Ini cerita aku dan suami yang sudah beberapa bulan menikah dan sedang merenovasi rumah kami. Ada banyak yang sudah kami siapkan dan rencanakan, termasuk merencanakan instalasi pipa air panas untuk memasang shower di kamar mandi. Tapi untuk shower ini masih baru rencan sambil kami menabung untuk melengkapi rumah baru kami dengan penambahan shower air panas.

Sudah ada banyak yang kami perbaiki dari rumah baru kami, mulai dari warna cat hingga perabotannya diperbaharui. Tujuannya adalah untuk membuat kami merasa lebih nyaman di rumah, terlebih lagi rumah haruslah menjadi tempat ternyaman. Apalagi untuk seorang pasangan muda seperti kami, kegiatan menata ruangan hingga merencanakan tampilan rumah adalah salah satu bentuk komunikasi kami. Bukan untuk membandingkan selera melainkan untuk menyatukan persepsi.

rencana pasang shower air panas menggunakan pipa air panas rucika

Mungkin suami menginginkan warna A sebagai warna utama namun aku menganggap warna B lebih deep. Maka di sinilah kami berkomunikasi dan berkompromi mengenai pemilihan warna, karena bisa saja mendapatkan kombinasi warna atau menggunakan warna salah satu diantara pandangan kami. Termasuk bagaimana aku sampaikan ke suami bahwa aku ingin merencanakan untuk melengkapi rumah dengan shower air panas di kamar mandi.

Alasan Kenapa Ingin Memasang Shower Air Panas

Ada beberapa alasan kenapa ingin memasang shower air panas untuk mandi di rumah, selain karena memang ketika musim hujan yang biasanya agak males mandi air dingin. Hingga untuk membuat rileks tubuh dengan mandi air hangat setelah capek bekerja dan pulang malamnya pak Suami. Jadi nggak ada alasan untuk nggak mandi, minimal bisa mandi dengan air hangat tanpa harus masak air secara manual.

Memasak air secara manual ini akan menghabiskan cukup banyak waktu dan tenaga. Di era sekarang ini tentunya teknik memasak air untuk mandi nggak praktis, dengan kata lain lebih praktis jika langsung sat set dan membuka keran saja. Alasan lainnya adalah bisa memanjakan anak kami nanti ketika sudah lahir, dan bisa juga memanjakan saudara nanti ketika berkunjung dan menginap di rumah kami.

Persiapan Yang Diperlukan Sebelum Memasang Shower Air Panas

Untuk memasang Shower ini perlu persiapan baik rencana maupun biaya. Nah beberapa refrensi yang aku baca menyarankan untuk melakukan persiapan seperti ini, termasuk dalam penyiapan instalasi pipa air panas nantinya. Meskipun beberapa orang menyarankan untuk pemasangan instalasi air panas ini seharusnya bersamaan dengan pemasangan pipa air biasa, tapi jika rumahnya sudah jadi maka haruslah dibuat belakangan dan bersabar dulu sambil kami mengumpulkan uang.

Membuat Perencanaan Pendanaan

Karena semuanya nggak bisa langsung dipasang, alias memang diperlukan persiapan terlebih dahulu. Baik persiapan berupa sebuah plan hingga berapa budget yang akan diperlukan untuk memasang instalasi ini nantinya. Kemudian perlu dipikirkan dahulu apakah instalasi ini bisa suami pasang sendiri atau perlu menggunakan jasa pasang instalasi. Maka benar-benar budgetnya harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Dengan mengetahui perkiraan biaya yang dibutuhkan, maka tentunya bisa dipersiapkan tabungannya terlebih dahulu. Misalkan dengan menyisihkan berapa persen dari penghasilan atau melakukan investasi dan seterusnya.

Menentukan Titik Keran Air Panas

Penentuan titik ini bertujuan untuk bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau budget nantinya. Pada umumnya air panas dibutuhkan di kamar mandi, dapur, dan wastafel. Maka beberapa titik ini perlu dipersiapakn seperti apa instalasinya nanti.

Setelah itu, tentukan pula lokasi alat pemanas air. Tahap ini penting untuk menghitung kebutuhan pipa instalasi air dan menentukan jalur instalasinya. Jalur instalasi ini penting untuk dipikirakn agar instalasinya nanti nggak malah mengganggu pemandangan ketika sudah dipasang. Untuk menekan biaya, tentukan jalur/jarak terpendek antara titik keran dengan mesin pemanas air.

Menentukan Model Alat Pemanas yang akan digunakan

Sama halnya dengan penentuan titik letak, penentuan model pemanas ini juga sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja jika hanya untuk keperluan mandi dan wastafel, cukup dengan mimilih tangki yang berkapasitas 10 liter. Sebelum menentukan model pemanasnya, terlebih dahulu cari refrensi kira-kira model pemanas apa yang cocok untuk kebutuhan.

Alat ini dapat dipasang di dalam kamar mandi sehingga menekan kebutuhan pipa. Kapasitas tangki lebih besar (lebih dari 30 liter) dibutuhkan jika titik keran air panas lebih banyak. Alat ini sebaiknya ditempatkan di luar ruangan. Terlebih jika memilih pemanas jenis gas.

Memilih Material Pipa Instalasi

pipa kelen green adalah pipa air panas dan dingin dari rucika

Karena untuk bisa mendapatkan shower air panas di kamar mandi akan membutuhkan air panas, maka di sini diperlukan sebuah saluran yang menghubungkan sumber air dengan pipa keluaran. Karena temperaturnya tinggi, maka diperlukan sebuah jenis pipa yang kuat dan tahan panas. Meskipun ada banyak jenis pipa yang tersebar di pasaran, namun ada beberapa pipa yang direkomendasikan untuk digunakan dalam kasus ini.

Beberapa orang yang mengerti menyaran untuk menggunakan pipa air panas dengan material PVC (polyvinyl chloride) karena karakternya yang tebal dan kuat. Kemudian ada juga yang menyarankan memilih pipa dengan material PERT (Polyethylene of Raised Temperature Resistance). Atau kalau ingin lebih bagus lagi bisa menggunakan pipa berbahan dasar aluminium. Selain beberapa material di atas, aku pribadi setelah browsing lebih tertarik dengan Pipa Air Panas tipe Rucika Kelen Green.

Kenapa Memilih Pipa Air Panas Rucika?

Rucika Kelen Green adalah produk pipa air panas dan dingin yang digunakan dalam sistem perpipaan lengkap untuk kebutuhan air panas dan dingin bertekanan dengan jenjang produk yang luas. Materialnya dari bahan Polypropylene Random (PP-R) type 3 atau PP-R 80.

Tidak cuma itu, ternyata pipa Rucika Kelen Green ini juga sudah menggunakan sistem penyambungan heat fusion dengan alat pemanas polyfusion atau electrofusion, sehingga hasil penyambungan menjadi homogen atau senyawa sehingga menjamin kekuatannya, anti kebocoran, bebas perawatan & didesain agar mampu digunakan hingga 50 tahun.

For your information, sistem ini sebenarnya dirancang untuk sistem sanitari & saluran bertekanan pada: – Perumahan, industri, rumah sakit, hotel dan apartemen. – Sistem udara bertekanan. – Sistem air minum dan makanan cair. – Agrikultur (greenhouse & taman). – Sistem transportasi asam dan cairan agresif.

Daftar harga pipa air panas dan dingin kelen green rucika
Daftar harga pipa air panas dan dingin kelen green rucika

Rucika Kelen Green menawarkan sistem pipa air panas sekaligus sambungan pipa (fitting) untuk kebutuhan air panas dan dingin yang lengkap dengan standar DIN 8077, DIN 8078, DIN 16962 dan DIN 4726 mulai diameter luar 20 mm, 25 mm, 32 mm, 40 mm, 50 mm, 63 mm, 75 mm, 90 mm, dan 110 mm. Pipa air panas dan dingin untuk produk Rucika Kelen Green tersedia dalam kelas PN 10, PN 16 dan PN 20. Sedangkan sambungan pipanya tersedia lengkap dengan berbagai fungsi.

PN 10: Digunakan untuk mengaliri air dingin bertekanan. PN 16: Digunakan untuk saluran pipa air panas dan air dingin bertekanan. PN 20: Digunakan untuk saluran pipa air panas bertekanan.

Menentukan Untuk Memasang Instalasi Sendiri atau Menggunakan Jasa

Jika memang belum mengerti teknik perpipaan, maka sebaiknya gunakan jasa saja. Tinggal sesuaikan saja dengan budgetnya, atau terlebih dahulu berkonsultasi dengan yang mengerti. Karena menggunakan jasa instalasi pipa air panas ini jangan sembarangan dipilih, karena memang kita memilih untuk kebutuhan jangka panjang. Termasuk nantinya adalah perawatannya seperti apa.

Nah, itu sedikit cerita dari aku. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like