Selama ini mungkin banyak orang menganggap Pantai Losari sebagai satu-satunya ikon wisata pantai yang dimiliki Makassar. Padahal, ada begitu banyak objek wisata bahari di Kota Makassar yang jauh lebih cantik dari Pantai Losari. Salah satu ikon wisata bahari baru di Makassar yang wajib anda sambangi adalah Pulau Samalona. Bagi yang baru pertama kali mendengar namanya pasti menyangka pulau satu ini berada di sebuah kepulauan eksotis di luar negeri. Namun jangan salah, keindahan Pulau Samalona bisa diadu dengan pulau-pulau indah yang ada di Maladewa.

Source: cumilebay

Samalona, Pulau Kecil dengan Air Laut Sejernih Cermin

Pulau Samalona sebenarnya tidak terlalu besar. Luasnya hanya mencapai 2 hektare, sehingga tidak heran jika banyak orang menyebutnya bak pulau pribadi. Keindahan Pulau Samalona yang sudah tersohor hingga macanegara membuatnya tidak pernah sepi dari serbuan wisatawan, terutama di musim libur panjang. Pemandangan Pulau Samalona yang menakjubkan, terutama ketika hari cerah, bukan satu-satunya daya tarik yang mampu menyihir para wisatawan. Air lautnya yang jernih bahkan dapat membuat para wisatawan betah berlama-lama menjelajahi keindahan terumbu karang yang menghuni bawah laut Pulau Samalona.

Agar dapat lebih puas menikmati indahnya pemandangan bawah laut Pulau Samalona, Anda wajib mencoba snorkeling pada pagi hari. Selain cuacanya belum terlalu panas, anda dapat menyaksikan ikan-ikan yang berenang dengan cantiknya diantara terumbu karang. Tidak hanya dihuni dengan beberapa jenis terumbu karang, di bawah laut Pulau Samalona pun dahulu pernah ditemukan bangkai pesawat tempur pada masa Perang Dunia II.
Source: tripadvisor
Buat para nikmat senja, Pulau Samalona juga bisa menjadi spot paling keren untuk menikmati matahari terbenam. Pasirnya yang putih, ditambah air lautnya yang jernih dan berkilauan saat terpapar sinar matahari sore merupakan pemandangan yang akan membuat siapapun yang melihatnya tersihir berkat kecantikannya. Kalau belum puas menikmati indahnya Pantai Samalona hanya dengan duduk di pinggir pantai atau menyelam, Anda bisa menyewa kapal untuk melihat keindahan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Anda harus mengeluarkan uang setidaknya Rp. 450.000,- untuk menyewa kapal mengelilingi pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Samalona.

Perjalanan Menuju Pulau Samalona

Jika anda sudah berencana untuk liburan di pulau Samalona, jangan lupa segera cek harga tiket pesawat lewat Airy Tiket Pesawat untuk menghindari mahalnya harga tiket pesawat ke Makassar. Setelah sampai di Makassar, dari pusat Kota Makassar , Anda hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit untuk dapat sampai di Pulau Samalona. Anda dapat memulai perjalanan dari dermaga dekat Fort Rotterdam menggunakan perahu. Tarif perahu pun bervariasi, untuk perahu berkapasitas 10 orang, petugas biasanya mematok tarif sebesar Rp.500.000 – Rp.600.000 untuk perjalanan pulang pergi. Ada satu perahu lagi bernama perahu katinting dengan tarif lebih murah yakni Rp. 250.000,- hingga Rp. 350.000,-. Jangan khawatir, Anda dapat menggunakan kemampuan bernegosiasi untuk mendapatkan tarif sewa perahu lebih murah.

Perjalanan dari dermaga Fort Rotterdam menuju Pulau Samalona tidak akan terasa membosankan. Di sepanjang perjalanan, Anda dapat menikmati pemandangan laut yang khas ditemani semilir angin yang menyejukkan. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan atraksi ikan-ikan yang melompat di perairan. Pokoknya, perjalanan selama 30-45 menit tidak akan terasa lama berkat pemandangan sekitar pulau yang memanjakan mata.
Berbicara mengenai fasilitas, Pulau Samalona juga menyediakan gazebo, tempat ibadah, toilet, rumah makan serta homestay dengan tarif lebih murah dan fasilitas yang cukup memadai.
Bagaimana? Tertarik untuk bertandang di surga kecil Kota Makassar yang satu ini? Yuk, persiapkan segala keperluan liburan Anda sekarang juga. Dapatkan promo tiket pesawat murah ke Makassar dan ajak keluarga serta teman-teman Anda untuk turut menikmati keindahan alam Pulau Samalona yang menakjubkan. Sebelum travelling, jangan lupa buka website Airy untuk mendapatkan penawaran harga tiket pesawat dan penginapan yang terjangkau.
0 Shares:
0 comments
  1. 1. Hmmm barokallah lama gak ke blog ini disugugui keindahan pantai luar biasa
    2. Aku kira Salmonella eh itu kan nama bakteri. oke penting
    3. Bagiku ini lebih indah dari Maladewa, suka bening garis pantainya
    4. sudah, wassalamualaikum wr.wb.

  2. Bener tuh kata Zahrah, kayaknya ombaknya beretika, nyantai, adem nan asik dipandang. Terlebih kalau suasa sore atau pagi ya. Asik banget sepertinya..
    Ternyata banyak ya, taunya Pantai Losai aja..hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like