Mana yang lebih menjanjikan? Investasi emas atau reksadana?
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/duduk-ipad-gadget-mantel-hitam-7652239/

Di zaman yang modern seperti saat ini, investasi bukan menjadi barang baru di tengah masyarakat. Bila melihat pengertian yang dimilikinya, investasi adalah kegiatan penanaman modal di sebuah usaha atau perusahaan agar bisa memperoleh keuntungan dalam waktu tertentu.

Ada berbagai macam pilihan jenis investasi seperti saham, emas, reksadana, deposito dan lainnya. Di antara begitu banyaknya jenis investasi, reksadana dan emas menjadi jenis yang relatif aman serta mempunyai risiko kerugian lebih rendah bila dibandingkan yang lainnya.

Sedikit penjelasan reksadana, investasi jenis ini muncul seiring dengan kemunculan bursa saham serta pasar modal. Jenis investasi ini memang memiliki risiko yang relatif kecil.

Penjelasan Reksadana dari Segi Keuntungan

Instrumen investasi ini bisa dikatakan sebagai wadah yang digunakan untuk mengelola modal gabungan para investor agar dapat berinvestasi di instrumen pasar modal. Alur untuk memulai investasi ini yakni dengan melakukan pembelian unit.

Investasi ini nantinya akan dikelola oleh profesional dengan nama Manajer Investasi. Investasi ini memiliki berbagai macam jenis mulai dari pasar uang, pendapatan tetap, campuran hingga saham. Berbagai jenis tersebut dapat Anda pilih sesuai dengan profil risiko yang dimiliki investor.

Bila dilihat dari jenis serta risikonya, ada berbagai keuntungan yang didapatkan dengan melakukan investasi ini seperti:

  1. Tidak dalam bentuk fisik seperti emas, jadi risiko kehilangan akan menjadi lebih kecil
  2. Dapat didiversifikasi
  3. Dapat dilakukan dari mana saja
  4. Aman dari risiko pemalsuan
  5. Tidak membutuhkan biaya penyimpanan

Penjelasan Investasi Emas

Penjelasan tentang investasi emas serta perbandingan investasi emas dan reksadana
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/kotak-hitam-342942/

Sepertinya tidak ada orang yang tidak mengenal logam mulia ini. Dari dulu, emas memang dianggap sebagai investasi yang menguntungkan dan mudah. Mudah dijual ketika membutuhkan uang serta mudah dibeli.

Selain itu emas juga dipilih sebagai rujukan investasi karena memiliki berbagai keuntungan seperti mudah dicairkan, dapat dilakukan dengan mudah, bisa menjadi jaminan, risiko rendah, harga emas relatif stabil dari waktu ke waktu.

Namun, akan lebih baik jika emas yang digunakan untuk berinvestasi adalah logam mulia yang memiliki kemurnian 99,999. Selain itu, akan lebih baik jika Anda melakukan pembelian secara langsung di Antam, pegadaian hingga toko emas yang terpercaya.

Emas perhiasan kurang cocok digunakan untuk berinvestasi karena terdapat komponen biaya pembuatan ketika dibeli serta dijual. Bukan hanya itu, toko emas bukan hanya menghitung kadar berat namun juga biaya pembuatan, oleh sebab itu semakin rumit bentuk emas, ongkos yang harus dikeluarkan akan menjadi semakin mahal.

Perbandingan Investasi Emas dan Reksadana

Setelah melihat penjelasan reksadana hingga emas, sebenarnya mana yang lebih tepat? Dari penjelasan di atas, Anda dapat menjadikannya sebagai pertimbangan untuk memilih jenis yang paling tepat.

Sebenarnya, kedua jenis investasi ini mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Ketika melakukan investasi, akan lebih baik bukan hanya melihat keuntungan, namun juga profil risiko investor, karena profil risiko investor menjadi penentu ketika akan memilih investasi.

Di tengah pandemi seperti saat ini, bisa dikatakan jika investasi emas dan reksadana memiliki potensi yang menjanjikan serta cocok dijadikan sebagai pilihan investasi jangka panjang.

Sedangkan untuk investasi dengan jangka pendek, Anda dapat memilih reksadana yang memiliki risiko rendah seperti pasar uang, selain itu Anda juga dapat menjadikan emas sebagai tujuan dana darurat. Mengingat, emas dapat dijual sewaktu-waktu serta mempunyai kecenderungan kenaikan harga meskipun kecil.

Pilihan Tempat Investasi Reksadana yang Menguntungkan

Bila Anda berniat untuk menjalankan 2 jenis investasi ini, pada instrumen investasi emas, dapat dilakukan dengan mudah, karena Anda hanya perlu membeli di tempat resmi.

Namun, untuk reksadana tentu saja tidak semudah seperti yang dibayangkan. Ada berbagai macam pertimbangan yang harus dilakukan. Selain itu, Anda harus memilih mitra yang tepat untuk mengelola dana investasi yang dimiliki, salah satu rekomendasi yang tepat adalah perbankan prioritas DBS Treasures.

Sebagai sebuah rujukan untuk berinvestasi, berikut berbagai keunggulan yang ditawarkan DBS Treasures, antara lain:

Pengelolaan investasi dilakukan oleh profesional

Seluruh pilihan investasi yang berada di DBS Treasures dikelola dengan profesional oleh Manajer Investasi yang terkemuka. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja produk sehingga bisa memberikan hasil investasi yang maksimal untuk mendukung tujuan keuangan Anda.

Anda akan memperoleh wawasan untuk memandu Anda melakukan investasi

Dengan melakukan investasi di DBS Treasures, nantinya Anda akan memperoleh sejumlah informasi yang dipersonalisasi oleh tim ahli finansial yang handal serta proaktif mengkomunikasikan sejumlah analisa pasar serta peluang terkini.

Analisa pasar akan diberikan melalui Webinar eTalk Series, Market Update bulanan, Daily Update dan lainnya. Dengan analisa pasar tersebut, Anda bisa dengan mudah menangkap peluang untuk memperkuat portofolio investasi.

Risiko dapat ditekan dengan diversifikasi

Ketika berinvestasi Reksadana DBS Treasures, investasi yang Anda lakukan akan diversifikasi ke berbagai macam aset investasi untuk mengurangi risiko.

Kemudahan melakukan transaksi menggunakan Aplikasi digibank by DBS

DBS Treasures juga memberikan kemudahan melakukan transaksi, Anda bisa dengan cepat berinvestasi melalui Aplikasi digibank by DBS. Melalui aplikasi ini, Anda dapat melakukan penjualan, pembelian hingga switching.

Bahkan, registrasi SID atau Single Investor Identity yang dikeluarkan oleh KSEI atau Kustodian Sentral Efek Indonesia bisa dilakukan dengan mudah dalam satu platform tanpa perlu berpindah ke platform lain ataupun datang ke cabang.

Jika sudah menemukan mitra yang tepat untuk melakukan investasi Reksadana, tunggu apalagi? Mulai rencanakan tujuan keuangan Anda bersama dengan DBS Treasures sekarang juga.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like