Jenis rambut keriting beragam sesuai tekstur rambut dan tingkatnya. Anda harus menyesuaikan cara merawat rambut keriting sesuai jenis ikalnya sehingga perawatannya tepat dan rambut selalu sehat.
Cara Merawat Rambut Keriting Sesuai Tipe Rambut

Terkadang, memiliki rambut keriting dikeluhkan banyak orang karena dianggap tidak sempurna. Pemilik rambut keriting terbatas mendesain rambut karena rambutnya ikal dan tampak kasar. Padahal perawatan yang tepat, membuat pemilik rambut keriting bangga dengan model rambut alaminya. Berikut ada perawatan rambut keriting sesuai tipe rambut, yaitu:

Rambut Keriting

Rambut keriting tipe 3 adalah jenis rambut pola keriting yang elastis dan tampak rapat. Ikal rambut memiliki pola spiral jelas yang jumlahnya lebat. Tipe rambut tersebut mudah kusut, kusam dan kering karena minyak alami rambut mudah mencapai helai rambut melalui pola spiral kecil.

Cara merawat rambut keriting tipe 3 adalah keramas rutin dengan shampo non sulfat sehingga minyak alami di kulit kepala tidak hilang karena kandungan shampo tersebut. Anda bisa keramas setiap 3-3 kali dalam seminggu agar rambut tetap sehat, jangan keramas setiap hari karena menyebabkan rambut kering.

Pastikan Anda tidak mengikat rambut kencang, lebih baik kuncir rambut di atas kepala menggunakan pengikat berbahan halus. Selain itu hindari pemakaian catok rambut karena memicu rambut rusak dan.

Rambut Bergelombang

Rambut bergelombang dikenal sebagai rambut keriting tipe 2 ciri khas bagian pangkal rambut lurus yang diikuti gelombang longgar seperti huruf S. Cara merawat rambut keriting tipe 2 adalah keramas 2-3 kali seminggu. Anda bisa mencari masker rambut keriting tipe 2 sehingga rambut lebih bercahaya dan sehat.

Pilihlah produk perawatan rambut berbahan leave in sehingga rambut mudah diatur. Selain itu, gunakan sisir khusus dengan gigi-gigi jarang sehingga tidak mudah rusak, saat Anda menggunakan styling tools atau pelurus rambut harus harus memakai spray khusus untuk melindungi rambut dara suhu panas styling tools.

Rambut bergelombang memiliki 3 jenis rambut. Yaitu tipe 2A, tipe 2B dan tipe 2 C yang membutuhkan perawatan berbeda. Berikut ada cara perawatannya, yaitu:

Tipe 2C

Tipe tersebut lebih sulit diatur karena gelombang dimulai dari akar rambut sampai ujung rambut sehingga waktu perawatan lebih lama.

Tipe 2B

Tipe rambut 2C, gelombang rambut hampir menyentuh akar rambut sehingga lebih sulit di tata. Bahkan lebih mudah kusut di area akar rambut, cara merawat rambut keriting tipe 2B harus kompleks sehingga kecantikan tetap terpancar. Gunakan serangkaian shampo, vitamin, conditioner dan lainnya yang kaya vitamin dan mineral.

Tipe 2A

Tipe 2A memiliki ciri khas tidak terlalu keriting, masih banyak rambut yang tampak luruh sehingga perawatannya tidak sulit. Anda bisa mencatok lurus maupun keriting lebih cepat, yang terpenting memberikan vitamin rambut keriting agar tidak mengembang. Dijamin penampilan Anda maksimal dan aura kecantikan terpancar.

Rambut Kribo

Rambut kribo disebut afro yang memiliki diameter ikal sangat kecil seperti mie. Rambut kribo memiliki 3 tipe, yaitu tipe 4A, tipe 4B dan tipe 4C. Cara merawat rambut keriting jenis kribo diperlukan serangkaian produk rambut agar rambut tetap sehat dan menunjang penampilan.

Anda bisa membubuhkan minyak jarak sebelum keramas sehingga rambut lebih halus dan mudah di tata. Anda bisa menggunakan conditioner untuk rambut keriting dan mengembang.

Bahan Alami Perawatan Rambut Keriting

Setelah mengetahui tipe rambut keriting yang Anda miliki, Anda bisa menggunakan bahan alami sebagai perawatan penunjang. Berikut ada bahan alami yang disarankan, antara lain:

Minyak zaitun

Anda bisa menggunakan minyak zaitun agar rambut keriting tetap halus. Bungkus rambut yang sudah dilumuri minyak zaitun selama beberapa menit, jika memiliki waktu luang bisa membungkus rambut baluran minyak zaitun semalaman. Setelah itu, cuci rambut menggunakan shampo dan conditioner.

Alpukat

Alpukat bisa melembabkan rambut keriting Anda, jadikan alpukat sebagai masker rambut. Campurkan alpukat dengan putih telur dan madu, lalu aduk merata dan oleskan pada rambut. Diamkan beberapa menit sebelum dibilas air hangat.

Cara merawat rambut keriting mudah dilakukan, jangan jadikan rambut keriting sebagai kekurangan Anda. Anda bisa menerapkan cara di atas sesuai jenis rambut keriting Anda sehingga hasilnya optimal.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like