Mengatasi sulit buang air besar (BAB) seringkali dianggap gampang karena sudah banyak obat pencahar yang dijual. Tahukah kami ternyata ada cara alami uuntuk membantu melancarkan BAB?

Sembelit atau sulit buang air besar (BAB) adalah masalah yang sering dirasakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Salah satu penelitian mengemukakan bahwa sekitar 80 persen penduduk dunia pernah mengalami BAB tidak lancar.

cara mengatasi sulit buang air besar dengan alami dapat dilakukan dengan mudah

Apa sih ciri-ciri orang yang sembelit? Seseorang yang frekuensi BAB nya kurang dari 3 kali seminggu, bisa dikategorikan sebagai orang yang menderita sembelit. Selain itu, kotoran yang keras, kering dan kecil-kecil hingga ans terasa sakit saat mengenjan adalah tanda lainnya dari penderita susah bab. Sembelit ini juga sering kali berbarengan dengan rasa begah atau kembung, mual dan keram perut.

8 Cara Mudah Mengatasi Sembelit secara Alami

Sembelit bisa terjadi karena 3 faktor, yaitu kurang mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran, kurang minum air putih dan sedikit melakukan kegiatan fisik seperti olahraga.

Sembelit memang membuat perut tidak nyaman, namun ada baiknya untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi obat pencahar karena dapat menimbulkan efek samping seperti perut melilit dan memungkinkan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Mengatasi sembelit dengan cara alami tentunya lebih aman dan minim bahkan tidak ada efek sampingan sama sekali. Berikut 8 cara melancarkan BAB atau sembelit dengan alami, dilansir dari berbagai sumber.

1. Memperbanyak Minum Air Putih

Kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi bisa menimbulkan sembelit. Salah satu cara mudah mengatasinya adalah dengan banyak minum air putih yang mampu melunakkan kotoran sehingga mudah dikeluarkan.

Mengkonsumsi delapan gelas air putih perhari sangat diperlukan untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dan dapat membantu lambung mencerna makanan dan mendorongnya ke usus kecil. Selain itu air putih juga punya peran penting untuk membantu proses pengolahan sisa makanan pada usus besar dan membantu pengosongan kotoran dalam usus sigmoid.

2. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa makanan berserat mampu mengatasi sembelit dan melancarkan proses pembuangan secara alami. Menurut para ahli, makanan yang mengandung serat berfungsi mengikat air dan memperlancar pencernaan. Jika seseorang mengkonsumsi makanan berserat tinggi, maka buang air besarnya bisa lancar setiap hari.

makanan kaya serat dapat mengatasi masalah sembelit

Makanan berserat yang dianjurkan dan efektif menghilangkan sembelit yaitu seperti gandu, pisang, jeruk, apel, alpukat, mangga, stroberi, wortel, asparagus, sayuran hijau, nasi merah, tomat, brokoli, dan kacang-kacangan. Makanan dengan kandungan serat tinggi juga bagus untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

3. Konsumsi Air Jahe

Minuman jahe diketahui bisa digunakan sebagai pencahar alami karena mampu menaikkan suhu panas dalam badan. Suhu panas ini kemudian menstimulasi usus untuk meningkatkan performanya.  Jahe adalah bumbu dapur yang mudah didapat yang mengandung zat gingerol. Gingerol berfungsi sebagai antioksidan dan mampu menjaga tubuh dari peradangan.

Jahe sering dijadikan ‘ramuan penghangat’ yang berkhasiat bagi tubuh. Untuk mengurangi sembelit, ambillah jahe seruas jari, cuci dan kupas kulitnya. Memarkan jahe (atau dipotong tipis) kemudia seduh dengan air panas. Selain itu, kamu juga bisa merebus jahe untuk ekstrak yang lebih maksimal.

Minumlah air jahe hangat satu hingga dua kali setiap hari setalah makan. Jahe dapat mengatasi masalah sembelit dan perut kembung dengan cepat.

4. Air Lemon

Air lemon adalah cara melancarkan BAB lainnya secara alami. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon mampu menghadang racun di usus dan berperan sebagai pendorong keluarnya racun dari tubuh melalui feses.

Cara mengkonsumsinya juga sangat mudah. Cukup campurkan 1-2 sendok makan air lemon ke dalam segelas air putih hangat atau teh hangat. Konsumsi secara rutin di pagi hari. Minum air lemon secara teratur tidak hanya memperlancar BAB melainkan dapat juga meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dalam waktu yang panjang.

5. Rajin Olahraga

Cara mengatasi sulit buang air besar lainnya adalah dengan banyak gerak. Aktivitas fisik seperti olahraga juga dapat meningkatkan kerja usus sehingga mencegah terjadinya sembelit. Kurang gerak mampu memicu terjadinya sembelit khususnya bagi orang dewasa dan lansia. Lantas apa hubungannya olahraga dengan kesehatan pencernaan?

Olahraga dapat meningkatkan pergerakan pada otot perut dan memberikan tekanan pada saluran pencernaan. Pergerakan ini kemudian berperan untuk mengatasi gejala sembelit. Olahraga yang dilakukan tidak mesti olahraga berat. Cukup olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau jalan kaki sekitar 15 menit saja sudah bisa meningkatkan sistem metabolisme.

Gerakan usus yang lancar membantu pergerakan sisa makanan dalam usus besar dan menjadikan kotoran lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan. Perlu diingat, olahraga yang terlalu berat dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan karena tekanan yang terlalu kuat.

6. Minum Kopi

kandungan kafein dalam kopi dapat menyeimbangkan bakteri baik dalam usus

Kafein dalam kopi bisa merangsang otot-otot di struktur pencernaan untuk berkontraksi hingga muncul rasa ingin buang air besar. Secangkir kopi yang diminum saat masih hangat dapat melancarkan BAB.

Sebuah penelitian di Houston, Texas menemukan bahwa usus peminum kopi lebih sehat karena mampu meningkatkan jumlah bakteri baik jaitu Faecalibacterium dan Roseburia yang berperan sebagai anti-inflamasi dalam tubuh.

Penelitian lain menyebutkan bahwa kandungan kafein pada kopi dapat merangsang usus 60% lebih kuat daripada air putih. Kopi juga mengandung sedikit serat larut yang mampu mencegah terjadinya sembelit dan mengatur keseimbangan bakteri dalam usus. Jadi, minum kopi secangkir atau dua cangkir setiap hari mampu mengatasi sulit buang air besar.

7. Mengkonsumsi Buah Prune

Buah plum kering bisa menahan sembelit dan bisa menahan kanker usus besar atau kolorektal. Sama halnya dengan kismis atau jenis buah-buahan kering lainnya, kandungan dalam buah prune atau plum kering rupanya mampu melegakan sembelit.

Jumlah serat yang tinggi dan memiliki sifat tidak mudah larut akan mempercepat pergerakan makanan sisa dalam pencernaan. Tidak hanya itu, kandungan sorbitol, yang disebut alkohol gula bisa pula memiliki fungsi menjadi pencahar alami. Tetapi, ada hal utama yang harus diperhatikan, jika memakan kebanyakan buah prune bisa pula menimbulkan masalah pada pencernaan, seperti diare.

8. Coba BAB dengan Cara Jongkok

Toilet duduk memang membuat nyaman, tapi untuk melancarkan BAB tiolet jongkok lebih dianjurkan. Peletakan lutut dan kaki sisi atas 90 derajat saat jongkok bisa membuka dubur hingga feses yang dikeluarkan lebih maksimal dan melegakan. Jika kamu mengalami masalah sembelit, cobalah berjongkok di toilet saat BAB.

Jika di rumah menggunakan kloset duduk, kamu dapat mencobanya dengan meletakkan kursi untuk pijakan kaki agar lutut terangkat paling tidak lebih tinggi dari perut. Posisi jongkok memberikan tekanan pada otot-otot perut dan usus besar hingga membantu pengosongan usus lebih gampang dan mengatasi sulit buang air besar.

Kesimpulan

Teknik di atas setidaknya bisa menolong menstimulasi BAB dengan mudah, namun untuk mencegah sembelit supaya tidak terjadi lagi , mulai sekarang cobalah untuk menerapkan pola hidup yang sehat. Awasi juga makanan yang tinggi lemak dan rendah serat, seperti keju, produk susu, dan makanan buatan yang bisa jadi memperburuk sembelit. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

1 Shares:
73 comments
  1. Nggak enak banget memang susah BAB tuh, kaya kembung dan sakit adan. harus diusahakan supaya ke belakang lancar jadi metabolisme tubuh juga berjalan dengan baik.

  2. Nah saya biasa bingung ini kalau punya masalah sembelit atau susah BAB. Baca postingan ini jadi tercerahkan. Salah satunya ya memang kita kudu rajin makan makanan berserat ya

    1. Anak-anak sistem metabolismenya masih bagus sih ya. Kadang walau gak makan makanan berserat juga masih bisa BAB. Cuma lebih baik sih disuruh juga makan sayur dan buah untuk gizi seimbang.

  3. Sembelit tuh emang gabikin enaken banget, pasti aku larinya ke pepaya sama air putih banyak-banyak. Tapi gak jarang juga sama kopi sih, apapagi kalau lagi selow ga kemana2, dahlah langsung lancar jaya dan enaak XD

  4. Aku setuju nih dengan poin terakhir kudu BAB dengan cara jongkok soalnya kalau duduk malah lebih lama lagi. Tapi kelemahannya saat jongkok lama-lama gitu pasti kesemutan karena BAB saat konstipasi itu membutuhkan waktu yang lama.

  5. Ternyata minum kopi bisa untuk BAB juga ya kak. Aku baru tahu lho. Nice nih. Kebetulan aku doyan ngopi wkwkwkw
    Kira-kira kalau anak mengalami sembelit, bisa konsumsi kopi juga nggak ya

  6. wah aku baru denger nih tentang buah prune. Ternyata bisa untuk mengatasi konstipasi yaaa. Makasi sharingnya kakaaa

  7. Banyak nih yg bisa buat ngelancarin BAB secara alami, bisa dicoba tuh. Btw sebagai tukang ngopi, aku juga ngerasain manfaatnya membantu lancar BAB, hehe.

  8. Ternyata minum kopi melancarkan BAB juga tho.

    Aku pernah baca beberapa ahli malah menjadikannya sebagai terapi enema kopi.

    Tapi kalo bumil macam aku lebih pilih buah aja deh, biar ngga sembelit, hehe….

  9. Alhamdulillah, saya BAB setiap hari, apalagi kalo abis makan pedes banget, wkwkwkwk… Udah kayak burung. Saya berusaha untuk gak kurang minum air putih, karena semua penyakit biasanya disebabkan kurang minum air putih

  10. Wow. Kafein juga bisa mengatasi sulit buang air besar juga, Kak. Baru tahu dong aku. Banyak yang bilang kan jangan kebanyakan kafein begitu. Mana aku tu suka sama kopi. Meski kopi instant sih. Hehehehe….

  11. Wah wah, ternyata kopi juga bisa melancarkan BAB. Baru tahu nih saya. Bagus juga ternyata ya manfaat kopi. Selama ini hanya saya anggap santuy time buat relax, tetapi di balik semua itu ada manfaat yang luar biasa. Pecinta kopi harus bersyukur banget nih.

  12. Air jahe memang berkhasiat ya untuk pencernaan kita, dan yang bikin kecenya adalah minum kopi juga bagus untuk mengatasi sembelit ternyata, baru tahu melalui artikel ini.

  13. BAB memang mengggangu ya mbak
    makanya buar BAB lancar aku selalu minum air putih yg banyak dan juga perbanyak makan serat, buah buah khususnya seperti pepaya dan pisang

  14. Saya tidak termasuk yang sulit BAB, tapi bener kalau minum kopi, jadi sering BAB, dan biasanya abis minum, selang beberapa menit kemudian dipastikan ke toilet. Tapi sejatinya saya memang tidak cocok minum kopi, selain jadi mudah BAB, juga bikin perut kembung dan mual, bahkan muntah. Pilihan minum kopi bagi yang punya maag tidak disarankan karena bisa memperparah.

  15. Minum air putih cukup itu keharusan. Saya pribadi meski sudah makan cukup serat, tapi kalo minumnya kurang atau sedikit banget, ya tetap aja BAB jadi keras. Gak enak banget, apalagi kalo sampai ambeyen. Huhuhu.

  16. Kopi ternyata bisa meredakan sembelit yaa aku baru tau nih, well noted dan memang terbukti sih abis nyeruput kopi biasanya langsung perut bergejolak

  17. Tentang kopi lebih sehat, sepertinya perlu digarisbawahi nih 😀 Kopi asli, tentunya ya. Bukan kopi instan yang kebanyakan campuran, dan kadang malah tanpa kopi. Cuma essens kopi. :).

  18. Waw terima kasih tipsnya mba, beneran iki klo susah bab bikin auto panik, aq biasanya mkn buah atau bener minum kopi mba, karena biasanya aq klo minum kopi suka mulez hehe

  19. baru tau kalo kopi membantu mengatasi sembelit
    Saya sih kalo sembelit ikut cara minum air putih yang banyak
    trus setiap hari diusahakan makan sayur berserat
    sekarang malah mengganti nasi putih dengan nasi merah

    1. Apalagi di Bandung mah sayuran banyak ya, Ambu. Macam-macam daun bisa dijadikan santapan. Termasuk pucuk daun mangga, daun labu, daun jambu mete, daun kunyit… :))

  20. Air putih memang jangan sampai kurang. Kopi pun lumayan ngefek buat saya. Katanya kan kopi bikin gak ngantuk. Tetapi, kalau saya malah efeknya jadi mules 😀

  21. belakangan ini aku juga mengalami susah BAB, mba
    Padahal minum air putih sehari min. 2 liter, makan sayur buah ok, olga juga.

    setelah kupikir2 kayaknya daku STRES 😀
    Akhirnya pelan2 aku berusaha mengenyahkan stres ini deh

  22. Aku baru tau kalo air jahe mempermudah BAB. Kalo aku sih biasanya minum air putih hangat selain itu juga kopi hangat dan biasanya posisi BAB-ku juga jongkok. Gimana kalo cara yang kulakukan itu gagal? Kalo pengen cepet BAB, biasanya aku konsumsi obat herbal yang dijual di toko obat, sembari mengevaluasi makanan yang udah aku konsumsi apakah kaya atau miskin serat.

    1. aku juga penganut: kalau ada herbal kenapa harus pencahar. obat sembelit paling gampang ya pepaya atau pisang. paling gampang lagi cuma minum air putih aja yang cukup. Beres deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like