Salah satu temanku bertanya, “bahayakah mendapatkan modal usaha dari pinjaman online?”. Aku yang sedikit tahu tentang pinjaman online kemudian menanyakan tujuannya lebih detail. Soal pinjam uang secara online nggak bisa dianggap sepele. Jika salah langkah, bukannya untung, malah buntung.

Jadi, temanku ingin buka bisnis kuliner rumahan namun terkendala modal usaha. Emang sih, modal yang dia butuhkan nggak banyak, tapi di tengah pandemi sekarang ini siapa yang bisa meminjamkan sejumlah uang untuk bisnis yang mau merintis?

pinjaman online untuk modal usaha bisa dijadikan alternatif untuk mulai membuka bisnis baru

Mulai berjualan makanan ringan jadi jalan ninja temenku ini di mana secara finansial dia juga terdampak karena mewabahnya COVID-19 yang belum menemui akhir. Jadi, mau nggak mau ya dia harus cari pemasukan tambahan demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pusing karena sudah nyari sana sini tapi nggak kunjung dapat modalnya, dia pun melihat sebuah iklan yang menawarkan modal usaha melalui pinjaman online. Merasa tertarik sekaligus khawatir, dia coba berkonsultasi denganku. Bukan karena aku ahlinya, tapi ya bisa dibilang sharing lah gitu.

Bahayakah Meminjam Dana Usaha Secara Online?

Balik lagi ke pertanyaan bahaya nggak sih minjem duit secara online gini? Jawabannya 50-50. Bisa jadi bahaya, bisa jadi nggak.

Kamu akan aman jika meminjam dana usaha dari fintech yang terpercaya dan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebaliknya, jika tempat kamu meminjam uang adalah scammer atau lembaga abal-abalan? Ya tahu sendiri lah akibatnya.

Jika kamu ingin memulai sebuah usaha dan ingin mendapatkan modal usaha melalui pinjaman online, kamu harus mempertimbangkan banyak hal termasuk kemampuan kamu membayar cicilan tiap bulannya. Terlebih jika kamu memakai pinjaman uang tersebut untuk modal usaha, kamu harus bisa memastikan omset penjualan kamu dapat menutupi installment berikut bunga per bulan.

Selain itu, kamu juga harus cari informasi tentang platform yang ingin kamu coba, tanya dan konsultasi dengan teman atau pakar. Jangan coba-coba jika belum ada ilmunya.

Cara Memilih Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya

Nah, sebelum mengajukan dana pinjmaan online, ada baiknya kamu mengetahui beberapa panduan berikut ini agar kamu bisa memilih pinjol yang aman dan terpercaya.

Perusahaan terdaftar di OJK

Pilihlah perusahaan fintech yang sudah terdaftar di OJK untuk menghindari penipuan dan pinjaman online ilegal. Data peminjam akan terjamin aman dantidak disalahgunakan karena diawasi langsung oleh OJK.

Pahami besaran angsuran beserta bunga

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebelum melakukan pinjaman online untuk modal usaha, sebaiknya kamu menimbang berapa besaran yang bisa kamu sanggupi untuk menutupi angsuran bulanan. Hal ini diperlukan agar kamu bisa menyetor tepat waktu dan menghindari kredit macet.

Tersedia Layanan Pengaduan

Layanan pengaduan konsumen menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan karena layanan pengaduan ini akan kamu gunakan sewaktu-waktu jika kamu memiliki kendala. Pastikan juga layanan pengaduan yang dimiliki oleh sebuah fintech merespon dengan cepat dan solutif.

Pelajari kontrak pinjaman

Kontrak pinjaman adalah dokumen penting yang mengatur hak dan kewajiban peminjam dan pihak pemberi pinjaman. Mempelajari dan memahami kontrak ini diperlukan agar hak dan kewajiban masing-masing pihak telah terpenuhi dan disepakati.

Website atau aplikasi terproteksi

Website atau aplikasi yang kamu gunakan untuk mengajukan modal usaha melalui pinjaman online harus secured atau terproteksi dengan baik. Website atau aplikasi yang terproteksi dapat menjamin sekuritas data pribadi konsumen dan database lainnya yang menjadi rahasia perusahaan.

Dapatkan Pinjaman Online Terbaik dengan Tunaiku

tunaiku adalah pinjaman online terbaik yang aman dan terpercaya

Tunaiku adalah salah satu platform pinjaman online Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2014 dan berada di bawah naungan Amar Bank yang sudah beroperasi kurang lebih 20 tahun.

Tunaiku menjadi salah satu fintech pinjaman online terbaik karena komitmennya untuk memberikan layanan kredit tanpa angunan yang mudah aman dan terpercaya kepada masyarakat. Tunaiku menyediakan pinjaman dana untuk modal usaha, biaya pendidikan hingga biaya pernikahan.

Keunggulan Tunaiku adalah sebagai berikut;

  • Dana yang diajukan cepat cair terlebih bagi kamu yang perlu dana segera.
  • Data nasabah terjamin aman karena Tunaiku berada di bawah naungan bank dan terdaftar OJK.
  • Memiliki tenor yang panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit pinjaman hingga 20 juta rupiah.
  • Tidak memerlukan agunan saat mengajukan pinjaman

Nah, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa boleh saja mencari pinjaman dana usaha secara online asalkan tau ilmunya. Pilah pilih layanan pinjaman online memang diwajibkan agar tidak terjerat dengan pinjol gadungan yang hanya membuat kamu sakit kepala ujung-ujungnya. Dan bisa dipastikan bahwa Tunaiku bisa menjadi pilihan kamu untuk mengajukan pinjaman untuk modal usaha kamu.

 

 

 

1 Shares:
7 comments
  1. Iya, semua tergantung kita. Kalau melihat beberapa penjelasan tentang Tunaiku, aku juga sedikit percaya dengan jasa pinjol ini karena terdaftar di OJK. Semoga saja dalam praktiknya benar amanah.

  2. kalo dari hasil ngobrol sama tetangga aku yang kerja di bank, jadi sebenernya pinjaman online ini sama seperti koperasi di pasar, memang dibutuhkan oleh para pengusaha, dan yang uangnya berputar harian

    untuk mereka yang dagang,
    pastinya akan kebayar dan ketutup pinjaman onlinenya. beda sama kita yang gajian atau freelancer malahan —-> bisa nyengir ama bunganya

  3. Nah betuulll banget ini mba
    Namapun pinjaman/kredit, harus banget dipahami bahwa ini adalah hutang.
    Jadi, carilah fintech yg aman, terdaftar di OJK, dan kredibel.
    Semangaaatt untuk para pegiat UMKM yg mau kerjasama dgn Fintech yhaa

  4. Betul Mbak Jasmi, biasanya yang tersandung pinjaman on line karena ga ngukur kemampuannya

    Harusnya hitung dulu, berapa kesanggupan tiap bulan

    Dan jangan menganggap pinjaman online merupakan uang yang jatuh dari langit πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

  5. Betul bgt, tergantung kitanya
    Sesuai kebutuhan dan kemampuan bayar hehe
    Yg pasti fintechnya terdaftar OJK dong
    Tunaiku bisa jd pilihan terbaik πŸ™πŸ˜€

  6. Wah, iya tuh biasanya peminjam modal usaha takut kalau pinjaman online. Namun ternayta Tunaiku ini beda ya, udah terdaftar di OJK πŸ™‚ Mudah juga cara pinjamnya ga dibikin rempong. Yang penting ambil semampunya bayar nanti ya πŸ˜€ Tenor maksimal 20 mayan juga membantu banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like