shares:
22 comments
  1. Wow tempat liburan yang seru dan menyenangkan sepertinya. Cottage yang langsung berhadapan dengan laut yang bersih, Keren. Jadi pengin liburan ke sana

  2. Ya ampuuun kak ini cantik sekali resortnya
    Kalau ke Aceh sepertinya wajib deh nginep di sini. Apalagi harganya ramah kantong dengan view yang cakeeep

  3. Seru banget ya kak nginep di resort gini. Meskipun pegel angkat barang karena kebagian resort paling ujung tapi justru disitulah kenangan manis dan kesan baiknya…. Pemandangan nya juga bagus banget Masya Allah

  4. MasyaaAllah indahnya aceh.. Ini Ekys Momong Resortnya juga cakep banget niiiihhhh.. Jadi pengen mampir ke Aceh juga ih.. Semoga abis pandemi bisa travelling ke aceh. Aamiin

  5. Impian aku bisa berkunjung ke Aceh tapi belum kesampaian sampai sekarang. Aku suka lihat view laut gitu. Seru banget staycation di Ekys Momong Resort. Resortnya semalam harganya standar ya bisa di bilang murah apalagi bisa menikmati pemandangan yang indah

  6. Wah satu bungalow itu bisa buat se keluarga ya? Asik banget jatohnya jadi lebih hemat. Ini sih staycation plus plus. Ga cuma diem di kamar aja tapi bisa nikmatin pemandangan pantai juga.

  7. Duh nikmatin banget pastinya liburan kali ini ya kak karena sudah lama di rumah aja. Murah deh kalau nginep semalam segitu tapi boleh untuk satu batalyon 😂. Meskipun biaya makannya menurutku juga pricey. Tapi sesuai sih namanya juga liburan.

  8. MashaAllah foto-fotonya menggoda sekali Mbak Jasmi. Apalagi untuk saya, pecinta liburan dan hiburan bahari. Ngeliat foto dan ulasan ini rasanya meleleh dan kangen banget pengen bisa traveling lagi. Semoga suatu saat bisa sampai Aceh dan menginap di Eky’s Momong resort ini. Belum apa-apa dah kebayang nih mendengarkan deburan angin pas bangun dan beranjak tidur.

  9. Wow..biru langit dan segernya air laut bikin mupeng saya aja. Senangnya bisa berwisata deket-deket aja dari rumah dengan view yang sangat indah. Dan itu Eky’s Momong kok murah ya, 500 rb/bungalow bisa untuk 9 orang? Jadi enggak dibatasi berapa maksimal orangnya ? Senengnya…meski beralas tikar staycationnya ngumpul rame begini pasti makin hepiiii

  10. Keren sekali ya, Mbak Jasmi. Pemandangannya itu. Saya langsung mupeng. Dengan harga 500 ribu, tapi bisa muat semua keluarga, itu terbilang murah. Hanya memang bagusnya ke sana hari biasa ya, biar agak sepian, jadi serasa pantai milik pribadi hehehe.
    Semoga saya bisa segera ke Aceh, Mbak. Aamin.

  11. Murah mbak sewa bungalownya, 500 ribu bisa buat kruntelan 9 orang. pemandangannya bagus pula.
    Hihi kamar mandinya, peralatan modern tapi desain dalamnya tradisional gitu ya, atapnya transparan pula. Asli eksotis

  12. Duh, entah kapan ya aku bisa jalan2 ke Aceh hihihihi 😀 Yang seru itu kamar mandinya yang kelihatan natural. Berasa mandi di luar hahaha. Kamarnya cakep, suasana resortnya tenang dan bikin betah deh. 500K bareng keluarga mah terjangkau ya apalagi bisa langsung menikmati pemandangannya.

  13. MasyaALLAH, viewnya ciamik sangaaatt
    Aku udah rindu banget buat staycation.
    pengin cari resort dgn panorama seperti ini, di sekitaran Malang atau Batu moga2 ada.
    Iiih, pengin dehhh ikutan jejak kakak Jasmi 😀

  14. suasananya adem dan unik ya, apalagi bagian toiletnya. Btw, itu di bagian kamarnya ada kelambunya ya kak? Soalnya foto di dalam kamar ada yang tergantung putih.

  15. Aceh… memang begitu menawan. Kami pernah sekali kesana di tahun 2018 kemarin tapi ssampai saat ini belum bisa move on dan pengen ke sana lagi. Semoga nanti bisa berkunjung ke Eky’s Momong Resort ini. Btw harga sewanya termasuk terjangkau dengan pemadangan yang super keren ini ya mbak.

  16. Perjalanan 25 menit dari rumah mah deket banget, seru sih gak perlu jauh-lauh tapi dapat view ala liburan jauh-jauh, pastinya seru yaa kak jasmi. Boleh nih kapan2 main ke Aceh hehe

  17. Kapan ya bisa ke lokasi tersebut, taunya mie Aceh pedas dan teman asal Aceh namun belum pernah ke Propinsi tersebut. Tempatnya asri alami menyenangkan baik sebelum dan seslama pandemi. Wisata alam memang menjadi nuansa tadabur kepuasan batin

  18. natural bgt ya, aku pernah sekali ikut dlm acara promosi aceh di jakarta. Aku byk melihat video dan pantai di ACeh yang begitu indah, ummm aku pengen kesana suatu saat nanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like