Melakukan perjalanan selama pandemi tentu harus mengikuti prosedur termasuk hal yang harus dilakukan setelah pulang dari liburan di tengah isu COVID-19 ini. Hal ini dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Corona, yah nama virus itu akhir-akhir ini gak pernah luput dari pendengaran kita setiap hari. Memang benar, corona atau Covid-19 adalah virus yang saat ini tengah menjadi bencana bagi kita semua. Pasalnya virus ini adalah jenis virus yang penyebarannya sangat cepat bahkan mematikan. Untuk itulah kenapa orang saat ini melakukan lockdown atau mengurung diri di dalam rumah sebagai upaya untuk pencegahan penularan virus Covid-19.

Namun bagaimana dengan nasib orang yang saat ini sudah terlanjur bepergian atau melakukan liburan di luar kota ataupun Negeri?

Sejak menyebarnya wabah Covid-19, Indonesia memang termasuk Negara yang masih tergolong baru terinfeksi virus Corona. Di beberapa waktu lalu telah diberitakan bahwa ada WNA yang berasal dari Tiongkok postif terinfeksi virus Covid-19. Dan tak lama kemudian ada warga negara Jepang yang dinyatakan positif corona sepulangnya berlibur di Indonesia. Lalu ada juga WNA asal Selandia Baru pun terinfeksi virus ini. Itulah alasan dan juga yang menjadi penyebab utama Indonesia ikut terinfeksi virus Covid-19.

Wabah virus corona memang mengintai banyak orang terutama bagi orang yang sedang traveling ke luar Negeri untuk berlibur ataupun dalam urusan pekerjaan. Hal itu memang menimbulkan dilema, apalagi kalau menyangkut pekerjaan tentunya sulit untuk kita tolak. Atau mungkin sudah terlanjur melunasi tiket liburan yang sudah dipesan bulan lalu, kan sayang kalau gak digunakan. Tapi gak perlu khawatir, bagi kamu yang ingin liburan atau yang dari liburan di tengah isu Covid-19, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar penyebaran virus Corona tidak memarak.

Yang Harus Dilakukan Setelah Pulang dari Liburan di tengah isu Covid-19

Bagi kamu yang sepulang dari liburan, harap untuk memonitor diri sendiri yaitu dengan cara memeriksa kesehatan selama 14 hari dan melalukan beberapa panduan untuk memeriksa kesehatan setelah pulang dari liburan di tengah isu Covid-19 berikut ini

Periksa Suhu Tubuh

Ketua Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, bernama Erlina Burhan merekomendasikan agar setiap orang yang kembali dari Negara yang terdampak virus Corona sebaiknya bahkan harus memeriksa suhu tubuh sebanyak 2 kali yaitu pagi dan malam hari. Jika suhu tubuh kamu berada di atas 37 derajat celcius, kamu harus memeriksakan diri kamu ke layanan kesehatan seperti puskesmas, dokter atau rumah sakit di kota kamu.

Menyadari Gejala

Tidak BepergianVirus corona ditkamui dengan sakit tenggorkan, sakit kepala, badan terasa lemas, nyeri sendi, dan sesak nafas. Jika kamu merasakan gejala tersebut, segeralah periksakan diri kamu ke layanan kesehatan terdekat. Selain itu, diharapkan agar kamu menggunakan masker jika memiliki gejala seperti batuk dan bersin agar tidak menyebar ke orang lain.

WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia menyarankan agar orang yang telah kembali dari Negara terdampak virus Corona agar berdiam diri di dalam rumah dan tidak bepergian selama 14 hari. Bahkan WHO juga meminta perusahaan agar mengizinkan karyawannya bekerja di dalam rumah saja selama 14 hari. Dan pada saat ini pemerintah Indonesia pun ikut menyetujui peraturan ini. Jadi jangan menggunakan hari libur ini untuk melakukan perjalanan ke luar kota, melainkan untuk berdiam diri di rumah masing-masing.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Virus corona sangat rentan dan mudah menyebar ke seseorang yang tingkat kekebalan tubuhnya rendah. Maka dari itu orang yang baru saja pulang dari liburan di tengah isu Covid-19 diharapkan agar memperkuat daya tahan tubuh. Upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh seperi mengonsumsi makanan yang seimbang dan bernutrisi, istirahat yang cukup, berolahraga, mengonsumsi vitamin C dan lain sebagainya.

Mencuci Tangan

Virus Corona ditularkan tidak melalui udara, melainkan melalui droplet atau tetesan cairan tubuh penderita, seperti air liur di saat batuk dan bersin. Di saat penderita bersin dan batuk tanpa menggunakan masker atau menutup mulut, maka tetesan air liur yang menyebar tersebut bisa saja mendarat di tangan orang lain. Alhasil, orang tersebut menyentuh wajah atau mengusap hidungnya dan pada akhirnya virus pun masuk ke dalam tubuh orang tersebut.

Penularan virus juga bisa melalui benda mati seperti kursi, bel, tangga, gagang pintu dan lain-lain. Untuk itu agar kamu tidak terkena virus mematikan ini, diharapkan untuk selalu mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun, alkohol dan antiseptik.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan setelah pulang dari liburan di tengah isu Covid-19. Bagi kamu yang merasa gejala virus Covid-19 ada pada diri kamu, jangan takut untuk memeriksakan diri ke layanan kesehatan agar mendapatkan perawatan yang tepat. Dan bagi kamu yang saat ini masih aman-aman saja, diharapkan untuk waspada namun jangan panik juga ya.

0 Shares:
0 comments
  1. Betul, kita semua perlu melawan virus covid-19 ini. Apalagi sekarang kasus yang positif semakin meningkat. Kebersihan, jaga pikiran positif dan social distancing harus dilakukan. Terima kasih untuk artikelnya.

  2. Betul, kita semua perlu melawan virus covid-19 ini. Apalagi sekarang kasus yang positif semakin meningkat. Kebersihan, jaga pikiran positif dan social distancing harus dilakukan. Terima kasih untuk artikelnya.

  3. Dengan kondisi yang seperti sekarang memang kita harus bisa sadar untuk membatasi diri, serba salah memang tapi ya inilah caranya biar kurva landai sehingga jumlah pasien yang di rumah sakit tidak membludak dan rumah sakit bisa menangani

  4. Penyebarannya gampang banget makanya harusnya self-isolation dulu. Kalau bisa langsung ikut prosedur test covid-19 di rumah sakit rujukan. Jangan sampai kita jadi bagian dari penyebaran virus ya kan.

  5. Nah, orag yang suka jalan-jalan ini harusnya juga sadar dengan keadaan yang lagi hectic gini. Ah, semoga makin bnayak orang yang sadar untuk stay at home dulu sementara waktu yak.

  6. Iya kan kadang ada yang kadung udah beli tiket dan sayang untuk dihanguskan. Jadi tetap aja pada berangkat. Nah, habis jalan-jalan sebaiknya ngecek kondisi juga. Jangan sampai jadi carrier Covid-19

  7. Iya benar sekali setelah berpergian harus mengecek kondisi badan. Demam ataukah tidak? Dan sebaiknya memang dirumah saja, jika tidak ada keperluan yang mendesak. Sebab mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

  8. emang lg mengkhawatirkan keadaan sekarang ini ya. Sampai dilakukan lockdown dimana2. Sebaiknya sadar dan mau diberi arahan seperti yg dijelaskan di artikel ini sih yg baru pulang dari luar negeri. Supaya tidak memperburuk keadaan yg sudah tidak baik.

  9. Untuk yang libur di rumah mungkin sebagian saja, soalnya suami guru masih harus ke sekolah. Muridnya di rumah sih hehe. Tapi intinya semoga kita semua dilidungi dan virus ini segera hilang, aamiin

  10. bener bangeet ini, setujuuu. namanya virus kita gak tau juga ya bisa nempel dimana saja, jadi gak ada salahnya kita aware lebih awal ya. makasih infonya mba sangat bermanfaat.

  11. Cek suhu tubu, menyadari gejala, tidak bepergian lagi selama 14 hari dan tingkatkan imunitas tubuh dan mencuci tangan..sembari terus berdoa semoga kita dijauhkan dari sakit penyakit ya dan wabah ini segera berlalu

  12. Wajib baca nih buat traveler yang baru balik dari liburan. Kalo sekarang mah udah pada mawas diri dan takut yaaa buat traveling. Nyaris gak ada negara yg lolos dari kasus corona ini. Makanya ditetapkan sebagai pandemi global.

  13. memang perlu kesadaran semua orang dalam menghadapi bencana corona seperti sekarang ini. tetap menjaga kesehatan dan kebersihan adalah kuncinya. dan yang penting tetap positive thinking…

  14. Buat yang terlanjur jalan-jalan wajib mengikuti saran-saran yang ditulis artikel ini. Tapi kalau bisa tidak ada yang perlu jalan-jalan lagi ya. Hiks… Biar pandemi coronanya gak makin luas.

  15. corona ini memang menjadi reminder besar buat semakin hidup sehat. berusaha relax ditengah kekhawatiran yang tanpa disadari, dan yang penting memang rajin cuci tangan nih

  16. Yang bikin sedih itu, banyaj orang yang gak sadar dan gak mau diam dirumah selama masa libur yang dikasih pemerintah. Diminta dirumah aja malah liburan dan malah saya sering denger dan liat banyak orang disekitar saya kumpul-kumpul, sedih..

  17. Semoga saja wabah ini cepat berlalu. Dan beberapa cara diatas perlu untuk diikuti setelah pulang dari berlibur demi terbebasnya dari serangan pada diri sendiri dan keluarga dari virus Corona

  18. Semoga kita semua selalu di beri sehat kak, benar sekali kak, setelah pulang dari berlibur atau berpergian jgn lupa untuk selalu cek kesehatan dan kebersihan kak agar tidak tertular corona.

  19. Nah penting ya hal ini disosialisasikan agar penyebaran virus tak makin meluas. Lebih baik lagi malah jangan bepergian dulu sih dalam kondisi begini. Itu Pewe mau nikahan adik bungsu saja April nanti juga sampai ditunda dulu euy karena takut pulang Semarang malah bawa virus untuk keluarga di sana

  20. Aku dari pertama anjuran stay di rumah udha nurut banget, karena emang kerjaanku usaha di rumah. eh dilalah lagi jaga toko hp ilang dicurii, akhirnya mau gak mau ngurus kartu ke grapari di sebuah mall. Begitu nyampe mall langsung cuci tangan, abis itu gak berani pegang eskalator, dan pulang dari mall di rumah aja gw parno dong, jangan jangan pas keluar tadi kena huhuhu padahal waspada boleh, panik jangan yaak

    *lah jadi curhat haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like