Siapa yang suka kalau rumahnya banyak cicak? Saya yakin tidak ada satu orang pun yang mau rumahnya jadi sarang hewan melata ini. Cicak umumnya ditemukan bangunan-bangunan yang kosong maupun yang ada penghuninya. Selain menggelikan dan menjijikan, cicak juga dianggap bahaya bagi kesehatan. Pernahkah kamu mendapati rumahmu tiba-tiba banyak cicak pasca mudik? Tentu kamu kaget dan bertanya-tanya dari mana datangnya cicak-cicak itu dan bagaimana cara basmi cicak di rumah?

Cicak memang bisa dibilang tidak membawa ancaman fisik, tapi sangat berbahaya untuk kesehatan. Cicak mengandung bakteri E-Coli yang dapat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan sakit perut, diare hingga tipus. Oleh karena itu, makanan yang telah dimakan cicak sebaiknya dibuang dan tidak dikonsumsi lagi.

Saat liburan panjang rumah sering kali ditinggal kosong oleh penghuninya. Tidak ada yang salah dengan mudik. Hanya saja yang salah adalah dalam kondisi apa rumah ditinggalkan hingga banyak cicak yang datang sebagai tamu tanpa diundang. Hewan ini sering buang kotoran dimana-mana yang membuat pemilik rumah kerja keras untuk membersihkannya.

Alasan Rumah Banyak Cicak Pasca Ditinggal Mudik

Bangunan yang ditinggal kosong cenderung mengundang banyak cicak karena merasa tidak ada ancaman dari manusia untuk mengusirnya. Jadi hewan nokturnal ini bisa bebas berkeliaran dan merayap di dinding rumah hingga ke sela-sela perkakas dapur. Selain itu, hewan ovipar ini bisa menghasilkan 4-10 telur dalam sekali pembuahan, yang membuatnya berkembang biak dengan cepat.

Lantas kenapa rumah tiba-tiba banyak cicak saat ditinggal mudik? Berikut alasannya:

  • Lampu terus menyala. Cicak adalah hewan yang suka cahaya lampu dan biasanya keluar menjelang magrib. Saat mudik, rumah biasanya ditinggalkan dengan kondisi lampu menyala baik di dalam dan di luar rumah untuk alasan safety. 
  • Tidak membersihkan perkakas dapur sebelum mudik. Cicak suka makan sisa makanan. Sebagian orang mengira mereka sudah membersihkan dapur sebelum pergi, tapi ternyata remahan makanan atau tumpahan bulir nasi di rice cooker pun bisa mengundang cicak datang. Perkakas dapur juga perlu dibersihkan. 
  • Kertas berserakan. Kertas koran atau buku di rak kayu bisa mengundang cicak untuk bersarang dan menetaskan telur. Banyak orang khususnya ibu-ibu mengoleksi koran bekas karena dianggap perlu saat memasak, membersihkan rumah, dll.
  • Banyak tanaman. Pemudik cenderung menbersihkan bagian dalam rumah saja sebelum mudik. Ternyata membersihkan bagian luar rumah seperti taman juga tidak kalah pentingnya Tanaman dan semak belukar adalah sarang serangga dan nyamuk yang disukai oleh cicak. 
  • Tidak merapikan rak sepatu. Rak sepatu juga bisa jadi sarang cicak terlebih jika ada banyak kotak sepatu yang tidak dibuang dan dibiarkan saja dengan sepatu-sepatu yang sudah tidak dipakai. 
Itu adalah 5 alasan kenapa cicak datang ke rumah saat rumah kosong. Untuk mencegahnya, sebaiknya nyalakan lampu yang tidak terlalu terang. Hal ini tidak hanya mengurangi jumlah cicak yang datang tapi juga bisa menghemat energi listrik. 
Selain itu, pastikan rumah yang ditinggal telah bersih. Sapu dan pel lantai hingga ke bawah-bawah perabotan. Rapikan rak buku dan buang kertas-kertas yang sudah tidak dipakai. Beri jarak perabotan rumah degan dinding. Bagian belakang perabotan yang rapat dengan dinding adalah tempat cicak sering bersembunyi. 

Cara Mengusir Cicak dengan Bahan Alami

cara basmi cicak di rumah
Ada banyak cara mengusir cicak baik dengan bahan kimia maupun alami. Cairan semprot pengusir cicak sudah banyak dijual di supermarket. Kamu juga bisa menggunakan kertas lalat untuk mengusir cicak dengan cara meletakkan makanan di tengah-tengah kertas untuk memancing cicak masuk perangkap. 
Kapur barus juga sering digunakan untuk hal ini. Hewan ini tidak suka dengan bau menyengat dari kapur barus jadi dia tidak akan datang ke rumah atau ke sudut rumah tertentu seperti dapur atau kamar mandi. 
Nah, gimana caranya mengusir cicak menggunakan bahan alami? Berikut beberapa bahan dapur yang bisa kamu jadikan senjata untuk basmi cicak di rumah.
  • Serai. Letakkan serai yang sudah dipotong atau diketuk di jendela atau dibelakang lemari. Kamu juga bisa menggunakan cairan serai untuk menyemprot dinding rumah. 
  • Kopi. Letakkan serbuk kopi di sudut-sudut ruangan. Cicak akan lari dan meninggalkan area yang masih tercium bau kopi. 
  • Kulit telur. Kulit telur dicuci hingga bersih kemudian ditumbuk kasar. Letakkan serpihan kulit telur ini di tempat yang sering didatangi cicak. 
  •  Bawang merah dan bawang putih. Iris bawang merah dan bawang putih kemudian letakkan di tempat yang rawan cicak seperti di dapur.
  • Lada hitam. Bahan dapur ini juga ampuh mengusir cicak dengan cara dilarutkan dalam air dan disemprotkan di bagian-bagian tersembunyi seperti bagian belakang lemari. 
Nah, itu dia beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk mengusir cicak dari rumah. Gampang kan? Jika cara ini kamu anggap tidak berhasil, maka segeralah hubungi pembasmi hama agar rumah kamu terlindungi dari hewan pembawa penyakit ini. 
Ohya, untuk mencegah cicak datang ke rumah, kamu juga bisa mengurangi ornamen-ornamen dinding seperti lukisan atau bingkai foto. Kamu juga harus rutin membersihkan rumah dan menaruh buah di dalam lemari es karena cicak juga suka dengan aroma buah. 
Semangat bersih-bersih…
0 Shares:
0 comments
  1. Ternyata ada caranya ya ngusir cicak. Aku aslinya jijik sih sama cicak dan semua hewan merayap dan melata, tapi pernah tuh cicak diusir-usirin tapi malah banyak nyamuk jadinya. Akhirnya lubang angin yang ada di atas pintu dibuka kembali biar cicak masuk dan nyamuk jadi tak banyak lagi

  2. Hehe… baru tahu aku kak kalau cicak itu suka cahaya lampu. Dan bener banget, kalo mudik pasti bersih-bersih nya bagian dalam rumah doang. Di luar rumah enggak ๐Ÿ™ˆ

  3. wah keren ada infografis nya jadi lebih gampang melihat dan mempelajari, bagaimana mengusir cicak. soalnya di rumah ini belakangan banyak cicak. kadang takut juga kalau tidur ketiban cicak. mau coba tips yang pakai serai nanti soalnya di rumah ada serai

  4. wah iya di kamar asramaku juga banyak cicak aku bingung dong krn apa2 sepertinya udah rapi, ternyata karena lampu nyala terus heuuuu. baiklah, serbuk kopi sepertinya mau aku coba

  5. Aku termasuk yang benci sama cicak sih, jadi memang sengaja juga di dinding rumah nggak kupasangin pajangan. Ngeri jadi lahan cilukba nya mr and mrs cicak.

    Ouw cicak ternyata suka aroma buah ya. Humm, hati hati nih kalo lagi ngegantung pisang. Soalnya pisang kalau ditaruh di kulkas, cepat hitam dan benyek sih Ka Jas.

  6. Saya jg suka geli dgn cicak, sama seperti lalat, kecoak, si(tikus), arrrhhh menyebalkan lihat mereka berkeliaran di rumah.
    Noted nih tipsnya, mau coba langsung dipraktekkan dah ini. Thanks ya Mbak ๐Ÿ™‚

  7. Aaiiihh keren tipsnya mbak Jasmi nih. Selain harus dibasmi, dalam agama Islam juga dikatakan sebaiknya cicak dibunuh. Cuma masalahnya aku gak tega membunuh binatang, kecuali nyamuk heheheee…
    Tips di atas insya Allah aku simpan & segera praktikkan. Thx ya…

  8. Baru ngeh kalau cicak membawa bakteri E Coli. Harus dibiasakan mencuci sendok nasi yang biasa digeletakkan di atas magic com. Siapa tahu pas sepi cicaknya kesitu makan sisa nasi… hehe pengalaman pribadi ini.

  9. artikelnya bermanfaat banget kak, besok coba aku terapkan di rumah ya. karena selama ini dirumahku ada cicak cuma diusir, dibiarkan aja gitu biar makan nyamuk-nyamuk. tapi sebel banget sama kotorannya juga ih, apalagi para cicak yang suka ngumpet di balik ornamen dinding kayak kaca

  10. Saya juga nggak suka kalau ada cicak di rumah, entah kenapa geli lihatnyaaaa :< tapi saya belum pernah mengusir cicak menggunakan bahan-bahan alami seperti di atas. Biasanya saya semprot pakai baygon saja lalu saya buang :))

    Next time saya mau coba pakai bahan alami, siapa tau bisa ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like