Sebagian dari kamu mungkin ada yang ingin bekerja di luar negeri. Ada yang sudah mendapatkannya, atau bahkan masih ada yang menunggu dan bersiap-siap. Seiring berkembangnya zaman, bekerja di luar negeri seolah jadi tren. Apalagi banyaknya lowongan kerja untuk tenaga profesional yang dibuka di negara-negara maju atau berkembang. Orang memilih bekerja di luar negeri bukan cuma karena nilai mata uang yang lebih tinggi a.k.a gajinya gede, tapi juga pengen ngerasain langsung budaya negara setempat.
Selain itu, dengan bekerja di luar negeri kamu juga akan punya kesempatan lebih besar untuk mengembangkan diri baik secara personal maupun profesional. Terlepas dari apapun alasan kamu untuk kerja di luar negeri, kamu harus siap mental dan harus berani lalui 7 hal ini.

Culture shock

Sudah barang tentu kamu akan terkejut dengan budaya negara tempat kamu bekerja. Apalagi budaya yang jauh berbeda dari budaya Indonesia. Kamu pasti akan ngalamin culture shock atau awkward moments saat pertama kali mengenal budaya negara tersebut. Kamu juga akan terbengong-bengong saat mendapati kebiasaan orang lokal setempat yang belum pernah kamu tau sebelumnya. Kamu bisa jadi sudah banyak baca tentang budaya satu negara, tapi belum jadi jaminan yang kamu gak akan shock saat mengalaminya langsung. ^^

Homesick

Hayoo.. Udah pada siap mental untuk kangen rumah tapi gak bisa mudik? Homesick ini gak cuma kangen keluarga aja, kangen masakan Indonesia, kangen tempat nongkrong bareng teman-teman itu juga bisa disebut homesick. Pasti kamu akan merindukan tanah air. Bahkan kamu akan kangen hal sekecil apapun yang biasa kamu lakukan saat di Indonesia yang gak bisa kamu lakukan lagi di luar negeri. Gimana? Sudah siap untuk merasa rindu yang menggebu?
Source: www.pexels.com

Banyak menghabiskan waktu sendiri

Walau pun kamu punya banyak rekan kerja, tapi gak menutup kemungkinan kamu akan merasa kesepian dan banyak menghabiskan waktu sendirian. Kenapa gitu? Hal ini bisa terjadi karena lifestyle yang berbeda. Misal, teman kamu suka nongkrong di bar, sedang kamu gak suka nongkrong. Jadi gak klop kan? Atau, kamu ngajak teman sekantor jalan bareng pas weekend, eh malah si teman mau kondangan bareng suami/istri. Terpaksa kamu harus jalan sendiri kan? Begitu lah. Nikmati aja.

Cuaca Ekstrim

Kamu juga harus siap menghadapi perubahan iklim yang ekstrim. Kadang siang-siang panas banget tiba-tiba aja sore nya kehujanan. Atau kamu baru pertama kali merasakan winter yang dinginnya sampai ke tulang, misalnya, kamu harus siapkan pertahanan tubuh kamu agar gak beku. So, menjaga kesehatan sangat penting agar kamu siap menghadapi cuaca apapun.
Source: nydailynews.com


Waktu terasa begitu cepat

Pasti kamu sudah merencanakan banyak hal yang akan kamu lakukan di negara tempat kamu bekerja. Mulai dari list tempat wisata yang akan kamu kunjungi, kegiatan-kegiatan sosial yang akan kamu lakukan, atau bahkan program-program kerja yang akan kamu ajukan ke atasan. Bahkan sebelum semua rencana itu terealisasi, kamu merasa waktu kamu sudah hampir habis, kontrak kerjamu akan segera berakhir. Waktu terasa begitu cepat berlalu. Jadi, manfaatkanlah waktu kamu sebaik-baiknya. Setidaknya ada beberapa pencapaian yang kamu dapatkan selama bekerja di luar negeri.

Tidak punya cukup waktu untuk traveling

Ini adalah kenyataan selanjutnya yang harus berani kamu hadapi. Selain karena waktu terasa begitu cepat berlalu, kamu juga harus menyesuaikan hari libur. Kalau di Indonesia mungkin kamu bisa mendapatkan Harpitnas, Hari Kejepit Nasional, tapi jangan harap akan berlaku di negara lain. Selain itu, public holiday di negara tersebut pasti berbeda dengan di Indonesia. Contohnya ada beberapa negara yang tidak menjadikan Hari Raya Idul Fitri sebagai hari libur. Atau Thailand misalnya, dibeberapa provinsi bahkan tidak libur saat Natal 25 Desember. 

Belajar Menguasai Bahasa Lokal

Kamu juga harus punya cukup waktu dan perhatian untuk belajar bahasa lokal untuk memudahkan kamu berinteraksi terlebih jika kamu bekerja di negara yang tidak menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. 
Nah, itu dia 7 hal yang harus siap kamu lalui saat bekerja di luar negeri. Sebagian dari kamu mungkin sudah cukup kuat mental, sebagian yang lain mungkin sedang mencoba untuk berani. Yang perlu diingat hanya dimana pun kita bekerja, tantangan hidup pasti akan ada. 
0 Shares:
0 comments
  1. ternyata butuh persiapan matang kak ya, saya pribadi berencana mengadu nasib ke negeri kangguru awal tahun depan. Sejumlah pemaparan di atas sangat bermanfaat, terima kasih kembali

  2. Satu lagi mbak harus disiplin karena mayoritas orang luar negeri tepat waktu dan tidak membuang-buang waktu karena waktu sangat berharga dan tak ingin kehilangan kesempatan yang ada.. Hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like