Menikah merupakan bagian dari ibadah yang selalu dinantikan oleh setiap orang. Namun, ketika ingin menikah seringkali kita terbentur biaya untuk membuat pesta pernikahan. Biaya pesta pernikahan nilainya tidak sedikit. Namun dengan strategi perencanaan keuangan yang tepat calon pengantin bisa menyiapkan pesta pernikahannya dengan baik.

Perencanaan keuangan tiap individu pastinya berbeda-beda. Semua tergantung dari rentang waktu yang ingin dicapai. Jangka waktu untuk merencanakan keuangan dibagi menjadi 3. Jangka pendek, menengah, dan panjang. Untuk jangka pendek bisa dicapai dalam waktu hitungan bulan sampai dengan 2 tahun. Untuk jangka menengah bisa dihitung dari 2-5 tahun. Sedangkan untuk jangka panjang bisa lebih dari 5 tahun.

Umumnya pernikahan itu masuk ke jangka pendek atau jangka menengah. Semakin cepat mempersiapkan dana pernikahan, semakin baik karena bisa mengembangkan uang lebih banyak dengan instrument investasi yang tepat.

Di artikel ini saya ingin membagikan tips untuk menyiapkan dana pernikahan bagi teman-teman yang ingin menikah.

perencanaan keuangan untuk pernikahan adalah hal crucial bagi setiap calon pengantin

Mulai membicarakan dengan pasangan mengenai menabung bersama untuk persiapan pernikahan

Bila memang sudah serius untuk melanjutkan ke jenjang pernikahan, sebaiknya kita dan pasangan harus terbuka soal penghasilan. Dari sini kita bisa mengkalkulasi berapakah uang yang bisa kita sisihkan tiap bulannya. Lalu setelah ada kesepakatan bisa memulai untuk membuka rekening bersama dan mengirimkan uang secara berkala tiap bulan ke rekening tersebut. Strategi ini cukup ideal bila pernikahan akan dilakukan kurang dari 6 bulan. Cara ini harus dilakukan secara disiplin dan tidak boleh diambil untuk keperluan di luar pernikahan.

Memilih instrument investasi untuk merencanakan pernikahan

Tips perencanaaan keuangan lainnya untuk dana pernikahan adalah dengan menabung dalam jangka waktu yang lama. Bila pernikahan akan dilaksanakan dalam jangka waktu 1-2 tahun sebaiknya uangnya bisa ditaruh di deposito atau reksadana pasar uang. Pilih instrument investasi yang memiliki resiko kecil dan bersifat likuid. Daripada uang hanya ditaruh di rekening dan bunganya kecil, lebih baik dikelola oleh lembaga keuangan yang memberikan bunga yang kompetitif.

Mengurangi beli produk yang tidak mendesak

Seringkali kita melihat promo di mall atau toko online langsung ingin membeli karena impulsive buying. Sebaiknya sebelum pergi kita mendisiplinkan diri untuk membeli keperluan yang kita butuh saja. Kadang kita sulit membedakan apakah produk yang kita beli ini dibeli karena butuh atau kita sekedar mau saja. Oleh sebab itu, ketika melihat barang yang ingin dibeli, tanyakan berkali-kali ke diri sendiri,”Do I want it or I need it?”

Mengurangi pergi kencan makan di luar

Bila kita hitung-hitung, misalnya sekali kencan membutuhkan uang 200.000 tiap minggunya bila dikali 4 dalam sebulan kita mengeluarkan uang 800.000. Bayangkan bila uang ini kita tabung? Dalam setahun kita bisa mengumpulkan 9.600.000. Bila tetap ingin kencan di luar, sebaiknya frekuensinya dikurangi seperti misalnya satu bulan sekali.

Mencari penghasilan tambahan

Banyak sekali pekerjaan freelance yang bisa didapatkan untuk menambah uang bulanan. Misalnya saja dengan menjadi penulis, programmer, desainer, dan masih banyak lagi pekerjaan yang bisa dilakukan. Rajin-rajinlah membuka marketplace untuk freelance yang menawarkan pekerjaan.

Tentunya disesuaikan dengan keahlian yang kita miliki. Bisa juga dengan membuka usaha kecil-kecilan seperti berjualan makanan atau bisnis online dropship dari marketplace. Bila memiliki motor atau mobil juga bisa mendaftar menjadi supir ojek atau mobil online dan aktif setelah jam pulang kerja atau weekend. 

Jangan lupa untuk menyimpan uangnya dengan disiplin di rekening yang sudah dibuat atau konsisten menginvestasikan uangnya di instrument investasi yang aman.

Demikian tips perencanaan keuangan untuk menyiapkan dana pernikahan. Tidak ada kata mustahil, yang penting kita berusaha dan juga berdoa. Semoga rencana pernikahan teman-teman dapat dilancarkan dan dicukupkan hingga hari H.

Author: Inez Dwijayanti

0 Shares:
0 comments
  1. Terima kasih buat tipsnya Mbak, sangat membantu buat pasangan yang ingin berumah tangga.

    Saya juga pengen jalanin tipsnya sih, walau belum ada calonnya. Paling nggak saat ada calonnya nanti, sudah siap secara keuangan dengan tips ini. Aamiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like