Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program sosial. BPJS terdiri dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan.

Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayari iuarannya dibayar oleh pemerintah.

Walaupun menjadi pilihan masyarakat, BPJS tidaklah cukup untuk proteksi diri secara lengkap

Semua penduduk Indonesia wajib menjadi peserta jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS termasuk orang asing yang telah bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia dan telah membayar iuran.

Adanya BPJS menjadi jawaban dari kekhawatiran kebanyakan masyarakat Indonesia yang menginginkan proteksi bagi diri mereka maupun oleh perusahaan untuk melindungi karyawan mereka selain menggunakan asuransi swasta yang preminya tergolong lebih mahal dibanding dengan premi BPJS.

Dengan biaya yang relatif murah, penanganan dan jaminan yang diberikan oleh BPJS terbilang cukup memberikan kepuasan bagi para masyarakat yang telah mengikuti programnya. BPJS menjadi jalan keluar yang baik bagi banyak pihak dari masyarakat maupun pemilik usaha untuk mendapatkan kepastian mengenai (setidaknya) dua hal kritis tersebut.

Lantas, Bisakah Hanya Mengandalkan BPJS Saja?

Dengan adanya BPJS perlukah kamu memiliki proteksi lain diluar BPJS? Apalagi mengingat BPJS tidak menanggung segala jenis kebutuhan kamu. Keputusan tersebut dapat dikembalikan lagi bagi kepentingan kamu masing-masing. Karena rasa cukup relatif dan akan berbeda pengukurannya untuk setiap orang. Beberapa orang mungkin sudah merasa cukup dengan memiliki BPJS sebagai jaminan kesehatan dan proteksi diri.

asuransi keselamatan kerja juga salah satu hal penting untuk dimiliki

Tetapi banyak pula yang merasa bahwa BPJS tidaklah cukup memberikan jaminan proteksi terhadap maupun aset lain yang dianggap berharga atau bernilai tinggi sehingga dianggap perlu memiliki jaminan lain berupa asuransi dari perusahaan swasta.

Bila kamu menginginkan adanya proteksi tambahan dari asuransi kecelakaan kerja yang lain, berikut beberapa saran yang dapat kamu jadikan pertimbangan sebelum mengambil asuransi tambahan:

1. Besarnya Premi yang Harus Anda Bayar
2. Cakupan Perlindungan Asuransi
3. Beberapa Kebijakan yang Berbeda
4. Adanya Fasilitas Tambahan
5. Kemudahan dalam Mengajukan Klaim

Pentingnya memiliki asuransi merupakan hal yang harus disadari oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan jaminan bahwa kehidupan mereka turut dilindungi. Meski sudah memiliki BPJS tidak ada salahnya bila kamu memiliki penghasilan lebih untuk menambahkan asuransi lainnya untuk kebutuhan atau kepentingan yang kamu rasa cukup krusial.

Namun perlu diingat pemilihan beragam manfaat asuransi jiwa dan lainnya juga tidak boleh sembarangan asal pilih serta harus dipertimbangkan masak-masak sesuai dengan hal yang telah disebutkan di atas sehingga mendapatkan manfaat maksimal dari asuransi yang dimiliki.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like