Do what you have to do until you can do what you want to do. _Oprah Winfrey_
THEAMAZINGJASMI.COM – Di era perkembangan zaman ini dapat dilihat begitu banyak perempuan di luar sana yang memutuskan untuk bekerja. Wanita karir, sederhananya begitulah masyarakat menyebutnya. Tentu menjadi wanita karir adalah keputusan berat yang diambil oleh seorang perempuan terlebih lagi yang sudah berumah tangga. Yah, kalau masih single seperti saya tentu bebannya cuma pekerjaan kantor aja, tapi bagi yang sudah berkeluarga tentu tanggung jawabnya jadi double bahkan triple.  
Ada banyak alasan orang memutuskan untuk bekerja seperti harus membantu keuangan keluarga, memenuhi kebutuhan hidup, alternatif menabung untuk jalan-jalan, hingga sekedar mencari kesibukan. Yang jelas alasan-alasan di atas sangat rasional tergantung cara pandang seseorang.
Sebut saja saya yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Walau belum punya suami dan anak, saya merasa sangat bertanggung jawab untuk menghidupi diri sendiri. Yah, literally, agar nggak jadi beban keluarga. Selain itu, saya adalah wanderlust girl atau jenis orang yang gak bisa duduk diam. Saya suka mengesksplor sesuatu terlebih itu adalah tempat wisata yang belum pernah saya kunjungi. Hobi traveling inilah yang membuat saya harus bekerja.

Hobi traveling membuat saya harus lebih menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit

Selain hobi traveling, saya juga hobi menulis. Blog adalah platform di mana saya bisa menulis pengalaman saya jalan-jalan. Orang-orang bilang sih travel blogger gitu. Justru itu, saya berkomitmen banget untuk terus mengupdate artikel yang informatif kepada pembaca sekaligus jadi referensi saat mereka berwisata. Kebayang kan gimana ribet dan riwehnya hari-hari saya; kerja 9 jam sehari, komitmen menulis blog, dan cari informasi tentang tempat wisata yang akan saya kunjungi. Leulah Adek, Bang!
Nah, saya butuh usaha ekstra untuk membagi waktu. Untuk jadwal liburan memang harus mengikuti kalender perusahaan, untuk biaya mungkin saya bisa nabung. Hanya saja kadang untuk urusan kesehatan agak sedikit keteteran. Nggak lucu banget karena capek kerja, pas waktunya liburan malah badan pegel-pegel dan jadi gak enjoy lagi liburannya. Atau pulang jalan-jalan malah harus lanjut cuti sakit karena kesehatan drop dan harus delay nulis artikel.
Karena itu, saya coba untuk mengamalkan gaya hidup sehat untuk menyeimbangkan pekerjaan dan hobi. Walau bagaimanapun, untuk urusan kedua hal ini saya harus sehat dan kuat agar saya bisa lebih menikmatinya. Ngomong-ngomong soal gaya hidup sehat, berikut 5 amalan yang saya lakukan untuk tetap fit saat bekerja bahkan saat liburan:

1. Jalan kaki ke kantor

Karena jarak housing dengan kantor saya hanya sekitar 1 km,  saya berusaha untuk jalan kaki setiap kali pergi dan pulang kerja. Karena saya jarang olahraga, jalan kaki inilah yang saya kategorikan olahraga rutin yang saya lakukan tiap hari. Mungkin gak signifikan, tapi dengan jalan kaki, saya bisa menurunkan atau menjaga berat badan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
Karena terbiasa jalan kaki juga, saya jadi kuat dan cergas kalau diajak keliling suatu tempat wisata. Dengan kata lain nggak manja banget kalau disuruh jalan tuh masih kuat, nggak perlu minta gendong atau didorong pake stroller. #eh. 

2. Tidur cukup

Aduh, mohon maaf saya buka kartu ya. Saya akan mood swing dan bete seharian kalau nggak cukup tidur. Walau aktivitas padat dari pagi sampai malam, saya usahakan untuk tidur 6-7 jam sehari. Kalau ada pekerjaan yang belum diselesaikan, saya lanjutkan setelah solat subuh keesokan harinya.

Tidur cukup juga berlaku saat saya lagi liburan. Yah, nggak sampai 7 jam, minimal 5 jam lah sehari. Sisanya dihabiskan untuk melipir ke segala penjuru. ^^

3. Banyak minum air putih

Minum air putih 2 liter sehari agar kulit lembab dan tidak kering 

Minum air putih adalah hal yang sangat berpengaruh untuk hidup sehat. Pakar kesehatan menganjurkan untuk minum air putih minimal 2 liter per hari agar tubuh tetap terhidrasi. Apalagi buat yang kerja di dalam ruangan ber-AC, minum air putih juga baik untuk menjaga kelembaban kulit. 

4. Senyum dan berpikir positif

Saya berusaha untuk selalu tersenyum dan berpikir positif dalam keadaan apapun. Dengan begitu, saya bisa terhindar dari stres. Walaupun sederhana, ternyata manfaat senyum itu banyak sekali. Selain dapat melawan depresi, senyum dan berpikir positif juga dapat meminimalisir resiko penyakit jantung, mencegah kanker dan diabetes, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Konsumsi makanan dan minuman sehat

Untuk makanan, saya coba untuk penuhi 4 sehat 5 sempurna. Saya kurangi makan junkfood walau kadang-kadang juga tergoda sama French Fries dan antek-anteknya. ^^ Untuk minuman saya juga hindari soda atau air kemasan dan lebih suka minuman yang menyehatkan seperti Sari Jahe dan Kunyit Asam. Jujur, saya paling nggak bisa minum jamu. Tapi, Kunyit Asam Herbadrink beda di lidah saya, nggak kayak minum jamu sama sekali dan memberikan #kebaikanalami.
Kunyit Asam dari Herbadrink membantu banget dalam menjaga saya agar tetap fit dalam bekerja dan melakukan hobi.

MANFAAT KUNYIT ASAM

Indonesia sangat kaya dengan rempah dan jamu sebagai minuman kesehatan. Kunyit asam adalah salah satu minuman sehat tradisional yang sering sekali dikonsumsi terutama oleh wanita. Kunyit asam dipercaya memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut:

Sebagai Antioksidan dan Anti Radang

Kandungan zat anti jamur, bakteri dan parasit yang dimiliki kunyit mampu membantu mencegah dan mengatasi radang seperti radang tenggorokan atau sariawan. Zat antioksidan ini disebut Kurkumin yang juga dapat mencegah kanker, radang sendi dan diabetes.

Meredakan Nyeri Saat Menstruasi

Premenstrual Syndrome (PMS) atau lebih dikenal dengan sebutan nyeri haid dapat mengganggu mobilitas wanita apalagi mereka yang bekerja. Kunyit mampu meredakan nyeri dan melancarkan menstruasi yang tidak lancar dengan kandungan Analgesik (pereda nyeri) dibantu oleh asam jawa dengan kandungan antioksidan yang membantu melegakan kram perut. Kunyit juga dipercaya dapat meredakan nyeri pada sakit gigi hingga sendi akibat reumatik.

Menurunkan Berat Badan

Baik kunyit maupun asam jawa sangat efektif dalam menurunkan berat badan seseorang. Keduanya dapat membakar lemak dan menstabilkan berat badan. Kombinasi kunyit dan asam jawa juga dapat mengurangi resiko obesitas.

Mencerahkan Kulit

Kunyit asam mengandung vitamin C yang membantu produksi kolagen di dalam kulit dan menjadikan kulit lebih cerah. Kunyit asam juga dapat mencegah penuaan dini dan menjadikan kulit tetap lembab dan terhidrasi. Kunyit juga sering digunakan sebagai bahan dasar lulur badan yang dipercaya berkhasiat mencerahkan.

KUNYIT ASAM HERBADRINK

Sekarang, nggak perlu meracik kunyit asam sendiri karena sudah ada Kunyit Asam Herbadrink sachet yang nggak mengurangi khasiat apapun dari jamu kunyit asam. Kunyit Asam Herbadrink diproses dengan teknologi modern menggunakan bahan berkualitas dan takaran yang pas.

Kunyit Asam mengandung zat-zat yang membantu melancarkan menstruasi, meredakan nyeri haid, dan mengurangi bau badan. Sebagai wanita karir, Kunyit Asam Herbadrink sangat membantu saat datang bulan agar aktivitas bisa berjalan seperti biasanya serta mampu membantu badan tetap segar dan harum walaupun harus bekerja di luar ruangan dan berkeringat.

Satu sachet Kunyit Asam Herbadrink 25 gram mengandung ekstrak Curcuma domestica yang setara dengan 3 gram rimpang kunyit, Tamarindi pulpa ekstrak atau setara dengan 1.75 gram asam jawa, gula dan bahan lainnya.

Cara penyajiannya juga sangat mudah. Cukup tuangkan satu sachet Kunyit Asam Herbadrink ke sebuah gelas, seduh menggunakan 150ml air panas atau dingin, aduk merata dan dapat langsung dinikmati. Sebaiknya Kunyit Asam Herbadrink diminum langsung setelah diseduh.

KUNYIT ASAM HERBADRINK BANTU SAYA LANCARKAN HAID

Nyeri haid bikin pekerjaan tertunda

Udah 8 tahun haid saya nggak lancar. Nggak lancar di sini artinya cuma keluar bercak coklat atau hitam 3 sampai 4 hari udah gitu baru keluar (maaf) darah menstruasinya selama 5 hari. Kalau dihitung-hitung lumayan lama untuk durasi datang bulan yang normalnya 5 hingga 7 hari. Saya kewalahan banget apalagi kalau bulan Ramadhan, jadi lama cuti puasanya.

Nggak cuma itu masalahnya, selama 3 hari pertama haid yang tidak lancar itu, saya selalu kesakitan karena perut kram, kaki pegal-pegal dan pinggang rasanya patah. Saya kerja keras banget antara nahan sakit, nahan emosi, dan nahan beban kerja apalagi kalau harus nyiapin materi untuk rapat.

Kalau udah kesakitan kayak gini, saya langsung cari obat untuk meredakan nyeri haid. Saya konsumsi obat kimia ini hampir 7 tahunan sampai akhirnya saya kenal dengan Kunyit Asam Herbadrink dari teman kantor.

Awalnya dia liat saya kayak meringis sakit gitu, kemudian dia sodorin saya satu sachet Kunyit Asam Herbadrink. Saya nolak untuk minum karena memang saya nggak bisa banget minum jamu. Teman saya maksa katanya obat mana ada yang enak.

Karena menghargai, saya pun coba minum segelas dan ternyata rasanya nggak kayak jamu sama sekali. Rasa asam dan manis menutup rasa kunyit di lidah saya. Jadi ya kayak minum air asam biasa. Saya langsung suka. Lebih sukanya lagi, 1 2 jam setelah minum Kunyit Asam Herbadrink, saya langsung kocar-kacir nyari pembalut karena udah mau kebanjiran. Sekarang, waktu haid saya hanya 5-6 hari aja. Happy ^^ Dan saya bisa terlepas dari obat kimia yang ada efek sampingnya.

Mulai hari itu, saya akan rutin minum Kunyit Asam Herbadrink sebulan sekali di hari pertama saya haid. Nah, saya juga akan bawa 1-2 sachet Kunyit Asam ini kalau saya lagi jalan-jalan. In case saya datang bulan pas lagi liburan, jadi saya nggak khawatir kesakitan.

Nah, kalau kamu punya tips apa agar tetap sehat dan prima?

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog #kebaikanalami Kunyit Asam Herbalink.

0 Shares:
0 comments
  1. "Kebayang kan gimana ribet dan riwehnya hari-hari saya; kerja 9 jam sehari, komitmen menulis blog, dan cari informasi tentang tempat wisata yang akan saya kunjungi."

    I know what you feel, mbak! Tapi masalahnya aku masih berusaha keras supaya bisa konsisten sampai sekarang, hiks!

    Fajarwalker.com

  2. Saya suka jamu ya cuma kunyit asam sama beras kencur, mbak. Hihihi…kalau yang pahit-pahit ga gitu suka. Paling pol itu minum jamu untuk lancar ASI, namanya apa, kok saya lupa. Oh, iya. Jamu uyup-uyup. Seger kalo yang itu. Ga pahit dan bikin ASI ga bau menyengat.

  3. Dari 5 tips yg miss berikan semuanya memang ampuh miss, tapi semenjak disini ada yg saya tidak lakukan lagi seperti tidur tepat waktu, minum air yg cukup berjalan kaki. Dan manfaat dari kunyit itu sangat banyak, saya dulu pernah membuat produksi keripik kunyit yg sudah diekspor sampai ke singapura dan malaysia untuk dipasarkan. Terima kasih miss tipsnya semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like