Halo semua, hari ini aku mau review aplikasi blu atau lebih dikenal dengan aplikasi blu by BCA Digital. Dari namanya saja udah ketahuan kan bahwa aplikasi ini adalah bank digital milik bank BCA.

Bank BCA tau betul kebutuhan masyarakat kekinian di mana bank digital menjadi salah satu platform transaksi favorit terutama bagi milenial dan Gen Z. Aplikasi Bank Digital ini memang sudah ditunggu-tunggu oleh semua orang dan kemudian diluncurkan pada tangga 2 Juli 2021 kemarin. Ini adalah salah satu bentuk keseriusan Bank BCA untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Nah, mengurangi rasa penasaran, aku pun ikutan download, mendaftar dan menggunakan aplikasi ini. Oh ya, sebelum aku tulis review jujur Aplikasi blu, aku mau bilang kalau aplikasi blu by BCA Digital ini berbeda dengan aplikasi Mobile Banking Bank BCA ya.

review Aplikasi blu dari BCA Digital yang kekinian

Alasanku sih simpel, aku pengen coba fitur bluSaving (nanti aku akan bahas di bawah lebih lengkap ya). Soalnya aku perlu punya beberapa tabungan untuk masa depan. Namanya juga pengantin baru, ya banyak lah yang harus dipersiapkan sedini mungkin.

Secara fitur sih kurang lebih sama. Bedanya, Bank Digital seperti blu ini tidak memiliki kantor cabang atau kantor fisik, sehingga segala macam transaksi dilakukan secara online termasuk membuka rekening.

Beda dengan Bank BCA yang memiliki kegiatan operasional perbankan yang dilakukan secara tatap muka. Nah, Bank Digital ini salah satu inovasi yang lagi naik daun banget sih di dunia keuangan digital.

Mengenal Aplikasi blu by BCA Digital Lebih Dekat

Melihat sejarah Bank BCA memang sudah jadi bukti bahwa Bank BCA punya komitmen tinggi dalam dunia perbankan. Setelah resmi mengakuisisi PT Bank Royal Indonesia tahun 2019 dan mengganti nama menjadi PT Bank Digital BCA tahun 2020, sekarang Bank BCA Digital meluncurkan Aplikasi blu atau lebih dikenal dengan blu by BCA Digital.

Aplikasi ini telah tersedia di Play Store dan Apps Store yang telah diunduh oleh lebih dari 10.000 pengguna smartphone. Ini awal yang sangat baik mengingat peluncuran aplikasi blu belum genap sebulan. Aku sendiri suka dengan tampilan dan User Interfacenya, cakep.

Sebagai new comer, Aplikasi blu perlu perbaikan lagi sih. Fiturnya memang masih minim (yah namanya juga anak baru yak). Aku juga sempat bingung dengan verifikasi email saat mendaftar. Nggak ada pesan masuk ke email aku, tapi di highlights aplikasinya ada notif bahwa aku belum verifikasi email.

Nah, mungkin ini masukan juga sih ke apps developernya blu untuk mengatasi kebingungan ini. Untuk saat ini masih belum perlu kali yah, soalnya One-Time Password (OTP) langsung dikirim ke nomor hp yang terdaftar. Ini review jujur Aplikasi blu dari aku.

Oh ya, karena ini Bank Digital, jadi kita nggak dapat kartu debit ya. Semua transaksi dilakukan secara online melalui aplikasi blu. Kita bisa tarik tunai uangnya di seluruh jaringan ATM Bank BCA di Indonesia.

Tarik tunainya pakai Cardless Transaction gitu. Cuma kalau nggak ada kartu debit gini, kadang terkendala kalau mau tarik tunai. Katakanlah hp kita habis baterai atau kita nggak punya kuota internet. Ah, sudahlah..

But itโ€™s not a big deal sih. Bagi yang udah nyaman sama Bank Digital, hal seperti ini sudah siap dihadapi.

Nah, setelah mengenal si biru ini, sekarang aku mau lanjut Review Aplikasi blu terkait cara mendaftar dan fitur yang ada di aplikasinya. Simak terus ya.

Cara Mendaftar bluAccount

Untuk mendaftarkan atau membuka nomor rekening digital di aplikasi blu, sebenarnya tahapnya sama aja sih dengan bank digital lainnya. Masukkan data diri, verifikasi via video call, tunggu beberapa saat, dan jadi deh rekeningnya.

Keseluruhan proses mendaftar hanya butuh 10-15 menit saja. Aktivasi juga cuma semenit doang. Nah, agar nggak menghabiskan banyak waktu, siapkan dulu beberapa syarat di bawah ini.
1. Download aplikasi blu di smartphone
2. KTP
3. NPWP (opsional)
4. Kartu debit BCA jika kamu adalah nasabah Bank BCA
5. Nomor HP dan alamat email yang masih aktif
6. Smartphone yang kompetibel. Untuk Android pastikan OS nya Android 5.0 ke atas
7. Berpakaian rapi karena nanti akan videocall-an sama si CS untuk verifikasi

langkah untuk mendaftar sebagai nasabah bank digital blu di aplikasi blu by BCA Digital

Review jujur aplikasi blu yang ada sesi video call untuk memverifikasi data nasabah oleh tim halo blu

Langkah-langkah registrasi di Aplikasi blu adalah sebagai berikut
1. Buka aplikasi blu yang telah diunduh
2. Masukkan nomor handphone
3. Masukkan OTP yang dikirim ke nomor handphone yang terdaftar
4. Foto KTP sesuai arahan aplikasi
5. Lakukan selfie sebagai pengenalan wajah
6. Foto NPWP
7. Verifikasi rekening BCA jika kamu nasabah BCA
8. Atur PIN
9. Centang syarat dan ketentuan
10. Lakukan video call dengan tim haloblu untuk meneruskan pembukaan rekening
11. Tunggu rekening aktif maksimal 1×24 jam

Pengalaman aku, pendaftaran ini sangat cepat karena sistem yang digunakan oleh BCA akurat banget sih. Dari foto KTP aja, bisa langsung kebaca NIK, alamat sesuai KTP, nomor NPWP dan lain sebagainya. Canggih ya.

Nggak perlu masukin secara manual yang bisa saja salah ketik. Ini semuanya otomatis. Aku hanya nunggu kurang dari 2 menit, hingga akhirnya nomor rekening blu by BCA Digital aku aktif.

Fitur Aplikasi blu by BCA Digital

 

Setelah membahas cara mendaftar, sekarang kita lanjutkan review aplikasi blu terkait fitur-fiturnya.

Tracker

Pada fitur ini, kamu bisa memonitor cashflow kamu berupa berapa banyak pemasukan dan pengeluaran serta riwayat transaksi yang telah kamu lakukan.

Home

Di fitur Home atau beranda, kamu akan menemukan informasi tentang rekening blu kamu berupa saldo aktif bluAccount, nomor rekening, highlights dan transaksi favorit terakhir.

Simpanan

Nah, ini yang menarik. Di menu simpanan ini terdapat fitur pockets yang berisi 3 macam tabungan; bluSaving, bluGether, dan bluDeposit.

bluSaving

bluSaving adalah produk tabungan untuk berbagai tujuan yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Suku bunga tabungan sampai 3% p.a. kamu bisa buat sampai 10 tabungan di blu by BCA Digital yang bisa kamu personalisasi seperti tabungan untuk pendidikan, untuk beli rumah, untuk kebutuhan keluarga, untuk dana darurat dan lain sebagainya. bluSaving membantu banget sih untuk mencapai goal kamu dan meningkatkan komitmen menabung.

bluGether

bluGether adalah rekening yang bisa digunakan bersama-sama. Kamu bisa ajak keluarga, teman, atau pasangan kamu untuk menabung bersama dengan cara menekan tombol tambah member. Sama seperti bluSaving, bluGether punya suku bunga 3% p.a.

bluDeposit

bluDeposit adalah tabungan deposito berjangka dengan minimal tabungan 10 juta. Kamu bisa mendapatkan suku bunga hingga 4% p.a. Kamu juga bisa pilih tenor 1-12 bulan dan kamu bisa mencairkan tabungan kamu tanpa penalti walaupun belum jatuh tempo.

Transaksi

Di fitur transaksi, kamu bisa melakukan transfer, bayar/beli, top up e-money, bayar pakai QR dan Tarik tunai. Fitur ini ada di tengah bagian bawah layar.

Keunggulan lainnya dari blu adalah kamu mendapatkan bebas biaya transfer ke bank lain atau top up Gopay sebanyak 20 kali berlaku dan bebas biaya transfer ke rekening BCA sebanyak 99 kali. Ini tentu mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku yak.

Kekinian banget kan ya. Sekian review aplikasi blu menurut sudut pandang aku. Overall, bagus banget sih punya bluAccount buat yang nggak mau ribet ke mana-mana bawa cash atau kartu ATM kayak aku.

Konsepnya sih udah matang. Tinggal tunggu perbaikan-perbaikan aja dari tim haloblu terkait beberapa kendala yang masih ada. Aku optimis kok, aplikasi blu bakal lebih nyaman digunakan, loading bisa cepat dan fitur lainnya bisa nambah. Yah, dari feedback sobatblu (sebutan untuk nasabah blu) lah nanti blu akan jadi lebih baik.

Jadi, setelah baca artikel ini, apakah kamu juga tertarik untuk ikutan buka rekening blu? Kamu bisa download di Play Store atau App Store.

Kerjasama Eksklusif Blibli X blu

Ohya, ada update-an terbaru nih buat kamu pengguna aplikasi blu. Saat ini blu sudah bermitra dengan blibli.com salah satu platform e-commerce yang banyak diminati oleh anak muda.

Jadi, 22 Juli lalu aku berkesempatan untuk ikut launching kerjasama blibli X blu ini secara virtual melalui Zoom Meeting. Acara ini dinamakan #ItsBluDay. Banyak banget insight yang aku dapat mulai dari visi misi blu dan blibli yang sama sampai program-program kebaikan yang dilakukan oleh blu itu sendiri dalam menjaga lingkungan. Kita bahas satu-satu nanti.

Nah, blibli adalah exclusive partner blu yang pertama dalam merealisasikan platform berbasis ekosistem digital. Kata CEO PT Bank Digital BCA Ibu Lanny Budiati, blu menggaet blibli karena keduanya berpegang pada nilai yang sama dalam menjalani bisnis masing-masing dan juga konsisten dalam melayani konsumen.

Selain itu, alasan utama blu bekerjasama dengan blibli adalah memprioritaskan customer dalam memenuhi kebutuhan mereka, sama-sama punya target market yang serupa yaitu Digital Savvy, dan selalu berinovasi memberikan yang terbaik.

Blibli sendiri juga punya misi untuk mendukung percepatan transformasi digital dan inklusi finansial. Blibli juga optimis, hanya dengan kerjasama lah pengembangan ekosistem digital di Indonesia dapat mencapai potensi yang terbaik.

Transaksi di blibli melalui blu juga sangat mudah, praktis, dan cepat. Ada fitur in-app payment yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk check out keranjang blibli. Terus blu juga ada fitur QRIS yang bisa digunakan untuk transaksi di mana aja kapan aja. Menarik, kan?

Kabar baiknya, dalam rangka ulang tahun blibli yang ke 10 bulan Agustus nanti, kamu bisa menikmati diskon hingga 50% untuk pelanggan baru blibli dengan bertransaksi melalui blu. Ah, udah mantap kali ini. Aku bakal ngincer deh diskonannya.

its blu day dilaksanakan untuk launching exclusive partner pertama blu yaitu blibli

Apa Itu #blubuatbaik?

Sekarang kita beralih ke hashtag yang bikin penasaran #blubuatbaik. Jadi apa itu? Nah blu buat baik ini adalah program jangka panjang untuk keseimbangan lingkungan yang dilakukan oleh blu.

Blu juga berkontribusi untuk menjaga lingkungan dan laut dari sampah plastik, lho. Program ini bekerjasama dengan Kitabisa.com dan Greeneration Foundation dalam program Eco Ranger yang dilaksanakan di Banyuwangi. Ini adalah langkah kecil dari blu untuk berkontribusi, tidak hanya untuk kemajuan fintech tapi juga untuk lingkungan. Hebat ya.

Kalau kamu mendaftar menjadi nasabah blu by BCA Digital, artinya kamu sudah berdonasi 1k untuk program Eco Ranger ini. Kamu juga bisa berdonasi melalui platform Kitabisa.com. Ini program yang bagus banget sih. Anak muda sekarang udah banyak lho yang peduli lingkungan dengan gerakan-gerakan Go Green yang dikampanyekan.

Blu Gaet Penyanyi Yura Yunita

Tau nggak lagu Yura Yunita yang berjudul Mulai Langkahmu? Itu memang lagu tamparan banget sih buat anak muda yang hobi rebahan. Mimpi kita kadang tinggi banget, kita banyak maunya, tapi kita kadang takut untuk melangkah mewujudkannya.

Dari lagu ini Yura berpesan, jangan takut untuk menggapai mimpi. Sekecil apapun usaha yang dilakukan, #YangPentingLakuin. Soal hasil, urusan nanti. Yang penting kita lakuin aja dulu. Toh, usaha baik juga akan mendapatkan hasil yang baik, kan?

Jadi karena lagu ini dinilai sama dengan apa yang ingin blu sampaikan kepada masyarakat terutama anak muda, akhirnya lagu Mulai Langkahmu ini jadi ikonnya aplikasi blu by BCA Digital.

Terlepas dari lirik, lagu ini memang ngegroove banget sih. Easy listening. Suka aja gitu dengarnya.

Akhir kata, aku cuma mau bilang sukss terus ya untuk blu, blibli dan Yura Yunita. Makasih banyak udah hadir di tengah masyarakat dan berkomitmen memberikan yang terbaik.

1 Shares:
52 comments
  1. sekarang pengen buka rekening makin gampang, bisa online
    dan Blu hadir juga membantu kita-kita yang pengen konsisten nabung, jadi budget harian dan tabungan khusus bisa dipisahkan

  2. Aku juga udah make ini mba. Emang mantep sih laju dan ga lemot kaya bank digital yg sebelumnya aku pake bank super pintar wkwk.

  3. Saya tertarik sama fitur blusavingnya. Kayaknya praktis banget dan tanpa bea administrasi. The best ya Blu by BCA digital.

  4. Merasa tersindir karena aku juga BM (banyak mau) tapi kadang mager. Hihihi… Ayo ayo kerja cerdas, duitnya simpan di bluSaving aja biar enak monitoring.

  5. Aplikasi blu ini semakin memudahkan bagi pengguna yang suka kepraktisan buat nabung atau invest, bisa buat sampe 10 jenis simpanan dan bisa nabung deposito, keren banget ya

  6. Aku dah dengerin lagunya Yura, emang cocok banget sm blu by BCA Digital yaaaa. Plus easy listening dan nyemangatin anak muda banget supaya terus kejar mimpi dan impiannya yaaa

  7. Di Play Store saja sudah banyak yang mengunduh aplikasi blu by BCA Digital. Aku pun setelah mampir ke mari, langsung tergoda sama fitur bluSaving-nya. Pas banget buat “memaksa aku”secara nggak langsung untuk memperbaiki pos keuangan dan mencukupkan tabungan biar nggak bocor halus melulu.

  8. Satu aplikasi berjuta manfaat itu Blu by BCA, semua ada dalam satu gengaman henpon. Bisa isi pulsa, bisa nabung, bisa deposit duh jatuh cinta sama semha fiturnyaa.

  9. Ekosistem digital blu yang terintegrasi dengan BCA yg bikin saya nyaman dg menabung di blu harapan saya sih semakin banyak kerjasama dg e-commerce lainnya selain blibli biar belanja lebih praktis

  10. Yeeyy alhamdulillah ga ribet ya kak. Aku jg udah buka nih akun di blu. Udah mulai nabung juga di blusaving. Membantu bangett. Dan yang paling bikin haru program blubuatbaik ituu loh. MasyaAllaah makin cinta sama si bungsu iniii <3

  11. Kerja samanya sama Blibli, kejteeee yak sama-sama biru ๐Ÿ˜€ jadi penasaran selanjutnya siapa exclusive partnernya blu. Yang pasti siiih kumenunggu promo-promonya juga ๐Ÿ˜€ memang blu ini menyasarnya ke digital savvy ya, memudahkan sekali untuk nabung atau transaksi

  12. weeew, kereen ya blu BCA ini, meskipun gak ada kantor seperti Bank BCA gitu dan semua offline tapi saat verifikasi tetap dilakukan oleh CS sungguhan ya bukan asisten virtual ๐Ÿ˜€
    saya juga jadi beneran ingin coba nih buka tabungan di blu BCA, kebetulan juga nasabah BCA kok ini ๐Ÿ™‚

  13. Ada kok mba verifikasi email. Sistemnya itu tungguin dulu sampau hitungan detiknya selesai, baru deh masuk ke e-mail. Memang ini harus di tingkatkan pas verifikasi bagusnya gak nunggu hitungan waktunya selesai dulu.

  14. Saya juga pakai aplikasi blu ini, Mbak. Kabar baiknya ternyata bakal ada kartu debit juga. Meski sekarang belanja pun sudah bisa bayar online pakai QR di aplikasi blu kalau ada kartu debit pasti lebih asik.

  15. Wah, inovasi yang menarik dari BCA. semoga kerja sama yang terjalin dengan Blibli juga berjalan optimal. Saya pribadi bukan pengguna BCA, tetapi melihat inovasi yang diberikan, sepertinya menarik untuk dicoba.

  16. Sebagai nasabah BCA yang setia, lahirnya BCA Digital paling dinanti, karena nggak perlu lagi ke kantor cabang untuk buka tabungan. Apalagi ada aplikasi blu, bisa bisa rekening banyak, jadi memudahkan untuk pisahin dana biar semangat nabung

  17. Fiturnya banyak banget dan semua memudahkan kita dalam mengatur keuangan. Asyiknya lagi semua gratis ya.
    Yang belum punya rekening BCA, bisa buka rekening blu by BCA Digital aja nih

  18. Sebagai pengguna BCA kayaknya wajib daftar nih. Apalagi warna backgroundnya biru ya. Seger liatnya. Eh nyambung gak sih. Ah ntar mau nyoba daftar ah. Thanks mbak

  19. Inovasi yang menarik dari BCA nih, produk blu ini sangat relevan dengan milenial dan Gen Z yang sudah melek dengan literasi finansial sehingga ngeh dengan cashflow. Tabungan digital punya fitur yang memudahkan nasabah melihat aliran kas

  20. BCA menurut saya (yang pernah nyoba bikin rekening di banyak bank dulu. Wkwkwk) tetap the best kalo urusan aplikasi. Ditunggu banget ini blu by BCA. Selama ini saya cuma pakai BCA Mobile dan itu aja udah puasss banget sama layanannya. Harus nyobain ini ya

  21. Mendaftar bluAccount di aplikasi blu ini emang cepat dan mudah banget ya mbak. Aku kemarin gak sampe 15 menit udah beres semua dan udah bisa pake aplikasi blu ini buat ini itu.

  22. wah semudah itu?
    Cukup unduh blu by BCA, bisa langsung nabung?
    BCA emang keren ya, selalu berinovasi agar nasabah nyaman bertransaksi
    Gak ribet seperti bank konvensional lain

  23. Njas, kok Mbak yang video call-nya samaan dengan Mbak yang video call aku loh. Haha. Lihat eyeshadownya aku langsung pengen tutup muka soalnya Vc-an nggak pakai dandan rapi. Muka lecek banget ๐Ÿ˜€

  24. Sedari awal udah pengen banget pakai aplikasi blu. Terlihat simpel banget penggunaannya.
    Ini aku sekarang juga udah install dan lagi nyobain berbagai fiturnya.

  25. Menabung jadi bisa fokus ke hal yang diimpikan ya kak via Blu ini. Wah, ini sih makin gemar menabung dong. Daku pelajari lengkapnya nih ah. Demen lihat banyak fitur yang mampu jadi solusi kebutuhan masyarakat

  26. Enak banget yah bisa bebas biaya admin mau transfer ke mana mana jadi mudah. Apalagi ada bebas top up Gopay sebanyak 20 kali, jadi makin rajin gofood. Hehe.

  27. wah ini produk baru dari BCA Digital ya kak
    mudah ya pendaftarannya, makin membantu transaksi keuangan kita ya blu by BCA Digital ini

  28. Sebagai nasabah setia BCA dari jaman jebot, aku super hepiii ada app Blu by BCA digital ini.
    Sangat praktis, kekinian, no ribet ribet club.
    Bakal banyak yg memanfaatkan teknologi ini nih.

  29. Bank Digital seperti ini aku belum pernah coba. Dulu misua kerja di BCA tapi krn sudah resign trus dia bialng kalau BCA memang sekarang banyak inovasinya termasuk si blu by BCA Digital ini.

  30. Nasabah BCA dimanjain banget ya, sampai diluncurkan aplikasi Blu ini. Udah fiturnya banyak, cara penggunannya juga mudah. Benefitnya juga banyak bagi nasabah. Simpel, praktis dan lebih efisien.

    Asyiknya lagi, dengan bluSaving, kita bebas memilih jenis tabungan yang diinginkan. Bisa nih buat saving income dari ngeblog.

    Sempat kepikiran pengen buka rekening BCA, tapi entah kapan terwujudnya.

  31. Samaan banget kak, aku juga nyoba fitur bluSaving. Secara aku susah menabung tp kalo nabung lewat aplikasi blu jadi semngat karena jelas target dan tujuan nabungnya

  32. Wah iyaa ya, pengantin baru uhuyy, btwe selamat ya kakak. Bener banget nih, BCA lagi-lagi menjawab banget kebutuhan para nasabahnya terutama soal menabung. Jujur ini pasti bermanfaat banget untuk masa depan apalagi soal keuangan.

  33. Bano sekarang semakin canggih. Spt punya bank di genggaman. BCA sejak dulu selalu paling terdepan dalam teknologi. Keren euy

  34. Wah menarik banget tabungan blu by BCA ini. Bisa bikin banyak tabungan. Ini benar gak mesti verifikasi langsung ke bank ya? Kebanyakan harus ke bank juga. Terus gak pake setor tunai di awal? Yang belum punya tabungan BCA bisa bikin gak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like