Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program sosial. BPJS terdiri dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan.

Jaminan Kesehatan adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayari iuarannya dibayar oleh pemerintah.

Walaupun menjadi pilihan masyarakat, BPJS tidaklah cukup untuk proteksi diri secara lengkap

Semua penduduk Indonesia wajib menjadi peserta jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS termasuk orang asing yang telah bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia dan telah membayar iuran.

Adanya BPJS menjadi jawaban dari kekhawatiran kebanyakan masyarakat Indonesia yang menginginkan proteksi bagi diri mereka maupun oleh perusahaan untuk melindungi karyawan mereka selain menggunakan asuransi swasta yang preminya tergolong lebih mahal dibanding dengan premi BPJS.

Dengan biaya yang relatif murah, penanganan dan jaminan yang diberikan oleh BPJS terbilang cukup memberikan kepuasan bagi para masyarakat yang telah mengikuti programnya. BPJS menjadi jalan keluar yang baik bagi banyak pihak dari masyarakat maupun pemilik usaha untuk mendapatkan kepastian mengenai (setidaknya) dua hal kritis tersebut.

Lantas, Bisakah Hanya Mengandalkan BPJS Saja?

Dengan adanya BPJS perlukah kamu memiliki proteksi lain diluar BPJS? Apalagi mengingat BPJS tidak menanggung segala jenis kebutuhan kamu. Keputusan tersebut dapat dikembalikan lagi bagi kepentingan kamu masing-masing. Karena rasa cukup relatif dan akan berbeda pengukurannya untuk setiap orang. Beberapa orang mungkin sudah merasa cukup dengan memiliki BPJS sebagai jaminan kesehatan dan proteksi diri.

asuransi keselamatan kerja juga salah satu hal penting untuk dimiliki

Tetapi banyak pula yang merasa bahwa BPJS tidaklah cukup memberikan jaminan proteksi terhadap maupun aset lain yang dianggap berharga atau bernilai tinggi sehingga dianggap perlu memiliki jaminan lain berupa asuransi dari perusahaan swasta.

Bila kamu menginginkan adanya proteksi tambahan dari asuransi kecelakaan kerja yang lain, berikut beberapa saran yang dapat kamu jadikan pertimbangan sebelum mengambil asuransi tambahan:

1. Besarnya Premi yang Harus Anda Bayar
2. Cakupan Perlindungan Asuransi
3. Beberapa Kebijakan yang Berbeda
4. Adanya Fasilitas Tambahan
5. Kemudahan dalam Mengajukan Klaim

Pentingnya memiliki asuransi merupakan hal yang harus disadari oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan jaminan bahwa kehidupan mereka turut dilindungi. Meski sudah memiliki BPJS tidak ada salahnya bila kamu memiliki penghasilan lebih untuk menambahkan asuransi lainnya untuk kebutuhan atau kepentingan yang kamu rasa cukup krusial.

Namun perlu diingat pemilihan beragam manfaat asuransi jiwa dan lainnya juga tidak boleh sembarangan asal pilih serta harus dipertimbangkan masak-masak sesuai dengan hal yang telah disebutkan di atas sehingga mendapatkan manfaat maksimal dari asuransi yang dimiliki.

0 Shares:
26 comments
  1. Aku sekeluarga untuk jaminan kesehatan juga udah pakai BPJS dan operasi untuk bikin Pewe hidup lagi tahun 2017 full di cover BPJS lho. Cuma memang kalau ada dana lebih, ya boleh saja punya asuransi lain, minimal untuk cover selain kesehatan sepertinya masih oke.

  2. wah banyak bgt manfaat asuransi, kayaknya harus segera punya juga nih akunya.. ada rekomendasi ga sih asuransi yang paling aman, BPJS sih rasaku gak cukup yaa

  3. Pada dasarnya asuransi itu penting. Minimal punya BPJS ini sih sebenarnya. Namun, jujur sejak suami ngak kerja kantoran lagi, akhirya BPJS kami jugadi nonaktifkn. Soalnya harus menentukan skala prioritas lainnya. Semoga kami dimampukan lagi punya bpjs supaya lebih aman.

  4. Buat yang sanggupnya bayar BPJS kesehatan, sebenere udah bagus lho coveragenya. Bapak Ibuku pasien BPJS, anakku lahiran pakai BPJS, rawat tipes pakai BPJS, aku dan istriku periksa gigi pakai BPJS pun udah mantap.

  5. menurutku sih ya cukup nggak cukup
    pakai BPJS tuh harus punya stok kesabaran yang memadai
    sebab kalau ke faskes tingkat II datangnya harus pagi-pagi banget, bahkan bisa ebrangkat subuh buat ambil nomor antrean
    selesai habis obatnya bisa maghrib

    tapi ya risiko gratis

  6. Saya dan keluarga malah belum punya asuransi BPJS. Huhuhu. Belum sempat ngurusnya, eh atau kenapa ya? Padahal sih asuransi ini penting banget. Baik asuransi BPJS maupun asuransi kesehatan lainnya.

  7. pengalamanku sih cukup mbak..
    aku pribadi terbantu lho dgn bpjs ini
    aku dua kali melahirkan gratis tis karena biaya ditanggung bpjs
    ibu mertua juga gitu, operasinya juga di cover 100% sama bpjs

  8. Aku ya memang jaminan kesehatannya pakai BPJS sih Kak. Tapi doanya sih semoga engga dipakai deh asuransinya. Maunya sehat terus saja…

  9. Sebagai orang desa, aku melihat kebanyakan warga desa hanya mengandalkan BPJS sih. Tapi, aku pernah memiliki dua asuransi kesehatan. Satu BPJS Kesehatan. Dan yang lain adalah asuransi dari pihak swasta.

    Yah, kebetulan perusahaan tempatku bekerja menggunakan asuransi tersebut.

    Tapi memang benar. Kita perlu mempertimbangkan masak-masak sebelum memutuskan akan menggunakan asuransi lain selain BPJS.

    1. Bener kak. Harus dipilah pilih juga sesuai dengan kebutuhan. Jadi nggak perlu semua dimiliki. Kalaupun BPJS Kesehatan bisa diandalkan untuk sementara ya sebaiknya memang pakai satu saja

  10. Poin 1 dan 5 itu penting banget ditimbang ya Kak, kadang premi murah eh pas klaim sulit dan ribet. Untunglah sekarang ada BPJS jadi minimal meringankan rakyat. Kalau mau ambil asuransi lain ya tentunya cakupan yang berbeda ya Kak biar ga dobel dobel.

    1. Benar. Harus tau juga sih baik buruknya sebuah asuransi. Soalnya semua juga mau asuransi yang nggak pakai ribet yak. Kalau BPJS untuk kesehatan, asuransi di luar BPJS bisa untuk hal lain lagi gitu.

  11. Asuransi kesehatan penring banget, tapi kalau belum bisa tambah setidaknya punya BPJS ya.
    Nah untuk asuransi jiwa juga penting apalagi untuk kepala keluarga

  12. Selain berguna untuk saat-saat tak terduga, BPJS kesehatan juga merupakan program pemerintah untuk memudahkan rakyat mendapat fasilitas kesehatan lebih baik. Makanya jangan disia-siakan san manfaatkan dengan bijak

  13. Pertimbangkan dengan melihat kebutuhan ya kak. Kalau memang perlu ditambah di luar BPJS nggak masalah juga. Karena memang memiliki proteksi banyak manfaatnya

  14. Gitu ya…
    Jadi BPJS aja tidak cukup ya kak, harus ada yang lain sebagai backup. Asuransi kecelakaan kerja emang penting sih, karena berapa banyak pekerja di negara kita ini los dol aja nggak punya perlindungan apa2 sementara risiko kerjanya besar.

  15. Kalau kami selain BPJS yang diwajibkan, kami pake asuransi kesehatan dari perusahaan langsung mbak. Alhamdulillah memang membantu. Tapii emang perlu ada asuransi tambahan buat jaga-jaga karena banyak yanng tidak tercover oleh BPJS

  16. Wah ternyata kita ga bs hanya mengandalkan BPJS aja ya. Emang beberapa penyakit tidak dicover oleh BPJS. Kalau pny kelebihan dana, memang harus dialokasikan buat asuransi sih. Buat jaga2 aja. Nasib kita ke depan emang ga ada yang tahu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like