Sekarang ini pembisnis sudah menggunakan pemasaran secara online untuk mendapat lebih banyak pelanggan. Salah satu media yang digunakan adalah aplikasi WhatsApp Business. Namun ada beberapa cara memaksimalkan WhatsApp Business untuk promosi produk yang harus diperhatikan.

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan penggunaan aplikasi chatting ini untuk menjual atau membeli produk. Aplikasi ini dianggap sangat mudah digunakan karena penjual dan pembeli dapat berinteraksi dengan mudah dan cepat.

WhatsApp awalnya diciptakan sebagai aplikasi chatting online yang menggunakan sambungan internet untuk interaksi antar dua orang. Aplikasi ini bersifat privacy namun dinilai ampuh untuk dijadikan media promosi secara online.

memaksimalkan whatsapp business untuk promosi produk perlu diperhatikan oleh pembisnis kelas kecil

WhatsApp kemudian hadir dengan inovasi terbaru yaitu WhatsApp Business yang memudahkan penjual melakukan promosi dan mencapat target market yang inginkan. WhatsApp Business juga dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik yang mendukung aktivitas promosi produk.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai upaya pengoptimakan fitur-fitur WhatsApp untuk memudahkan pembeli mendapatkan informasi mengenai produk yang dijual. Fitur ini juga memudahkan penjual untuk mempromosikan produk dan berinteraksi dengan pembeli sampai proses closing produk.

Berkut adalah 5 tips memaksimalkan WhatsApp Bussiness untuk promosi produk dan meningkatkan angka penjualan.

Manfaatkan Status untuk Promosi

Penjual biasanya akan memposting sejumlah foto produk yang akan dijual melalui status. Calon pembeli yang berminat biasanya akan merespon status tersebut dengan fitur mngirim pesan langsung ke penjual untuk informasi lebih lanjut.

Hanya saja ada sedikit kekurangan melakukan promosi melakukan fitur status ini. Pelanggan dan penjual harus sama-sama menyimpan nomor kontak agar sama-sama bisa melihat status yang diposting. Justru itu promosi melalui WhatsApp biasanya menargetkan pelanggan terdekat dan pelanggan tetap.

atur fitur bisnis dengan tepat untuk memudahkan berhubungan dengan pembeli
Sumber: bloggermuntilan.com

Gunakan Pesan Otomatis

Cara memaksimalkan WhatsApp Business untuk promosi produk lainnya adalah dengan menggunakan pesan otomatis. Ada 3 jenis pesan otomatis yang bisa digunakan untuk membalas pesan secara instan.

Yang pertama, send away message atau kirim pesan di luar jam kerja. Fitur ini digunakan untuk membalas chat pelanggan saat penjual sedang tidak berada di tempat. Pesan defaultnya berisi “Terima Kasih atas pesan Anda. Kami sedang tidak ada saat ini, tetapi akan merespon secepat mungkin”.

Yang kedua adalah Greetings atau pesan berupa salam. Pesan ini adalah pesan sapaan bagi pelanggan yang pertama kalinya mengirim pesan atau pelanggan yang mengirim pesan kembali setelah 14 hari. Pesan ini berisi sapaan dan tawaran bantuan seperti “Hai, terima kasih sudah menghubungi kami. Ada yang bisa dibantu?”

Yang ketiga adalah Quick Reply atau balas cepat. Fitur ini memungkinkan penjual mengatur pesan pintasan hanya dengan mengetik kata kunci khusus. Misalnya pintasan untuk kata /thanks bisa berisi pesan Terimakasih sudah membeli produk kami. Semoga bermanfaat. Untuk mengaktifkan shortcut ini, ketikkan tanda / diikuti kata kunci.

Ketiga pesan ini bisa diubah mengikuti gaya bahasa yang diminati. Disarankan untuk menggunakan bahasa santai agar hubungan antara penjual dan pembeli terkesan hangat.

Optimasi Informasi Profil

Informasi mengenai bisnis harus ditulis secara detail di profil penjual, berisi nama brand, nomor handphone, deskripsi mengenai bisnis, kategori produk yang dijual, alamat bisnis, jam kerja, email yang bisa dihubungi untuk tujuan kemitraan, hingga alamat website jika ada.

Sama seperti optimasi instagram, optimasi WhatsApp Business juga dilakukan dengan memberikan foto profil yang mampu mewakili bisnis yang sedang dikelola, bisa berupa logo brand atau foto produk terbaik.

Share Link Nomor WhatsApp

Untuk memudahkan pembeli berhubungan dengan penjual, ada fitur link nomor WhatsApp yang bisa dikirimkan ke setiap orang tanpa batas. Link ini akan mengantarkan pembeli langsung ke chatbox dengan penjual tanpa harus menyimpan nomor secara manual.

Ada fitur pesan default yang memudahkan pembeli langsung mengirimkan pesan sebagai tanda bahwa pembeli berminat dengan produk yang dijual. Contohnya ‘Kak, saya berminat dengan produk ini. Masih available kah?’. Pembeli bisa langsung menekan tombol ‘kirim pesan’.

Optimasi Fitur Katalog

Fitur katalog mdibuat agar penjual bisa menampilkan produk secara online dengan keterangan berupa deskripsi produk, harga, tautan dan kode item jika ada. Deskripsi produk disesuaikan dengan produk yang dijual.

Melihat potensi penjualan menggunakan WhatsApp Business, tidak heran banyak pembisnis khususnya yang memiliki usaha kecil dan menengah menggunakan aplikasi ini dan memaksimalkan aplikasi ini untuk promosi produk dan mendapatkan lebih banyak pembeli.

 

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Blog Baru Resolusi Baru

Sumber: http://pamongreaders.com/ Assalamu’alaikum.. Aloha..Gimana kabarnya nih? Saya mau curhat, tapi gak tau harus mulai dari mana. Udah lama gak…