Perayaan Paskah identik dengan telur, kelinci dan dekorasi yang ceria. Jadi nggak heran, Easter Activity untuk anak dan keluarga bahkan untuk siswa selalu melibatkan telur di dalamnya. Salah satu Easter Activity yang terkenal adalah Egg Hunt atau berburu telur.

Perayaan Paskah bagi umat Kristiani dijadikan salah satu libur nasional di Indonesia, lain halnya di Thailand. Hari Paskah nggak masuk tanggal merah, lho. Namun, anak-anak TK bahkan SD di Thailand selalu merayakan Perayaan Paskah dengan kegiatan-kegiatan seru.

easter activity yang seru untuk anak TK sangat banyak

Aku pernah menjadi guru TK di Thailand selama 2 tahun. Jadi, sudah 2 kali aku mendampingi siswaku untuk mengikuti berbagai Easter Activity yang diselenggarakan sekolah. Beberapa aktivitas dilombakan sih, beberapa lainnya hanya hiburan, biasanya anak-anak TK masing-masing kelas akan tampil di panggung untuk nyanyi.

Aku adalah guru Bahasa Inggris. Menjelang Hari Paskah, aku adalah salah satu guru yang paling sibuk. Kenapa? Ya karena sekolahku berkomitmen dengan Dual Language Program (DLP) di mana setiap acara akan ada 2 MC, 1 berbahasa Thailand, 1 berbahasa Inggris, bahkan di kelas DLP guru kelas ada 2 lho.

Biasanya sih aku bakal jadi pelatih MC berbahasa Inggris untuk anak SD yang nanti akan diperbantukan untuk menyukseskan acara anak TK. Yup, sekolah tempatku berkerja ada tingkat PAUD, TK dan SD. Jadi yah saling melengkapi lah gitu. Biasanya yang jadi MC diambil dari anak SD yang ikut kelas DLP. Dan you know what? Bahasa Inggris mereka juara banget. Jadi bangga. ^^

Walaupun mayoritas beragama Budha, sekolah di Thailand umumnya akan merayakan hari-hari besar agama lainnya demi menghormati siswa atau guru yang beragama tersebut. Indahnya hidup berdampingan yak.

Intip yuk Easter Activity apa saja yang seru untuk anak TK di sekolahku menjelang Perayaan Paskah.

Dekorasi Telur

Salah satu hal menarik menjelang perayaan Paskah yang bisa dilakukan adalah mendekorasi telur. Siswa dibekali dengan sebutir telur ayam yang sudah direbus dan cat air serta kuas. Siswa diberikan waktu 30 menit untuk bermain warna dan mendekorasi telur sesuai dengan kreasi mereka.

Telur yang sudah dicat, kemudian diletakkan di kotak DIY yang sudah siswa buat sebelumnya di kelas bersama guru mereka masing-masing. Telur ini kemudian akan dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

Melukis Telur di Tottebag

Siswa diarahkan untuk menggambar atau melukis tottebag dengan gambar telur sesuai dengan imajinasi mereka. Tentu saja Easter Activity yang satu ini diikuti oleh siswa yang pandai melukis karena aktivitas ini diperlombakan.

Biasanya siswa akan diminta untuk membawa alat lukis sendiri, sedangkan tottebag nya disponsori oleh pihak sekolah. Pemenang dari lomba ini akan mendapatkan hadiah seperti piala, uang tunai dan bingkisan Easter lainnya.

DIY Telur dari Plastisin

DIY ini biasanya dilakukan di dalam kelas (bukan pada acara puncak di atas panggung). Siswa diberikan plastisin dan diminta untuk membuat telur dan kelinci sesuai dengan kreasi masing-masing. Telur dan kelinci plastisin ini kemudian diletakkan di dalam cup cupcake warna-warni yang diisi dengan pasir.

Bernyanyi dan Menari

Easter Acitity yang seru lainnya adalah bernyanyi dan menari

Anak TK setiap kelas akan menampilkan performance terbaik mereka dengan bernyanyi sambil menari. Mereka akan dilatih oleh guru kelas masing-masing 2 minggu sebelum Perayaan Paskah. Easter Activity jadi lebih menarik lagi karena siswa memakai pakaian warna warni dan salah satunya memakai kostum telur yang dibuat oleh guru kelas. Ah, gumuuuussh deh.

Easter Storytelling

orang tua dan guru mendampingi siswa dalam melakukan easter activity

Anak TK suka banget mendengar cerita. Jadi di sini guru menjadi storyteller cerita Paskah yang ditampilkan dengan 2 bahasa. Guru juga biasanya membangun interaksi dengan siswa saat sedang bercerita. Siswa tampak bersemangat banget karena diakhir acara storytelling akan ada pertanyaan yang disampaikan oleh guru untuk menguji pemahaman siswa terhadap cerita yang disampaikan. Siswa yang bisa menjawab pertanyaan guru, akan mendapatkan bingkisan Easter.

Nah, itu dia beberapa Easter Activity yang seru abis untuk anak TK dan bikin acara hype dan pecah banget di sekolah.

Selain siswa, guru juga dituntut lebih kreatif karena harus mendekorasi panggung semenarik mungkin dan harus berbeda dari tahun ke tahun.

Dari aktivitas perayaan Paskah di atas, mana yang jadi favorit kamu?

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like