Dok. Google. Mesjid Jamik Al-Falah Kota Sigli

Sudah 3 tahun lebih saya menjadi perantau. 2.5 tahun di Bandung, kemudian sekarang merantau lebih jauh lagi ke Thailand. Menjadi seorang perantau itu nggak gampang buat saya. Ada momen dimana saya akan termehek-mehek pengen pulang kampung. Menangis terisak-isak kayak anak kecil minta dibeliin balon. Yah, mau gimana, kan demi mencari sebongkah berlian.

Entah kenapa saya tergerak untuk menulis ini. Ya, saya sangat rindu Sigli, sebuah kota kecil yang saya nobatkan sebagai ‘kampung halaman’ yang memberi sejuta kenangan baik suka maupun duka. Eaaaakk, puitis nih. Lagi bagus mood nulisnya. hihihi.. Memang akhir-akhir ini homesick saya makin menjadi. Kalau sudah kayak gini, pengennya pinjam jet pribadi inceus Syahrini untuk mudik dadakan. Atau pinjam mantra Apparate nya Harry Potter biar langsung teleportasi ke Sigli. (Mulai ngelantur nih. Efek homesick jadi kayak demam tinggi gini.) ^^

Saya akui, judul tulisan bergenre curhat ini diinspirasi dari film yang lagi booming dan bikin baper, Surga yang Tak Dirindukan, film yang diperankan oleh bang Fedi Nuril yang cool dan bang Reza Rahardian yang jadi favorit saya. Nah, Sigli lain lagi ceritanya. Ia adalah surga yang amat dirindukan (oleh saya). Surga tempat ku ingin kembali. Surga yang berhasil menyita waktuku untuk selalu mengingatnya. Surga yang bahkan hadir dalam setiap mimpi indahku. (((((LEBAY))))).

Baca: Fakta Unik Tentang Thailand yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Kok tetiba jadi melankolis gak jelas gini ya? Kayak ada yang nggak beres nih. hihihi..

Well, mungkin ada yang bertanya-tanya dimanakah gerangan kota Sigli? Apakah Sigli bisa ditemukan di Google Maps? Apa yang istimewa dari Sigli? Baiklah, saya jawab satu-satu ya.


Sigli adalah ibukota Kabupaten Pidie yang jaraknya hanya sekitar 120 km dari Banda Aceh. Di Google Maps, tentu ada. Bahkan kalau mau search Desa Lampoh Lada (desaku yang kucinta) pun ada di Google Maps. Istimewanya apa? Banyaaaaaakkkk… Nah, ini dia hal-hal yang saya rindukan dari Sigli.

Baca: How to Survive in New Environment

 01. Keluarga Tertjintah

Saya punya keluarga yang lumayan besar: 2 kakak yang cuek tapi penyayang, 1 abang yang gengsian tapi perhatian, dan 14 keponakan dengan 14 macam perangai dan tingkah laku. Saya sebagai anak bungsu yang masih single-tapi happy-ngerasa beruntung sekali jadi bagian dari mereka. Walau jujur (semoga kakak dan abang saya nggak baca bagian ini) kadang bisa nguras tabungan untuk beli oleh-oleh pas mudik demi semua anggota keluarga dapat bagian, itu nggak ngurangin rasa bahagia saya. Dari lubuk hati paling dalam (saya jarang ngungkapin terang-terangan bahwa), saya sayang sekali dengan mereka. Semenjak kedua orang tua saya meninggal dari saya kecil, hanya merekalah orang-orang terkasih yang kadang nyebelin tapi ngangenin yang saya punya.

Dok.Pribadi. Personil belum lengkap

02. Suara Mengaji Anak-Anak.

Didekat rumah saya ada satu tempat pengajian yang setiap malam ramai dengan suara anak-anak mengaji. Suasananya adem sekali. saya sudah terbiasa ngedengar mereka bertilawah, bershalawat, menyanyi lagu-lagu qasidahan, kadang juga dengar mereka berantam karena ada teman yang jahil nyembunyiin sendal teman yang lain. Lucu juga kalau dipikir-pikir. Mereka hidup dengan beban paling berat adalah PR matematika. hahaha.. Saya juga rindu suara azan dari meunasah (surau_red). Rindu suara pak geuchik (kepala desa_red) mengimami shalat jamaah di meunasah. Ah, saya rindu suasana yang islami.

03. Suara Pengumuman di Meunasah

‘Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pengumuman bagi seluruh warga desa Lampoh Lada, khusus bagi ureung agam, malam nyoe leuh sembahyang meugreb sama-sama tameusapat dikeu meunasah, guna tajak meudoa u Utue.’ (Pengumuman bagi seluruh warga desa Lampoh Lada, khusu bagi laki-laki, besok malam setelah shalat magrib, kita berkumpul didepan surau, karena kita akan pergi tahlilan ke desa Utue). Semua orang bahkan anak-anak sudah hafal dengan pola pengumuman ini. ^^

04. Nongkrong di Pantai Alun-Alun Kota Sigli

Konon ini adalah tempat nongkrong yang paling terkenal di Sigli. Duduk ngobrol dengan teman-teman dibawah pohon cemara sambil nyemil bakso bakar, atau makan mie caluek di cafe-cafe sepanjang pantai adalah salah satu bagian yang saya rindukan. Apalagi sekarang pantainya ditata semakin rapi dan penuh warna. Ah, saya janji akan kesini saat saya mudik nanti.

Dok.Bustanul Arifin

05. Mie Bieng Cek Baha (Mie Kepiting Cek Baha)

Mie Aceh dengan keptiing sebagai bintang tamu racikan Cek Baha adalah mie aceh yang paling enak yang pernah saya makan. Mie Aceh yang dimasak dengan sedikit kuah a.k.a mie tumis ini memang lumayan mahal tergantung harga kepiting. Well, harga nggak pernah mengkhianati rasa. Kan, jadi ngiler gini. Nulis bagian ini sambil ngebayangin mie kepiting sih. ^^

Dok.Pribadi

06. Bakso 99 Ilot

Heran dengan bakso ini, udah murah, enak, banyak pula porsinya. Kalau udah bertandang kemari saya akan kalap. Bisa nambah sampai 2 porsi.

Dok. Fans page Bakso 99 Ilot

07. Mie Caluek Grong-Grong

Wah, kok ngomongin makanan semua sih, Lha, mau gimana, Sigli itu surganya makanan. Mie caluek Grong-Grong ini beda dengan mie caluek biasanya karena ada tambahan kacang merah rendang sebagai pelengkap kenikmatan rasanya. Ada tempe, tahu, dan jengkol rendang juga. Tinggal pilih aja sesuai selera. Dan harganya tau nggak berapa? Rp. 1.000,- saja. Entah nggak tau sekarang mungkin udah naik. Harga cabe melambung, bray.

Dok. Khairul Fuad


Sebenarnya banyak lagi yang saya rindukan dari Sigli termasuk teman-teman yang gaul dan gokil. Saya ceritakan yang ini saja dulu. Nanti akan saya sambung lagi edisi curhatnya. Burung irian burung cendrawasih, jika ada kata-kaa yang salah, boleh kita berjumpa lagi. Kalau ada sumur diladang, sekian dan terimagaji..

Billahitaufiq wal hidayah. Wassalamu’alaikum wr. wb.

0 Shares:
0 comments
  1. Mas Bayu juga bisa keliling2.. keliling kantor. keliling kota. hehehe.. Saya juga melakukan hal yang sama mas setiap hari: bernafas. Hingga sampai nanti tiba waktunya terhenti.. hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like