Mempunyai wajah kering dan juga kusam nyatanya tidak akan membuat kamu merasa nyaman dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Semacam apa cara merawat kulit kering dan kusam supaya kembali nampak bersinar serta sehat?

Aspek dari luar seperti halnya paparan cahaya matahari dan juga asap rokok bisa juga menjadi pemicu kulit kering dan kusam.

Kulit kusam serta kering bukan berarti tidak dapat dicegah ataupun diatasi. Terdapat sebagian cara gampang yang bisa kamu jalani semacam mengendalikan waktu mandi sampai konsumsi skincare.

Setiap orang memang mempunyai tipe kulit yang berbeda, tetapi kulit yang sehat biasanya akan tampak fresh, lembab, elastis, dan bebas dari rasa gatal, terkelupas, ataupun nyeri.

Buat memperoleh kulit yang cerah dan sehat tidaklah hal yang gampang. Kerap kali terdapat masa di mana kulit jadi bermasalah. Salah satu perihal yang umum terjadi yaitu kulit kering. Keadaan ini disyarati dengan kulit terasa kencang atau pun tertarik, yang biasanya terjadi sehabis mandi, kulit tampak mengkerut, kumal, agresif, serta kadangkala terasa gatal.

Dalam keadaan yang lumayan berat, kulit kering dapat diiringi kemerahan, ciri peradangan, serta terkelupas.

Keadaan ini bisa dirasakan oleh siapapun, mulai dari anak sampai orang tua, tanpa melihat tipe kelamin ataupun tipe kulit. Walaupun demikian, terdapat sebagian kelompok orang yang lebih rentan hadapi kulit kering, ialah umur tua (lebih dari 65 tahun) dan tinggal di wilayah kering serta dingin.

Cara Merawat Kulit Kering dan Kusam

Sesungguhnya kulit kering serta kusam diakibatkan sebab kulit tidak dapat melindungi kelembaban serta menyusutnya tingkatan sebum.

Tidak hanya itu aspek pemicu yang lain yaitu sebab kurang mengkonsumsi air, kurang melindungi pola makanan sehat, serta pemakaian perlengkapan makeup yang tidak sesuai. Walaupun begitu permasalahan kulit ini masih senantiasa dapat diatasi.

Merawat kulit kering membutuhkan perawatan dari dalam serta luar. Berikut cara merawat kulit kering dan kusam yang harus Kamu tahu.

Jauhi Memakai Air dengan Temperatur Sangat Panas

Kamu boleh saja mandi dengan air hangat. Kandungan panasnya sekitar satu derajat di atas temperatur badan ialah 38C. Ini sebab air yang panas bisa melenyapkan minyak alami dari kulit. Kemudian batasi waktu mandi 5-10 menit.

Pakai Sabun Khusus buat Kulit Kering

Sabun tersebut umumnya mencantumkan label “moisturizing” ataupun melembabkan. Sebisa mungkin memilih sabun yang tidak memiliki pewangi maupun perona.

Gunakan Pelembab Agar Wajah Tidak Terlihat Kering dan Kusam

Cara merawat kulit kering dan kusam yang gampang yaitu mengenakan pelembab. Temukan pelembab yang sesuai buat kulit wajah kamu serta pakai secara teratur, paling utama sehabis mandi.

Menggunakan pelembab bisa menolong kulit wajah kamu mempertahankan kelembabannya. Jauhi dari berbagai pelembab wajah yang mempunyai pewangi dan alkohol. Hal ini disebabkan bisa menimbulkan iritasi. Proteksi wajah kamu pula dari cahaya matahari yang menusuk.

Gunakan Sunscreen Tiap Hari

Dengan memakai sunscreen ataupun tabir surya tiap hari bisa menolong menghindari kerusakan akibat cahaya UV. Termasuk dispigmentasi kulit, bercak-bercak coklat penuaan, serta tekstur agresif serta kumal.

Memicu Perkembangan Kolagen Dengan Retinoid

Retinoid akan membantu mengelupaskan berbagai sel kulit yang dianggap lebih tua. Membawa berbagai sel kulit baru yang lebih fresh ke permukaan. Sehingga bisa menghaluskan dan juga menipiskan susunan atas sel- sel dan membuat kulit jadi lebih bercahaya.

Minum Air Putih Cukup

Kulit kering kerap kali jadi tanda-tanda badan yang kehilangan cairan tubuh (kekurangan cairan). Jadi, salah satu cara melembabkan kulit kering yaitu dengan penuhi kebutuhan cairan, ialah 1,5–2 liter per hari.

Perawatan dari Dalam

Cara merawat kulit kering dan kusam pula wajib dilakukan dari dalam, yaitu lewat makanan. Konsumsi makanan yang memiliki vit A, E, omega 3, serta zinc merupakan metode natural menanggulangi kulit kering.

Pakai Krim Anti-Peradangan

Apabila kulit kering Kamu diakibatkan oleh peradangan kulit, berkonsultasilah dengan dokter. Dokter umumnya akan memberikan krim steroid yang disesuaikan dengan keadaan kulit Kamu.

Pakai Humidifier

Udara kering, panas, serta ruang ber-AC membuat kulit semakin kering. Nah cara menangani kulit kering bersisik, pakai humidifier buat menaikkan kelembaban di dalam rumah.

Terdapat banyak cara merawat kulit kering dan kusam serta pastinya tidak rumit dan bisa Kamu lakukan sendiri. Dengan mengikuti tips di atas dengan teratur, bukan tidak mungkin kulit Kamu bisa kembali sehat serta fresh kembali.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like