Sebagai seorang anak, sudah menjadi kewajiban bagi kita mencintai dan menyayangi orangtua. Menunjukkan bahwa kita mencintai ayah ibu kita bisa dilakukan dengan sederhana, nggak melulu dengan materi saja.

Sama halnya dengan manusia lainnya, orang tua kita juga ingin disayangi, dicintai dan dihormati. Ibu yang sudah mengandung kita selama 9 bulan, merasakan sakitnya melahirkan dan bergadang semalaman hanya demi menjaga kita. Ayah pun sama perannya, berkorban apa saja hanya demi memastikan keluarga yang dipimpinnya hidup dengan layak.

menyayangi orangtua bisa dilakukan sesederhana mungkin

Intinya, apapun akan mereka lakukan hanya demi melihat anak mereka tumbuh dengan baik, membesar dengan sehat dan punya harapan besar bahwa anaknya akan hidup lebih baik dari mereka.

Memang nggak bisa dielakkan, semakin beranjak dewasa, seringkali kita berbeda pendapat dengan orangtua kita. Jujur saja, sesekali kita pernah merasa pendapat kitalah yang benar. Di lain kesempatan, kita pernah merasakan orangtua kita terlalu ikut campur dengan kehidupan kita.

Tapi apakah kita harus membantah mereka? Nggak! Bagaimanapun juga kita harus menghormati dan menghargai mereka. Inilah cara sederhana menunjukkan balas budi kita kepada keduanya.

Berbicara soal balas budi, menyayangi dan mencintai kedua orangtua bisa dilakukan dengan sederhana. Banyak hal-hal kecil yang bisa kita aplikasikan dalam hidup demi membangun hubungan anak-orangtua yang indah dan harmonis. Berikut 25 ara sederhana yang bisa kita lakukan untuk menyayangi dan mencintai orangtua kita.

Bersikap baik di depan keduanya

Bersikap baik kepada orangtua bisa dimulai dengan pikiran membangun hubungan positif dengan mereka. Bagaimanapun juga, orangtua nggak pernah ingin punya masalah dengan anaknya. Jika kamu membangun pikiran positif ini, maka hubungan kamu dengan orangtua akan lebih harmonis.

Tidak mengungkit kenangan buruk

Setiap orangtua pasti punya kenangan buruk yang nggak ingin diperbincangkan lagi. Entah itu kenangan semasa hidup yang nggak ada hubungannya dengan kita atau mungkin kenangan buruk dengan kita sendiri.

Jika kita pernah punya masalah dengan orangtua kita, kemudia keduanya sudah saling memaafkan, sebaiknya perkara ini jangan diungkit lagi. Luka lama biarkan sembuh sendiri.

Tenangkan mereka saat mereka marah

Saat mereka marah, usahakan untuk menenangkan mereka. Sama seperti manusia lainnya, ada kalanya orangtua kita mengalami suasana hati yang nggak menyenangkan. Jika nggak bisa menenangkan, se-nggak-nya kamu diam saja. Jangan buat suasana semakin keruh.

Jangan menjawab ketika mereka menasehati

Percayalah, setiap orangtua ingin yang terbaik untuk anaknya. Mereka akan terus menasehati walau anaknya sudah tumbuh dewasa sekalipun. Jika nasehat mereka nggak bisa kamu terima, jangan dibantah. Diam lebih baik. Ini adalah salah satu cara yang bisa kita tunjukkan untuk menyayangi dan mencintai orangtua kita.

Doakan mereka setiap hari

Cara paling sederhana lainnya untuk mencintai dan menyayangi orangtua kita adalah dengan mendoakan mereka setiap hari. Doakan kesehatan, umur dan rezeki yang berkah dan doakan agar bertemu lagi di surga nantinya. Jika kamu sudah nggak punya orangtua, doakan agar mereka agar amal ibadah mereka diterima.

Tanyakan kabar mereka setiap hari

Tanyakan kondisi mereka lahir batin setiap hari baik secara langsung maupun via telepon. Selain ingin mendengar kabar kita, orangtua juga ingin diperhatikan oleh anak-anaknya.

Berikan penghargaan kepada keduanya jika kamu berhasil mengerjakan sesuatu

Nggak heran kan saat membuat tulisan ilmiah, hampir semua orang menyampaikan rasa terimakasih mereka kepada kedua orang tua. Hal ini adalah cara yang paling sederhana untuk menunjukkan bahwa kamu menyayangi mereka. Sebutlah nama mereka saat kamu mendapat sebuah pencapaian.

Jangan ubah topik saat mereka sedang berbicara

Dengarkan apa yang sedang mereka bicarakan. Sampaikan pendapat kamu mengenai topik yang sedang dibahas. Jika kamu nggak suka dengan topiknya, jangan mengalihkan topik pembicaraan. Lagi-lagi, diam lebih baik.

Simpan handphone saat berbicara dengan mereka

Bisukan handphone dan simpan jauh-jauh saat sedang berbicara mereka. Ini adalah hal paling kecil untuk menghargai keberadaan mereka.

Segera datang saat mereka meminta bantuan

Segera iyakan saat mereka meminta bantuan. Luangkan waktu untuk membantu mereka dalam keadaan apapun. Jika kamu nggak bisa membantunya sendiri, maka kirimkan orang lain untuk melakukannya.

Belikan sesuatu yang mereka suka

Bisa nggak kamu bayangkan bagaimana bahagianya mereka jika kamu membelikan hadiah yang mereka suka? Nggak harus besar, benda kecil sekalipun mereka akan membuat mereka senang.

Minta saran mereka

Minta saran mereka saat kamu ingin melakukan sesuatu atau saat mengambil keputusan besar. Orangtua pasti punya pandangan yang lebih bijak karena mereka sudah berpengalaman.

Jangan membentak mereka

Jangan sekali-kali mengeraskan suara bahkan membentak mereka. jangan gores hati mereka. Semarah apapun kita, berusahalah menahan emosi dan tetap berbicara lembut dengan ayah ibu kita.

Jangan memarahi anak di depan mereka

Bagi seorang nenek dan kakek, cucu selalu akan jadi anak kecil yang harus disayangi dan dimanjakan. Jangan memarahi anak di depan mereka karena bisa jadi mereka membela si anak. Soal cara mendidik anak, bisa dibincangkan baik-baik dengan keduanya.

Pertimbangkan pendapat mereka

Setelah meminta saran, pertimbangkanlah baik-baik saran yang mereka berikan. Jika bisa diterima, berterimakasihlah. Jika nggak, jelaskan baik-baik kepada mereka.

Bersyukurlah mempunyai orangtua seperti mereka

Bersyukurlah karena mempunyai mereka. Baik atau buruk mereka tetap orangtua kita. Anak mana yang bisa memilih ingin dilahirkan dari rahim siapa?

 

Jadikan mereka prioritas utama

Utamakan mereka dalam setiap hal. Inilah cara kita berbakti dan membalas budi mereka. Saat kita memprioritaskan orangtua kita, mereka akan merasa sangat disayangi dan dicintai.

Luangkan waktu untuk menjenguk mereka

Make time untuk mereka. Jenguklah mereka saat sedang cuti. Ajak mereka liburan bersama. Saat-saat ini juga akan membangun hubungan yang makin erat antara anak dan orangtua serta dengan cucu mereka.

Masak makanan favorit mereka

Sesekali masaklah makanan kesukaan mereka. Atau ajak mereka makan di restoran favorit keduanya.

Jangan libatkan mereka jika sedang bermasalah dengan saudara kandung lainnya

Jangan tambah beban pikiran orangtua karena masalah kita dengan saudara kandung yang lain. Bagaimanapun, orangtua nggak akan bisa memihak.

Ajarkan anak kita menyayangi mereka

Sudah seharusnya anak kita juga mencintai dan menyayangi kakek dan nenek. Ajarkan norma-norma pada mereka agar mereka bisa menghargai keduanya.

Peluk mereka sesering mungkin

Pelukan adalah healing yang paling efektif. Seberat apapun hari kita, saat kita memeluk seseorang,  maka rasa penat kita hilang seketika. Hal ini juga berlaku bagi kedua orangtua kita.

Ucapkan I Love You sesering mungkin

Nggak ada salahnya sering mengucapkan atau mengekspresikan cinta kepada orangtua. Mereka akan sangat bahagia dan bangga karena bisa membesarkan anak yang penuh kasih sayang.

Ajak mereka untuk menginap di rumah kita

Jika tinggal berjauhan, ajaklah mereka menginap di rumah kita. Perlakukan mereka dengan baik. Dan buat mereka nyaman layaknya tinggal di rumah sendiri.

Pijat mereka saat sedang mengobrol

Pijat kaki atau tangan keduanya saat sedang berbicara santai.

Semoga cara di atas bisa kita aplikasikan sebagai bentuk kasih sayang kita kepada orangtua. Bersyukurlah jika masih memiliki keduanya. Dan mari doakan orangtua teman-teman kita yang sudah meninggal dunia. ^^

 

7 Shares:
39 comments
  1. makin gede aku jarang banget dirumah
    memang cara cara sederhana aja yang kita berikan, itu udah bisa membuat mereka happy, nggak perlu muluk muluk juga
    sekarang aku hanya bisa mendoakan mereka berdua mbak

  2. Alhamdulillah bagi kita yang masih memiliki orang tua yang lengkap. Mereka mendidik kita sejak kecil, dan sudah saatnyalah kita membalas jasa mereka meski tidak akan pernah terbalaskan dengan apapun. Dengan membuat mereka bisa tersenyum pun adalah kebahagiaan mereka

  3. Banyak cara sederhana juga ya untuk menyenangkan orang tua, sebagai anak memang sih perlu sekali untuk menghormati dan belajar menghargai sesudah suksesapapun kita. Krn kdg atau seringnya rido lancarnya idup ada d orang tua hihi

  4. Jadi terharu deh bacanya, Kak.. Saya termasuk anak yang sering teringat hal pahit tentang orang tua. Padahal, kenangan manis jauh lebih banyak. Ini seperti sebuah godaan yang bisa mengganggu hubungan dengan orang tua. Selayaknya, kita selalu berkomunikasi dengan mereka ketika mengingat hal kurang menyenangkan semasa bersama orang tua. Komunikasi bisa melunturkan segala kenangan pahit dan menggantinya dengan kenangan baru.

    1. benar kak. Pasti lah ada hal-hal yang tidak menyenangkan pernah terjadi, kecil atau besar tentunya pernah menggores hati keduanya. Sebaiknya jangan diungkit-ungkit lagi. ingat aja kenangan-kenangan indah.

  5. Ini semua benar banget kak. Tapi aku masih mencari cara juga untuk mencoba hal-hal diatas, khususnya ke mertuaku yang super unik. Hikss…. Semoga diberi kemudahan dan jalan.

  6. Hiks, ada banyak yang saat ini tidak bisa aku lakukan pada ibuku. Soalnya sekarang lagi merantau ikut suami dan jaraknya cukup jauh dari kampung. JAdi kasih perhatiannya bisanya dari jauh saja. misalnya sering menelpon, kirim hadiah, dan lainnya.

  7. Cara simpel ya sebenernya cuma pelaksanaannya memang nggak selalu simpel. Apalagi kalo udah urusannya ke pengasuhan anak (cucu mereka). Banyak kejadian pola asuh dari ortu hancur karena nenek-kakek 🙁

  8. Pijat mereka saat sedang mengobrol.

    Bagian yang paling saya rindukan malah yang ini. Sejak pandemi, sudah lama saya nggak berkunjung ke rumah nenek. Saya sering memijat beliau dan mama saya paling gembira jika saya melakukannya.

  9. Benar sekali sih. Daripada mendebat dan malah menyakiti hati mereka. Saya lebih memilih diam. Dan nggak harus dengan materi. Ternyata cara sederhana pun bisa membuat hati mereka senang.

  10. Huhuhu…jadi inget ortu deh. Soalnya dua-duanya udah wafat…hiks. Ada beberapa poin yang rasanya belum banyak kulakukan buat mereka. Sekarang yaa bisanya mendoakan aja buat mereka…

  11. Saya jarang sekali menanyakan kabar orangtua kak 🙁
    Sejujurnya memang nggak sedekat itu. Tapi semenjak pandemi jadi lebih sering sih. Karena takutnya mereka nggak kasih kabar, padahal lagi kurang sehat

  12. Bahagianya jika kita sebagai anak selalu bisa melakukan ke 25 cara diatas, dan aku jujur belum melakukan beberapa dari ke 25 itu. Allah lebih sayang ibuku sejak aku masih remaja, sehingga aku masih jadi sosok yang maunya dimanja aja, skrng cuma bisa mendoakan kedua orang tua lewat sholat, Yang masih punya Bapak Ibu bersyukurlah 🙂

  13. Bahagianya jika kita sebagai anak selalu bisa melakukan ke 25 cara diatas, dan aku jujur belum melakukan beberapa dari ke 25 itu. Allah lebih sayang ibuku sejak aku masih remaja, sehingga aku masih jadi sosok yang maunya dimanja aja, skrng cuma bisa mendoakan kedua orang tua lewat sholat,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like