Apakah kamu memiliki sebuah bisnis? Kalau iya, apakah kamu sudah mempromosikan produk kamu di Instagram? Jika belum, inilah saatnya kamu menggunakan platform ini untuk promosi. Jika sudah, apakah kamu sudah mengoptimasi Instagram kamu untuk promosi bisnis secara online?

Saat ini, sosial media khususnya Instagram sering digunakan sebagai media promosi online. Ini dikarenakan pengguna Instagram aktif di Indonesia mencapat lebih dari 60 juta penduduk. Justru itu kamu harus mengambil peluang ini untuk melakukan promosi agar kamu bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Instagram dianggap sosial media paling ampuh untuk melakukan promosi produk dan paling berpengaruh untuk meningkatkan omzet penjualan. Jadi, tidak heran sudah banyak sekali online shop di Instagram yang menawarakan produk mereka karena pendapatannya memang menjanjikan.

tips optimasi instagram untuk menjangkau pelanggan lebih jauh

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama bagaimana cara mengatur tampilan dan optimasi ftitu Instagram agar lebih banyak pengguna bisa melihat bisnis kamu. Nah, berikut beberapa tips optimasi fitur Instagram untuk mempromosikan produk kamu lebih luas.

Atur Instagram Menjadi Akun Bisnis

Untuk bisnis sudah barang tentu Instagram for Business sesuai untuk mempromosikan produk kamu. Instagran for Business dilengkapi dengan fitur Analytics di mana kamu dapat dengan mudah memantau performa sebuah feed melalui traffic dan juga jumlah penambahan follower.

Jika kamu belum memiliki akun Instagram, atau sudah punya tapi masih personal akun, maka kamu dapat dengan mudah menggantinya. Jika belum punya akun, kamu bisa mendonwload aplikasi Instagram di Playstore atau App Store dan sign up menggunakan email bisnis atau email personal kamu. Kamu juga bisa sign up menggunakan akun Facebook.

Setelah berhasil aktivasi akun Instagram, ubah akun menjadi akun bisnis dengan cara klik Setting, scroll ke bagian paling bawah dan klik Switch to Business Account.

Atur Privasi Akun Menjadi Publik

Untuk mengarahkan lebih banyak pengunjung, maka kamu harus mengatur privasi akun menjadi publik di mana postingan kamu bisa dilihat oleh siapa saja. Jika akses ke profil kamu dibuka untuk umum, maka follower akan mudah melihat produk dagangan kamu dan dengan mudah mencari informasi mengenaik produk kamu.

Pasang Foto Profil Menarik

Foto profil yang menarik adalah yang mampu mewakili identitas bisnis kamu. Foto profil bisa berupa logo bisnis yang eye-catching dan menarik. Jangan biarkan foto profil kamu kosong karena follower akan mempertanyakan kredibilitas bisnis kamu.

Buat Username yang Sesuai dengan Produk yang Dijual

Username adalah salah satu hal terpenting dalam optimasi Instagram untuk promosi bisnis online. Gunakan Username yang terkait dengan produk yang kamu jual. Misalnya, kamu menjual frozen food, maka usahakan untuk memasukkan kata ‘frozen food’ dalam username setelah nama brand kamu. Contoh: @mama_frozenfood, dll.

Tarik Pelanggan dengan Bio yang Menarik

Bio adalah identitas yang harus dijual kepada pelanggan agar mereka dapat dengan mudah terhubung dengan kamu. Buatlah bio yang singkat, padat, dan jelas dengan cara mengisi informasi yang dibutuhkan seperti alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pemesanan atau tanya-tanya soal produk, dan alamat website jika ada.

Kamu juga bisa memasukkan linktr.ee yang memuat semua link yang menuju ke akun sosial media kamu yang lainnya seperti Twitter dan Facebook. Bahkan link menuju nomor WhatsApp pun bisa dimasukkan ke akun linktr.ee kamu.

Optimasi Menggunakan Hashtag

Untuk menjangkau pengguna Instagram aktif lebih luas, kamu bisa mempromosi produk kamu melalui hashtag. Hashtag sering kali dianggap tidak perlu dan membuat caption jadi terlalu panjang. Itu anggapan yang keliru. Justru hashtag sangat berpengaruh dalam pemasaran produk secara online.

Menggunakan hashtag juga ada aturannya. Dalam satu postingan Instagram bisa dimasukkan maksimal 30 hashtag. Niko Julius di Channel YouTubenya mengatakan bahwa 30 hashtag ini bisa dibagi menjadi 3 dengan rasio 50:30:20, 15 High-Density Hashtag, 9 Low-Density Hashtag dan 6 Branded Hashtag. High-Density Hashtag adalah hashtag-hasgtag yang besar persaingannya, biasanya di atas 1 juta post, sedangkan Low-Density adalah kebalikannya. Branded Hashtag adalah hashtag yang merupakan brand kamu sendiri.

Gunakan hashtag yang sesuai dengan bisnis yang kamu kelola dan hindari copypaste. Kamu juga bisa memasukan hashtag ini di kolom komentar pertama postingan kamu.

Optimalkan Fitur Promote

Fitur promote memungkinkan postingan kamu masuk ke timeline pengguna lain sesuai dengan target yang telah kamu atur. Sebelum melakukan promosi, kamu bisa mengatur jangkauan/radius pengguna yang kamu targetkan untuk membeli produk kamu. Kamu juga bisa mengatur budget serta periode promosi.

Fitur promote ini mengharuskan kamu memiliki fanspage di Facebook yang nanti akan disambungkan dengan akun Instagram bisnis kamu. Kamu bisa melakukan promosi setelah mengisi saldo melalui akun fanspage kamu.

Pantau Insight secara Berkala

Dari insight kamu bisa melihat impresi yang dihasilkan dari sebuah postingan. Impresi adalah hitungan berapa kali postingan kamu muncul di timeline pengguna instagram. Kamu juga bisa maemantau hasil interaksi, berapa orang yang mengklik profil kamu, berapa orang banyak yang follow akun kamu, jumlah like, jumlah komen, jumlah user yang mengirimkan direct message hingga jumlah user yang menyimpan postingan kamu dalam koleksi.

Insight ini sangat diperlukan sebagai parameter berhasil atau tidaknya postingan kamu. Dengan evaluasi insight secara berkala, kamu dapat meningkatkan kualitas postingan dan eninjau kembali target promosi kamu.

Tambah Follower

Follower adalah prestige sebuah akun bisnis. Semakin banyak follower maka semakin besar target market yang bisa dicapai. Sebuah akun Instagram bisnis harus mampu meningkatkan jumlah follower secara bertahap dan secara organik. Follower organik adalah follower aktif yang bersedia mengikuti akun kita karena konten atau produk yang kita jual menarik.

Cara menambah follower organik bisa jadi dengan memfollow pengikut akun kompetitor atau bisa dengan membuat kontes Giveaway dengan syarat follow akun bisnis kamu.

Temukan Dream Customer

Dari follower Instagram, kamu bisa menemukan dream customer yaitu pelanggan yang memang menyukai dan butuh produk kamu. Misal, kamu menjual frozen food, bisa dipastikan kebanyakan follower kamu adalah yang suka dan membutuhkan frozen food untuk solusi cemilan sehari-hari mereka. Dream customer ini bisa berupa pelanggan setia ataupun mitra yang ingin bekerja sama, seperti reseller produk kamu, misalnya.

Jaga Interaksi Dengan Follower

Salah satu tips optimasi Instagram untuk promosi bisnis secara online lainnya adalah dengan menjaga interaksi dua arah dengan follower yang bisa dibilang calon pelanggan kamu. Sering-seringlah merepost story mereka jika mereka menge-tag akun kamu di instastorynya. Kamu juga harus rajin membalas komen follower dan cepat menjawab saat ada yang bertanya soal produk yang kamu jual.

Aktif Posting Story dan Feed

Update postigan kamu setiap hari dan perbanyak bercerita tentang produk kamu di instastory. Dengan aktif meng-update postingan Instagram, kamu bisa menaikkan impresi postingan dan bisa menumbuhkan follower secara organik.

Tips optimasi Instagram ini adalah tips yang menjadi kunci promosi bisnis secara online karena butu komitmen dan kreativitas tinggi untuk memunculkan ide-ide baru sebagai konten promosi.

Perhatikan Kerapian Feed

Kerapian feed sering dilakukan oleh pembisnis dalam mempromosikan produknya secara online karena feed yang rapi cenderung enak dipandang dan mengundang lebih banyak follower yang mengunjungi profil kamu.

Kamu bisa menggunakan template untuk Instagram bisnis yang dijual atau mebuatnya sendiri agar postingan kamu nampak lebih menarik.

Perhatikan Jadwal Postingan

Promosi bisnis online bisa melalui Instagram yang dipercaya mampu mendatangkan traffic pelanggan yang besar

Jadwal postingan adalah hal yang sangat berpengaruh untuk mengundang like dan komen follower. Para ahli di bidang digital marketing menyarankan untuk memposting 3 kali sehari pada jam tertentu yaitu jam 7-8 pagi, jam 12-13 siang, jam 18-19 malam. Waktu-waktu ini dinilai efektif untuk meningkatkan engagement postingan.

Jadwal postingan perlu diatur sedemikian rupa dan harus diperhatikan juga jumlahnya agar tidak mengganggu follower karena postingan yang berlebihan.

Gunakan Caption yang Kreatif

Caption yang kreatif adalah PR terbesar dari optimasi Instagram untuk promosi bisnis secara online. Caption yang kreatif adalah caption yang tidak kaku dan menggunakan bahasa copywriting yang baik dan benar. Caption juga harus mengandung informasi lengkap dari produk yang dijual.

Caption juga sering dikaitkan dengan Call to Action (CTA) yang merupakan sebuah ajakan kepada follower untuk merespon postingan dengan harapan follower akan mengunjungi website atau nomor handphone kamu untuk membeli produk.

Isi dengan Konten yang Menarik

Selain postingan berupa foto, kamu bisa menyelingi postingan dengan video ataupun informasi-informasi yang terkait dengan produk melalui infografis. Sebagian pembisnis juga membuat IGTV yang merupakan film pendek yang dikemas dengan lucu atau emosional untuk membuat follower betah dengan akun bisnisnya.

Untuk tips optimasi Instagram yang ini, kamu sebaiknya memiliki tim kreatif untuk branding bisnis yang lebih bagus.

Kerjasama dengan Influencer

Optimasi Instgaram untuk promoi produk melalui akun bisnis saja kadang dianggap tidak cukup. Pembisnis perlu mengajak kerjasama influencer untuk memasarkan produk lebih luas.

Influencer punya audiencenya sendiri yang mampu mengkampanyekan produk kamu untuk jangkauan follower yang lebih luas. Promosi produk melalui influencer juga memungkinkan kamu menambah follower akun kamu.

Tampilkan Testimoni

Buat slot khusus di IG Story untuk testimoni pelanggan yang puas dengan produk kamu. Testimoni atau review produk sangat berpengaruh untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak. Pembeli secara online cenderung membaca review yang diberikan oleh pelanggan sebelumnya sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Buat Highlight Story

Highlight story memudahkan follower mencari produk sesuai dengna jenis atau kategori. Highlight bia juga dijadikan katalog yang berisikan informasi lengkap tentang sebuah produk mulai ari bahan, harga, stok barang, hingga testimoni pelanggan.

Verifikasi Akun

Jika kamu sudah merasa branding kamu sudah cukup kuat, maka saatnya kamu membuat akun kamu terverifikasi dengan tanda centang biru. Akun yang sudah centang biru cenderung menjadi akun yang punya kredibilitas dan dipercaya sehingga timbul adanya trust pada follower untuk membeli atau re-purchase produk kamu.

Nah, setelah tahu 20 tips optimasi Instagram untuk promosi bisnis secara online, sudahkah kamu memutuskan apa yang harus kamu kerjakan untuk Instagram kamu sekarang? Segera buat Instagram kamu lebih baik dan menjadi pundi-pundi rupiah bagi kamu.

1 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like