Membaca judul di atas, kamu mungkin bertanya-tanya apa sih kesemangatan dalam hidup? Emang ada kursus online gratis untuk belajar tentang ini? Kita bahas sama-sama ya.

Cerita tentang hidup ibarat kisah Romeo dan Juliet yang abadi dan selalu dibahas sepanjang masa. Banyak banget pembelajaran yang bisa kita temukan dalam perjalanan hidup kita yang membuat kita lebih kuat, lebih baik, dan lebih bijak.

Hidup emang nggak selalu menyajikan kesenangan atau suka cita saja. Kadang hidup juga memberikan kita kerikil, jalan berbatuan, tanjakan, tikungan tajam yang kadang menyulitkan kita dan menuntut kita untuk tetap waspada dan berjaga-jaga.

belajar kesemangatan dalam hidup melalui kursus online gratis

Namun, apakah ketika masa sulit itu menyapa kita, lantas semangat kita untuk hidup jadi berkurang? Apakah kita harus tunduk dengan keadaan dan nggak melakukan apapun untuk memperbaiki keadaan? Ya nggak dong. Karena hidup penuh dengan kejutan, ya mau nggak mau kita harus mempersiapkan diri dengan baik.

Persiapan bisa dimulai dari pengalaman pribadi, bertanya pada ahli, sharing dengan teman yang telah mengalami masa-masa sulit, atau bahkan belajar online gratis melalui platform belajar online Indonesia. Plafform belajar online ini sangat membantu dengan memberikan kursus gratis online yang relevan dengan kesemangatan dalam hidup.

Aku bersyukur bisa belajar tentang tetap semangat menjalani hidup melalui situs QuBisa, sebuah platform belajar online Indonesia yang menyajikan berbagai macam topik untuk dipelajari. Aku makin bersyukur, karena aku nggak cuma belajar tentang hidup, tapi juga belajar tentang banyak hal mengenai personal development.

Pengalaman Belajar Tentang Kesemangatan Hidup di QuBisa

Akhir-akhir ini masalahku datang tumpang tindih. Belum selesai satu, yang lain datang bertamu. Pernah sekali aku merasa sudah capek banget dan berhenti melakukan apapun. Stres ringan berganti depresi, semangat hidup sudah nggak ada lagi, kerjaan nggak ada satupun yang kukerjai. Hasilnya makin menjadi-jadi. Kerjaan numpuk, masalah numpuk, diri merasa terpuruk.

Dalam keadaan kayak gini kemudian aku sadar, aku nggak boleh gini terus. Aku harus melakukan sesuatu untuk bangkit dan termotivasi kembali untuk hidup. Aku ngobrol sama beberapa teman tentang bagaimana tetap semangat dalam hidup walaupun masa-masa sulit nggak ngucap salam bertamu ke rumah kita.

Akhirnya aku ketemu kursus online gratis motivation di website QuBisa. Ada satu materi yang relevan banget sama keadaanku saat itu, semangat hidup. Materi ini berupa video singkat yang dibawakan oleh bapak Djiauw Surya Rachmannuh, seorang trainer dan coach tentang perlunya semangat dalam hidup agar kita dapat melakukan segala hal dengan baik.

ada 4 langkah menuju kesemangatan hidup yang dibahas dalam kursus online qubisa

Dalam video itu pemateri memaparkan 4 langkah untuk menuju kesemangatan dalam hidup, baik dalam hidup secara general maupun dalam pekerjaan. Keempat langkah tersebut adalah sebagai berikut.

Choose Your Attitute

Setiap hari atau setiap waktu kita harus memilih sikap kita seperti apa, sikap yang berbahagia tentunya. Jika sikap kita positif, maka kita akan selalu berbahagia. Saat mood kita baik, kita akan semangat mengerjakan apapun yang ingin kita selesaikan.

Bekerja Seperti Bermain

Ketika kita mengerjakan sesuatu seperti kita sedang bermain, kita tidak akan merasa lelah karena kita menikmatinya. Nah, dalam hidup atau pekerjaan, kita harus bisa menikmati apa yang sedang kita geluti agar kita selalu semangat dalam mencapai target yang kita tetapkan.

Hadir

Hadir di sini adalah ada, tidak bolos dari pekerjaan kita. Ketika kita bersemangat untuk hadir, kita akan terhindar dari rasa sakit yang memungkinkan kita untuk bolos. Jadi, pastikan diri kita sehat agar kita bisa selalu hadir di kantor atau selalu ada saat dibutuhkan. Sederhananya, always be there.

Kalau kataku, hadir bukan cuma soal physical, tapi juga hadir dalam artian seluruh niat, jiwa dan raga tercurahkan pada pekerjaan yang sedang kita kerjakan. Dengan menghadirkan hati baik dalam berkerja ataupun menjalani hidup, maka segalanya terasa lebih mudah.

Hadir juga berlaku bagi rasa syukur. Dalam hidup, apapun yang kita hadapi, selalu hadirkan rasa syukur agar kita terus semangat dalam menghadapi alang rintang yang menghadang.

Membuat Pelanggan Senang

Pelanggan di sini adalah orang di luar diri kita, bisa jadi klien, rekan kerja, atasan, keluarga, atau orang sekitar. Ketika kita semangat, kita akan bisa menularkan energi itu kepada ‘pelanggan’ kita. Intinya, made their days. Bukankah kita cenderung bahagia jika melihat orang lain bahagia? Bahagia itu menular kan ya!

Mengenal QuBisa Lebih Dekat

QuBisa adalah platform kursus online yang membantu siapa saja mendapatkan ilmu melalui webinar gratis Indonesia secara cuma-cuma alias gratis. Sejauh aku belajar online dan mengikuti webinar Indonesia, baru kali ini aku menemukan situs yang cakupan topiknya sangat luas dan bervariasi.

Situs ini sesuai banget untuk semua kalangan, baik yang bekerja maupun yang di rumah saja seperti aku. Mahasiswa juga bisa banget menambah pengetahuan dengan mengakses video-video bermanfaat yang disediakan oleh QuBisa.

Cara mendaftar di QuBisa juga gampang banget. Tinggal isi data diri berupa nama lengkap, email, password, dan nomor hp kamu. Materi yang disampaikan juga sederhana tapi ‘ngena’ dengan durasi yang nggak terlalu lama untuk kategori microlearning. Jadi, nggak bakal bosan deh belajar online gratis di QuBisa.

Kelebihan QuBisa lainnya adalah materi dapat diakses dengan mudah baik melalui komputer maupun smartphone. QuBisa adalah salah satu aplikasi belajar online ynag sudah bisa kamu unduh di Playstore dan Apps Store.

Apa Saja Sih Kategori Kursus Online Gratis di QuBisa?

Seperti yang disebut di atas, kursus online gratis di QuBisa menyediakan berbagai macam topik, seperti berikut ini.

Personal Development

Dalam kategori ini, kamu dapat belajar tentang creativity, leadership, personal brand building, psychology hingga stress management. Kategori ini sangat sesuai untuk kamu yang ingin mengupgrade diri kamu.

Career Development

Untuk kamu yang ingin meningkatkan karir, kamu bisa mengikuti kursus online gratis dari QuBisa dengan kategori Career Development. Kamu dapat belajar bagaimana menjadi karyawan yang bisa diperhitungkan oleh perusahaan dan kamu bisa menemukan tips-tips lainnya yang menunjang karir kamu.

Motivation

Ini adalah topik yang sangat luas yang membahas tentang motivasi dalam hidup, tips dalam hubungan percintaan, tips menurunkan berat badan, dan lain sebagainya.

Human Resource

Untuk kategori ini, akmu bisa belajar hal-hal terkait HR Management, HR Transformation, Organization Development, Recruitment & Solution. Anda bisa belajar mengenai pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam sebuah perusahaan.

Business

Dalam kategori ini, kamu dapat mempelajari topik-topk seperti komunikasi, enterpreneurship, bisnis rumahan, media promosi hingga strategi yang efektif dalam melakukan pemasaran bisnis kamu. Kursus gratis online mengenai bisnis ini di isi oleh pemateri yang berpengalaman di bidangnya.

IT & Software

Kategori ini memungkinkan kamu mendapatkan informasi mengenai kemajuan teknologi yang dikemas dalam webinar gratis Indonesia yang gampang dimengerti. Mungkin kamu bisa mengembangkan aplikasi belajar online setelah mengikuti kursus yang ada di QuBisa. Di kategori ini, kamu dapat belajar mengenai web development, mobile development, programming language, IT development dan lain sebagainya.

Finance & Accounting

Platform kursus online QuBisa juga membahas tentang keuangan dan akuntansi seperti investasi, trading, hingga manajemen keuangan yang efektif.

Lifestyle & Health

Kategori ini membahas seputar beauty & make up, travel, sport, music, gaming, dan kesehatan secara keseluruhan.

Sales & Marketing

Platform belajar online QuBisa juga proaktif mendukung UMKM atau usahawan baru yang ingin belajar sales & marketing untuk mengembangkan usahanya.

Teaching & Academics

Teaching & Academics menyediakan materi-materi tentang sejarah, geografi, dan bahasa yang sesuai banget untuk anak sekolahan.

Jadwal Webinar QuBisa Bulan Maret 2021

jadwal webinar indonesia gratis di qubisa

Selain kursus singkat, QuBisa juga menyediakan webinar gratis Indonesia setiap bulannya dengan topik yang keren-keren. Webinar Indonesia ini juga gratis dan mendapatkan e-sertifikat. Pematerinya juga qualified dan menguasai topik yang akan dibahas. Dan menurutku, worth it banget ikutan webinar di QuBisa karena kamu bakal dapat insight baru.

Berikut jadwal webinar QuBisa Bulan Maret 2021.

Komunikasi Penjualan yang Tepat untuk Sukses dalam Negosiasi

Pembicara:Margetty Herwin
Senin, 22 Maret 2021, pukul 16:00-17:30 WIB

Thinking Skill & Creativity : How to improve it

Pembicara: Rinandita Wikansari
Senin, 22 Maret 2021, pukul 19:30 – 21:00 WIB

Toxic Trilogy Part 2 : Moms Shaming

Pembicara: Gita Ayu Puspita
Selasa, 23 Maret 2021, pukul 16:00 – 17:30 WIB

Awas! Jangan Asal Diet

Pembicara: Juny Angan Pratama
Selasa, 23 Maret 2021, pukul 19:30 – 21:00 WIB

Game-Based Assessment Simulation

Pembicara: Tjhung Hertanto KS
Kamis, 25 Maret 2021, pukul 16:00 – 17:30 WIB

Make a Wish : Instagrammer & Content Creator di 1 Tahun Corona

Pembicara: Boylagi
Kamis, 25 Maret 2021, pukul 19:30 -21:00 WIB

Cara Menulis Press Release yang Menarik di Mata Media

Pembicara: Purjono Agus Suhendro
Jumat, 26 Maret 2021, pukul 16:00 – 17:30 WIB

Final Trilogy – Toxic Relationships

Pembicara: Gita Ayu Puspita
Jumat, 26 Maret 2021, pukul 19:30 – 21:00 WIB

Apa Kabar Pariwisata ? Kapan Ke Banyuwangi (lagi)

Pembicara: Fiqi Randi Kustiawan
Minggu, 28 Maret 2021, pukul 10:00 – 11:30 WIB

Mystery Shopping

Pembicara: Lisa Noviani
Senin, 29 Maret 2021, pukul 16:00 – 17:30 WIB

Seberapa Pentingkah Merencanakan Karir dan Pengembangan Diri?

Dalam dunia pekerjaan, merencanakan karir sangat penting untuk menentukan langkah dan strategi yang akan dieksekusi. Hal ini diperlukan untuk mencapai jenjang karir yang lebih tinggi seperti yang diharapkan setiap karyawan.

Dalam perencanaan karir, pengembangan diri harus menempati prioritas yang utama setelah gambaran jelas tentang karir yang ingin kamu capai. Pengembangan diri akan membantu kamu membuka wawasan lebih luas, meningkatkan soft-skill, melihat masalah dari perspektif yang berbeda dan mampu menyelesaikan konflik dengan efektif. Pengembangan diri dalam perencanaan karir selalunya terkait dengan keterampilan interpersonal dan intrapersonal kamu.

Oleh sebab itu, dalam merencanakan karir dan pengembangan diri, kamu harus rajin mengupgrade ilmu dan kemampuan kamu. Kamu bisa mengikuti kursus atau webinar di plaftorm belajar online QuBisa. Menurutku, kamu dapat mengakses materi dengan mudah baik melalui PC maupun aplikasi di smartphone kamu.

Benefit yang Didapat dengan Belajar di QuBisa

Kadang niat untuk belajar ada, namun biasanya selalu terkendala di waktu. Tuntutan pekerjaan atau kegiatan lainnya dalam hidup membuat kamu nggak punya waktu untuk belajar ilmu-ilmu baru.

Oleh sebab itu, QuBisa hadir memudahkan kamu mencari ilmu dengan belajar melalui video singkat yang berdurasi 3-6 menit yang disediakan pada kategori microlearning.

Hal ini tentu sangat membantu kamu meluangkan waktu barang 10 hingga 20 menit perhari dan mendengar materi yang disampaikan oleh para profesional di bidangnya. Jadi, sudah dipastikan insight yang bakal kamu dapat worth it banget yang sebagian besar nggak akan kamu dapat di bangku pendidikan formal. Pemateri cenderung memberikan contoh sederhana namun punya makna yang mendalam.

Kalau kamu punya waktu lebih, kamu bisa ikutan kursus atau webinar gratis yang disediakan dengan durasi 1,5 jam dan kamu juga akan mendapatkan e-sertifikat di ujung pembahasan. Karena bisa diakses secara online, kamu dapat mengikuti kursus di QuBisa kapan saja dan di mana saja.

Nah, buat pkamu yang ingin kursus online gratis, langsung aja kepoin QuBisa, flatform belajar Indonesia yang memudahkan dan memiliki materi yang lengkap. Siapkan diri kamu dengan mengosongkan gelas dan mengisinya lagi dengan ilmu baru yang bermanfaat.

 

 

 

7 Shares:
36 comments
  1. Wah, ini yang dicari nih, kursus online gratis yang memungkinkan siapa pun untuk bisa menambah pengetahuan, meningkatkan skill juga ya. Cus ah, mau meluncur ke Qubisa

  2. Baru kali ini aku tahu ada kursus online topiknya beragam. Terutama yang personal development tuh jarang banget ada di Indonesia.

  3. Wah, asik nih bisa ikutan QuBisa, kursus online buat ngabuburit 😍 Kayaknya health and lifestyle oke nih, pengembangan diri juga butuh. Ntar aku ceki2 lebih lanjut ah. TfS mb Jasmi.

  4. Banyak banget tema kursus yang bisa diambil di QuBisa.

    Sepakat soal attitude sebaga poin pertama. Serupa akar yang akan memunculkan diri kita serupa apa setiap belajar.

  5. Saya udah coba beberapa kursus di Qubisa
    Alhamdulillah makin tertarik nungguin yang free class soalnya belum cukup uangnya yang paid course

  6. Bekerja Seperti Bermain ini momen yg sy tunggu kak,
    tpi sulit, pasti ada saja tekanan dari atasan.

    Tpi sy lebih suka di Kategori Kursus Online Gratis dengan pilihan paket IT & Softwae cocok bngt dalam bidang saya…

  7. Qubisa ini menarik banget ya Mba Jasmi, kursus online gratis, ada topik belajar tentang kesemangatan pula ya, keren. Penting nih agar kita selalu berbahagia menjalani rutinitas, apalagi kl kerjaan pakai gamification ya, gak berasa kerja deh

  8. Ternyata kesemangatan dalam hidup juga ada kursusnya ya di QuBisa. Ini nih yg Kusuka, topiknya beragam banget dan bisa pilih mana yg lg dibutuhkan. Aku pernah coba juga kursus ttg topik lain. Asyik emang, videonya singkat2, jadi bisa break dulu kalo lg direcoki bocah

  9. Kadang memang masalah atau kerjaan yang menumpuk bikin stres ya, kalau diabiarkan bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental. Belajar tentang kesemangatan hidup bagus juga ya bisa bantu kita termotivasi untuk bangkit & semangat.
    Seru juga ya bisa ikutan belajar di QuBisa

  10. seriusan deh kalau aku baru tau ada Qubisa yang menyediakan seminar2 ketje kayak gini.
    Thank you banget rekomendasi dan reviewnya mbak. berguna banget

  11. Bekerja seperti bermain itu menjadi PR-ku banget, Kak. Betapa selama ini ya bekerja rasanya seperti diburu waktu dan ga enjoy. Kudunya kan effortless seperti bernapas gitu ya karena sudah dianggap sebagai kenikmatan hidup, termasuk dalam melayani pelanggan. Seperti aku cocok ambil motivation dan business, pengin ngembangin usaha tapi benahin dulu motivasi internal. Makasih ya infonya, Kak, namanya unik QuBisa jadi bikin siapa pun yang belajar optimistis bisa menguasai ilmu dan menerapkannya. Belajarnya mudah pula lewat video, ga perpu pusing apalagi dipandu mentor yang kompeten.

    1. Materi-materi personal development di Qubisa memang asyik punya. Aku juga pernah belajar beberapa materi di sana.

      Btw, kalau udah burn out memang seringkali semua hal dalam hidup jadi ga asyik ya. Pentingnya stress management.. kugarisbawahi banget bagian bekerja harus seperti sedang bermain.

  12. Dengan bekerja seperti bermain, jadinya gak terbebani ya, karena asik menjalaninya. Perlu juga dengan mengikuti kursus online ini jadi dapat insight untuk perkembangan diri

  13. perencaan karir dan pengembangan diri itu sangat penting ya mbak
    ya biar karir kita sukses, senang banget klo ada kursus online yg bisa mendukung ini, ya seperti Qubisa ini ya mbak

  14. Terkadang kita memang butuh untuk mempelajari bagaimana memanagement stress yang kadang datang tanpa diundang. Beruntungnya ada tempat kursus online untuk mewadahi hal tersebut. Mana kursusnya gratis pula. Benar-benar akan menjadi pilihan kala ingin belajar tentang personal development.

  15. Penting banget ya meningkatkan kualitas hidup dengan memperbaiki semangat. Ternyata eh ternyata, untuk bisa mengembalikan semangat dalam hidup kita, ada kursusnya juga, bahkan gratis. Ke-4 poin yang disebutkan sangat simpel ya, tapi cukup berat untuk dijalani, jadinya harus punya komitmen yang kuat buat memulainya.

    Cukup lengkap juga ya materi pembelajaran di QuBisa ini. Jadi pengen nyobain deh.

    Makasih atas info kerennya ini Kak Jasmi.

  16. Baru tahu platform QuBisa. Asik juga kalau ada video microlearning ya, Kak. Membantu buat yang pengen belajar ilmu baru tapi nggak punya banyak waktu. Apalagi kalau gratis nih. Tengok-tengok webnya ah.

  17. Wah info bagus ini mba, aku suka sekali belajar tapi itu suka kebentur dg biaya dan waktu, mau lah coba Qubisa biar ilmunya dapat banyak dan diaplikasikan dlm keseharian. Thank banget ya infonya

  18. Wahhhh..seriusan ini gratis belajarnya mbak? Pengen juga menimba ilmu di Qubisa. Pengen belajar self development dan tentang IT

  19. wah ini beneran gratis WuBisa ini? keren banget. Aku jadi tertarik tema jangan asal diet. Karena ada artis yang diserang banyak ahli gizi, usut punya usut dianggap berbahaya dietnya gegara menu makannya kalorinya nggak sampe 500 kalori. Trus tema-tema pengembangan diri lain, asik bener, dapat e sertifikat pula. Mau pakek banget ini.

  20. Saya kepo jadinya untuk bulan April besok ada kursus apa saja yg bisa diikuti secara gratis ya… Hehehe, untuk pengenalan menggunakan yang gratis aja dulu ga masalah kan? Kalau sudah cocok bisa diupgrade ke yang berbayar ya kursusnya

  21. Wah ada lagi gak yah ini mba? Aku kelewatan nih kemarin, bagus-bagus pula nih coursenya, bagus untuk self development

    1. Kursus online gratis di Qubisa juga menyediakan topik “Motivasi” juga ya kak, penting banget nih buat para remaja agar lebih bersemangat menuntut pendidikan dan dapat lebih fokus.
      Apalagi di Qubisa juga dapet sertifikatnya plus dapat ilmu bermanfaat.

  22. Qubisa ini lengkap ya. Mulai dari kursus sampai webinar gratis untuk mengembangkan skill. Penting sih ini apalagi untuk zaman sekarang yang serba online,
    Kursus enggak perlu repot

  23. Kategorinya banyak banget ya Mbak, hampir mencakup semuanya. Dan ini bermanfaat banget apalagi pada masa pandemi gini, bisa kursus online gratis, mengisi waktu luang sekaligus dapat ilmu ❤️

    1. Choose your attitude. Ini jleb banget kak.

      Btw QuBisa ternyata lengkap ya kak. Aku belum pernah siy sebenarnya ikutam kursus di QuBisa.

      Baru baca2 reviewnya saja yang ternyata banyak banget yang suka dengan QuBisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like