Manfaat daun sirih untuk gigi dan kesehatan sudah sering dibincangkan mulai dari zaman nenek moyang hingga sekarang. Tidak heran banyak produk kesehatan menggunakan daun sirih sebagai bahan baku.

Zaman dulu, orang tua sering memakan daun sirih dengan pinang masak dan cengkeh untuk alasan menguatkan gigi dan mencegah bau mulut. Air rebusan daun sirih dipercaya bisa menyembuhkan keputihan dan gatal-gatal di area kewanitaan. Daun sirih juga dipercaya bisa menurunkan demam pada bayi dan anak kecil.

Terlepas dari alasan kesehatan, di beberapa negara dan daerah di Indonesia, daun sirih dijadikan bagian dari adat. Di Malaysia, misalkan, Sirih Junjung adalah adat dalam pernikahan Melayu. Sama halnya di Aceh, Ranup Meususon (sirih yang disusun dan dihias) digunakan sebagai seserahan dari mempelai pria kepada mempelai wanita saat akad nikah. Di Aceh, sirih juga diberikan saat menyambut tamu, termasuk tamu kehormatan.

salah satu manfaat daun sirih adalah untuk kesehatan gigi dan mulut

Balik lagi ke kesehatan, manfaat daun sirih memang sudah dipercaya khasiatnya dan sering digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai herbal. Apa saja manfaat daun sirih bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Kesehatan mulut dan gigi sangatlah penting terlebih lagi bagi mereka yang sering beinteraksi dengan orang lain. Bau mulut akan mengganggu saat berbicara langsung atau tatap muka. Sakit gigi juga akan menghambat kinerja karena rasa yang tidak nyaman.

Manfaat daun sirih untuk gigi dan mulut antara lain mencegah bau mulut, mencegah gigi berkarang, menghilangkan bakteri dalam mulut, mencegah gusi bengkak dan meredakan sakit gigi serta menyegarkan mulut. Daun sirih biasanya dijadikan ekstrak pada pasta gigi.

Menjaga Kesehatan di Area Kewanitaan

Daun sirih mengandung antiseptik, antijamur dan antibakteri yang bagus untuk menjaga daerah organ kewanitaan dari bau yang tidak sedap dan meredakan keputihan. Selain itu, daun sirih juga mampu menghilangkan gatal-gatal dan merapatkan Miss V.

Cara merawat Miss V dengan daun sirih bisa dilakukan dengan mencuci daerah kewanitaan dengan air rebusan daun sirih yang hangat-hangat kuku.

Meredakan Sembelit

Manfaat daun sirih lainnya adalah meredakan sembelit dan melancarkan pencernaan. Daun sirih mengandung antioksidan yang membantu membersihkan radikal bebas dalam tubuh. Cara meredakan sembelit dengan daun sirih sangat mudah yaitu dengan meminum air rebusan daun sirih. Ada juga yang mencampur daun sirih yang diremas dengan minyak kayu putih kemudian membalurinya di perut dan punggung.

Menghentikan Mimisan

Mimisan atau darah yang keluar dari hidung bisa dihentikan dengan cara memasukkan daun sirih ke lubang hidung. Alih-alih menyumbat aliran darah dengan tisu, daun sirih dianggap mampu menghentikan mimisan dengan cepat karena mengandung antioksidan tannin yang tinggi. Kandungan antioksidan ini dipercaya dapat menyembuhkan luka dengan cepat dan menghentikan pendarahan pada luka. Aroma daun sirih juga ampuh melegakan pernafasan.

Menurunkan Kolestrol dan Darah Tinggi

Daun sirih sangat bermanfaat bagi penderita penyakit kolestrol dan darah tinggi serta penyakit kronis lainnya karena mengandung antioksidan eugenol yang membantu melumpuhkan radikal bebas dalam tubuh penyebab penyakit kronis.

Kolestrol dan darah tinggi menyebabkan meningkatnya penyakit kardiovaskular seperti kanker dan gagal jantung. Oleh itu, sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi daun sirih sangat baik untuk mencegah terjangkitnya penyakit-penyakit kronis tersebut.

Menyembuhkan Alergi dan Gatal-Gatal

Manfaat daun sirih berikutnya adalah mampu menyembuhkan alergi dan gatal-gatal pada kulit. Hal ini disebabkan oleh antimikroba yang ada dalam daun sirih yang mampu membunuh jamur atau bakteri penyebab alergi dan gatal-gatal. Selain itu, daun sirih juga sangat ampuh untuk menghilangkan bau badan.

Untuk mengobati alergi dan gatal-gatal serta bau badan, rebuslah 10-15 lembar daun sirih dalam 5 liter air. Diamkan sebentar hingga air menjadi hangat (atau campurkan dengan air bersih lainnya hingga mencukupi untuk mandi). Mandi dengan air rebusan setelah tersebut sambil menggosok-gosok badan terutama di ketiak dan leher.

Masih banyak lagi manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh. Daun sirih adalah herbal dengan sejuta khasiat yang terbukti mampu mengatasi berbagai permasalahan kesehatan yang diolah baik secara tradisional maupun modern. Selain itu, daun sirih juga gampang sekali ditemukan. Banyak warga yang membudidayakan daun sirih sebagai tanaman herbal di area pagar rumah mereka.

1 Shares:
3 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like