Pemanfaatan media promosi online oleh pembisnis besar dikatakan efektif menjangkau pelanggan lebih luas. Hal ini juga berlaku bagi penggiat Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang mulai merambah ke dunia digital untuk promosi produk mereka.

Menurut beberapa studi, promosi produk secara online lebih populer dan efektif untuk meningkatkan penjualan mengingat tingginya pencarian produk melalui perangkat yang terkoneksi internet. Justru itu, pembisnis dan pelaku UKM mengikuti arah angin untuk menerapkan promosi secara digital tanpa meninggalkan pemasaran bersistem offline.

Kenapa demikian? Melakukan promosi melalui media online mampu menjangkau lebih banyak calon pembeli potensial dan mampu meningkatkan omset penjualan. Media promosi online juga biasanya digunakan untuk membangun citra sebuah produk atau lebih dikenal dengan istilah brand awareness.

Adaptasi jalur pemasaran online bagi UKM tentu saja sangat diperlukan mengingat di era digital ini, lebih mudah menemukan konsumen secara daring dibandingkan konsumen yang langsung datang ke toko (offline). Terlebih kondisi dunia saat ini mengharuskan kita melakukan aktivitas dengan pola keseharian baru atau disebut juga New Normal.

media promosi online adalah platform kekinian yang digunakan untuk memperkenalkan produk

Apa Itu Promosi Online?

Promosi online juga sering disebut pemasaran digital yaitu memperkenalkan sebuah produk menggunakan teknologi internet. Menurut wikipedia, pemasaran digital merupakan suatu usaha untuk memperkenalkan sebuah brand lebih luas dengan menggunakan media digital untuk mendapatkan pelanggan secara mandiri dan relevan serta pada waktu yang tepat.

Sumber lain mengatakan bahwa promosi online adalah mengkomunikasikan suatu barang atau jasa baik secara verbal maupun visual melalui teknologi digital untuk menarik konsumen agar membeli produk tersebut dan mendapatkan keuntungan.

Intinya, promosi online adalah iklan yang kita sebarkan melalui platform digital untuk mendapatkan target market yang sesuai dan meraup keuntungan dari penjualan. Afrig Wasiso dan Alfan Robbani penulis buku Scale Up mengatakan bahwa pemasaran digital adalah pemasaran paling praktis yang dapat dilakukan untuk melihat reaksi pasar tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Lantas apa tujuan melakukan pemasaran secara online? Tujuannya jelas bahwa melakukan promosi secara online akan menjangkau konsumen yang tepat lebih luas lagi, meningkatkan penjualan, dan membangun interaksi antara penjual dan pembeli untuk mengembangkan reputasi sebuah produk.

Lantas media promosi online itu apa? Media adalah wadah yang digunakan untuk beriklan, baik secara gratis maupun berbayar. Media ini mengintegrasikan kecanggihan teknologi dan tingkat gaya hidup manusia yang sekarang ini bergantung pada perangkat digital.

Media Promosi Online untuk UKM

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa media digital adalah flatform modern yang digunakan untuk pemasaran produk yang dapat diakses dengan jaringan internet melalui ponsel ataupun laptop. Promosi melalui media online ini dijadikan strategi pemasaran andalan oleh para UKM untuk mendapatkan calon pembeli yang tepat.

Peluang pemasaran secara digital ini didasari dengan ramainya pengguna internet saat ini yaitu hampir 50% dari populasi dunia. Sehingga muncullah inovasi-inovasi lainnya yang memudahkan pembeli melakukan transaksi online.

Bagi UKM penggunaaan media digital ini diharapkan mampu memperkenalkan produknya secara mandiri agar mampu menumbuhkan kepercayaan calon konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan. Sudah saatnya bagi UKM melakukan pemasaran lebih luas ketimbang hanya promosi melalui store atau mengikuti pameran saja.

Nah, apa saja saluran yang bisa digunakan untuk mempromosikan secara online?

Sosial Media

Media sosial adalah platform yang sering digunakan untuk promosi online karena pengguna sosial media di dunia mencapai 70% dari populasi pengguna internet. Awalnya sosial media digunakan sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan teman ataupun keluarga di mana user dapat mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh user lainnya.

Ada banyak sekali sosial media yang bisa dijadikan media promosi, namun ada 3 sosial media paling berpotensi untuk mendapatkan penjualan yaitu Facebook, Twitter, dan Instagram. 3 sosial media ini adalah sosial media terbesar dengan pengguna aktif yang lebih banyak.

Facebook

Facebook adalah salah satu media sosial yang dapat diunduh secara gratis melalui ponsel. Langkah registrasi akun juga sangat mudah. Pelaku UKM hanya memerlukan sebuah email dan data diri. Facebook juga sudah dilengkapi dengan fitur Fanspage untuk pelaku bisnis yang lebih komersil. Ada juga fitur Marketplace di mana UKM dengan mudah dapat mengupload foto dagangan mereka melalui fitur ini dan mendapatkan pelanggan.

Ada juga Facebook Ads atau iklan Facebook yang bisa digunakan untuk promosi produk lebih luas lagi. Banyak UKM yang sudah menggunakan fitur ini dan mendapatkan keuntungan lebih besar dari penjualan. Postingan yang diiklankan akan muncul di timeline user yang telah ditargetkan menjadi calon pembeli. Facebook Ads ini berbayar namun bisa diatur besaran budget yang akan dikeluarkan untuk promosi per postingannya.

Instagram

Instagram adalah salah satu platform yang sering digunakan online shop untuk promosi prosuk
Rindu Premium Hijab menggunakan Instagram sebagai platform online untuk melakukan pemasaran

Instagram adalah media sosial yang awalnya digunakan untuk mengunggah foto dan video pengguna saja. Namun, sekarang pemanfaatan media sosial Instagram untuk promosi produk UKM juga telah dilakukan. Jadi, tidak heran di Instagram banyak sekali online shop yang bersaing mendapatkan dream customer mereka masing-masing.

Untuk menjadikan Instagram sebagai media promosi online, tentu perlu adanya optimasi agar promosi bisa tepat sasaran dan mudah melakukan closing. Optimasi Instagram dapat dilakukan dengan membangun interaksi dengan user aktif lainnya melalui feed, story dan pemanfaatan hashtag.

Twitter

Twitter adalah media sosial yang masih sering digunakan oleh user. Twitter bisa dijadikan salah satu media untuk menambah angka penjualan dan menjadi media potensial untuk menawarkan produk walaupun dibatasi jumlah karakter untuk informasi produknya. Namun bisa diakali dengan membuat thread atau rangkaian tweet yang tersambung.

Promosi melalui twitter juga perlu optimasi agar menjangkau calon konsumen yang lebih banyak yaitu dengan menggunakan hashtag atau membuat thread tentang topik yang sedang hangat dibicarakan. Media promosi online ini biasanya menyasar anak muda sebagat target market.

Marketplace

Istilah marketplace ini sudah sering didengar dan sudah sangat berkembang di Indonesia. Marketplace adalah sebuah website yang berisi kumpulan toko online dan memfasilitasi proses jual beli antara toko dan pelanggannya.

Konsep marketplace ini sebenarnya sama saja dengan pasar tradisional di mana penjual bertanggungjawab untuk melayani pembeli seperti menjawab pertanyaan konsumen, packing barang, pengiriman barang dan menangani komplain. Fungsi marketplace hanya perpanjangan tangan antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.

Akhir-akhir ini marketplace menjadi primadona belanja online karena menawarkan fitur gratis ongkos kirim yang memungkinkan pembeli untuk lebih hemat. Selain fitur gratis ongkir (yang tentu saya mengikuti Syarat dan Ketentuan marketplace itu sendiri), pelaku UKM juga bisa membuat toko maya yang ditampung oleh marketplace. Jadi, selain memiliki toko fisik, UKM juga bisa memiliki toko online.

Website Pribadi

contoh tampilan website pribadi yang digunakan untuk promosi online
Promosi online melalui website menambah trust pelanggan pada suatu brand

Website sering dijadikan rujukan bagi pelanggan untuk mencari informasi mengenai suatu barang atau jasa. Untuk menimbulkan kepercayaan atau trust pada pelanggan, pembisns akan membuat sebuah website untuk promosi produk mereka.

Berbeda dengan marketplace, website ini dikelola secara mandiri oleh pemilik usaha dengan cara menampilkan produk yang akan dijual, memberikan informasi terkait produk dan menyediakan fitur purchasing atau pembelian.

UKM yang ingin produknya muncul di Search Engine Result Page (SERP) atau lebih dikenal dengan mesin pencari Google, harus membuat sebuah website untuk jangkauan target market yang lebih besar.

Hanya saja membuat website memerlukan biaya seperti untuk sewa hosting pertahun, membeli dan memperpanjang domain, dan biaya untuk membayar web developer. Jika pelaku UKM bisa membuat website sendiri, maka biaya yang dikeluarkan adalah hanya untuk sewa hosting dan perpanjang domain saja.

Memiliki sebuah website juga harus diperhatikan tampilannya agar menarik lebih banyak pelanggan, kecepatan loading website, dan Search Engine Optimization (SEO) atau pengoptimalan mesin telusur. SEO ini berfungsi untuk meningkatkan peringkat situs agar masuk di halaman pertama pencarian google.

Menggunakan Jasa Blogger dan Infleuncer

Pelaku UKM juga bisa menggunakan pihak ketiga seperti blogger dan influencer untuk promosi produk jika tidak terlalu paham menggunakan platform lainnya secara independen. Menggunakan jasa blogger dan influencer juga sering dilakukan oleh brand-brand ternama dan juga pembisnis besar untuk meningkatkan brand awareness.

Kerjasama ini bisa dilakukan dengan cara paid review di mana blogger diberikan produk untuk dicoba dan menuliskan artikel review atau dengan cara content placement. Content Placement dilakukan dengan cara blogger hanya memposting artikel tentang produk di blog pribadi mereka sedangkan pelaku UKM lah yang menyediakan artikelnya.

Rate card atau harga yang dibayarkan kepada blogger disesuaikan dengan performa blog mereka dengan parameter traffic blog, Domain Authority (DA), Domain Rate (DR) dan Alexa Rank.

Untuk promosi melalui influencer sendir biasanya sering dilakukan di Instagram degan postingan berupa feed dan story atau bahkan keduanya. Rate Card influencer biasanya dilihat dari Engagement Rate (ER) yaitu indikator interaksi pemilik akun dengan followernya yang biasanya dinilai dari jumlah like, komen, dan impresi.

Youtube

Digital marketing menjadi trend untuk promosi barang dan jasa
Sumber: canva.com

Youtube adalah media broadcast berupa video yang diunggah. Youtube juga dinilai sebagai media promosi online paling efektif untuk mengiklankan barang atau jasa. Beberapa top brand justru membuat web series berisi film pendek yang dikemas sekreatif mungkin untuk menarik pelanggan.

Menggunakan Youtube sebagai media promosi tentu menuntut kreatifitas tinggi mulai dari story, pengambilan video, mengeditan dan promosi video agar dilihat oleh lebih banyak orang. Video yang dibuat harus hidup dan mampu menyampaikan informasi terkait produk dengan tepat.

Solusi lainnya untuk membuat kanal Youtube sebagi platform promosi adalah dengan memanfaatkan tim kreatif yang memiliki ide-ide cemerlang untuk membuat video promosi.

WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi yang sering digunakan untuk percakapan pribadi dan sering dianggap personal. Namun, sekarang WhatsApp sering digunakan untuk promosi produk terutama bagi teman, keluarga dan kerabat dekat.

Karena sering digunakan sebagai platform promosi secara online, WhatsApp berinovasi dan hadirlah WhatsApp Business lengkap dengan fitur pesan otomatis kepada pelanggan, fitur katalog untuk mendisplay produk lengkap dengan informasi dan harga serta fitur statistik untuk melihat jumlah pesan yang masuk dan keluar.

Manfaat Menggunakan Media Promosi Online bagi UKM

Media promosi online sangat besar manfaatnya bagi UKM yang dikenal mampu mendorong perekonomian negara. Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa media promosi online sangat efektif untuk menembah angka penjualan dan berpotensi mendapatkan calon pembeli ideal dengan mudah.

Selain itu, ada banyak lagi manfaat yang bisa dirasakan oleh penggiat UKM dalam pemanfaatan media promosi online ini, antara lain:

Lebih fleksibel. Penggunaan platform online untuk promosi bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa batasan waktu seperti membuka toko fisik. Pembeli juga bisa melihat dan memilih produk yang mereka beli tanpa ada batasan waktu.

Memperluas target pasar. Promosi menggunakan media digital mampu menjangkau pelanggan lebih luas tanpa terbatas jarak. Hal ini memunggkinkan UKM mendapatkan pelanggan dari luar kota maupun luar pulau bahkan luar negeri tanpa harus membuka store di daerah tersebut.

Minim biaya. Berbeda dengan promosi konvensional, promosi melalui platform digital lebih minim biaya karena beberapa media bisa digunakan tanpa berbayar. Dengan mempromosikan barang secara online, UKM tidak perlu membuka toko secara fisik yang menghabiskan banyak biaya operasional.

Membangun interaksi dua arah. Hubungan antara pembeli dan penjual dapat dibangun melalui plaftorm online yang memungkinkan keduanya berinteraksi tanpa batas jarak dan waktu. Interaksi ini diperlukan untuk kebutuhan peningkatan trust pada produk dan pemberian label ‘ramah’ bagi penjual.

Promosi jangka panjang. Foto atau video yang diunggah secara online akan bertahan lama selama tidak melanggar kaidah penggunaan internet dan tidak dihapus oleh penjual. Pembeli akan dapat mengakses informasi mengenai produk ini kapan saja selama postingannya masih ada di plaftorm yang digunakan.

Menemukan dream customer. Calon pembeli ideal dapat disasar dengan mudah menggunakan kecanggihan teknologi di mana pembeli biasanya memberikan informasi tentang produk apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

Evaluasi yang efisien. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memantau tools yang digunakan untuk melihat performa traffic baik melalui website pribadi, sosial media ataupun media onlie lainnya. Pada website misalkan bisa menggunakan Google Analytic untuk melihat jumlah dan sumber trafik. Pada Instagram for Business sudah ada fitur Insight untuk melihat impresi, dll.

Penutup

Demi mengikut trend kekinian, UKM yang diharapkan bisa membangun perekonomian Indonesia bisa mengadaptasikan media promosi online dalam melakukan pemasaran agar mampu meningkatkan angka penjualan. Promosi ini dapat dilakukan melakui sosial media yang efektif dan efisien dalam menjangkau target market, marketplace, website pribadi, WhatsApp, bekerjasama dengan blogger dan influencer, hingga saluran YouTube.

Banyak manfaat yang ditawarkan dengan pemanfaatan media promosi online bagi UKM Indonesia antara lain dapat dengan mudah menemukan dream customer, lebih efisien dan hemat biaya, bisa dijadikan long term promotion, tidak terbatas jarak dan waktu, dan dapat dipantau hasil dari tiap postingannya.

Nah, dengan demikian sangat diharapkan UKM di Indonesia dapat membiasakan diri dengan dunia digital karena harapannya UKM dapat dengan mandiri mempromosikan barang dagangannya dan bisa meraup keuntungan yang lebih menjanjikan.

1 Shares:
36 comments
  1. Zaman sekarang sebenarnya media promosi itu jauh lebih mudah ya, sayangnya masih banyak juga yang belum ngeh.

    Terlebih di masa pandemi gini, media promosi online itu penting banget.
    Gunakan semua media online yang dipunya, bisa medsos maupun website pribadi 🙂

  2. Memang dizaman sekarang kita harus melek teknologi ya mbak apalagi bagi para pelaku UMKM sehingga bisa menjangkau pasar yg lebih luas bahkan mengglobal

  3. Promosi melalui media online memang sangat diperlukan yah mba, apalagi saat kondisi seperti sekarang ini. UKM bisa tetap meraih customer , hemat waktu dan biaya. Dan bisa merambah ke pasaran yang lebih luas. Go online UKM Indonesia 🙂

  4. Dan saat sekarang ini, promo melalui media online paling sesuai mengingat masa pandemi yang melarang kegiatan promosi dilakukan secara offline. Dan sasarannya juga bisa menjangkau daerah yang lebih luas.

  5. Zaman sekarang jualan semakin dipermudah ya, Kak. Ini karena media promosi bukan hanya via offline, tapi juga via media online. Banyak sekali media online yang bisa dimanfaatkan agar hasil penjualannya meningkat.

  6. Suka deh sama tulisan Mba JAzmi lengkap banget.

    Dan di masa pandemi ini usaha berbasis online memang lagi on ya.

    Jadi UKM harus memanfaatkan media promosi secara online untuk memajukan usahanya lebih luas, ekonomis dan efisien

  7. Ulasan yang menarik, Kak. Setuju jika pemanfaatan media promosi online bagi UKM Indonesia banyak manfaatnya. Lebih efisien dan hemat biaya, bisa dijadikan long term promotion, tidak terbatas jarak dan waktu, dan dapat dipantau hasilnya segera. Go online UKM pas bener di era digital seperti ini!

  8. habis ini tik tok ternyata juga bakal masuk media promosi online yang bisa dipake ya beb,, asik bener, promosi barang sambil joget2 misalnya,, ahahahhaha

  9. Wah betul sekali mbak, keuntungan dari promosi menggunakan media sosial diantaranya dapat menjangkau pelanggan lebih luas, dan waktunya pun lebih fleksibel. selain itu biaya yang dikeluarkannya pun relatif sedikit dibandingkan promosi melalui offline

  10. aku pernah nyoba bikin Web khusus untuk produk usaha suami. Namun, diurungkan karena merasa tidak akan potensial untuk pemasaran. Ya, dulu pengalaman saya ngeblog yg stuck hanya dikunjungi oleh teman facebook saja. Itupun hanya satu dua orang.
    Skarang pun kalau bicara website masih ragu dijadikan alat pemasaran produk UKM suami. Padahal rasanya keren dan banyak orang berhasil dgn cara itu ya.

  11. Bener banget nih promosi di sosial media itu penting banget, ternyata di via digital juga ada tekniknya ya. Agar hasilnya maksmimal. wah terimakasih ni kak jadi lebih banyak paham nih

  12. Alhamdulillah di daerahku UMKM udah pada belajar melek teknologi mba. Jadi mereka bisa jualan online juga. Aku juga bisnis kecil-kecilan craft, jualannya masih make instagram dan marketplace. Pengen juga make website biar profesional, semoga.

  13. Setuju sekali, Kak. Kita memang harus selalu fleksibel dan beradptasi dengan segala sesuatu. termasuk soal penjulan juga. Dulu kan promosi dari mulut ke mulut, selebaran, pasang spanduk dan lainnya. dengan adanya media online, memakin luas dan memudahkan promosi, termasuk usaha UKM.

  14. Produknya mark ; facebook, instagram, dan WA semakin banyak fitur yg bisa dipakai buat jualan, apalagi instagram, sering juga dapat orderan di sana

  15. Perlahan para ukm sekarang mulai melirik bisnis online juga ya dengan mempelajari media promosi online apa saja yang cocok untuk memasarkan produknya. Lagi pula dengan melakukan promosi online jangkauannya lebih luas & lebih banyak orang yang melihat juga dibandingkan hanya promosi offline

  16. wah keren sekali pembahasannya. Memang benar kita harus memperjelas siapa target market kita lalu mulai memasarkan di chanel distribusi yang ada target market kita itu

  17. internet sangat berperan nih pada pemasaran online, apalagi bagi UKM yang tak memiliki dana besar untuk promosi, Online adalah solusi yang sangat tepat.

  18. dengan adanya srategi pemasaran onlinen pasti menambah pundi pundi rupiah dari kalangan bisnis kelas menengah bawah karena menggunakan platform gratis

  19. UKM indonesia harus maju, apalagi klo misal promosi online dipilih oleh para pelaku bisnis sebagai strategi pemasarnnya. Dijamin deh netizen indonesia pada tau semua sama usaha UKM yang sebenernya bisa diandalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like