2020 mengajarkan kita bagaimana merawat diri lebih baik. Tepat sekali dengan momen tahun baru 2021 di mana kebanyakan orang berbicara resolusi dan target sepanjang tahun, maka artikel ini akan membahas bagaimana meningkatkan self-care di tahun 2021 ini.

Self-care adalah kata lain dari self-love. Jika kita merawat diri sendiri dengan baik, maknanya kita sedang mencintai diri sendiri. Aku pribadi sering sekali mendengar kata-kata ini di tahun 2020, saat kita di uji dengan bertamunya si pandemi.

Dituntut untuk berada di rumah hampir sepanjang tahun, membuat kita lebih paham apa itu self-care. Pandemi pun memberikan waktu lebih banyak untuk kita agar mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Mungkin ini adalah salah satu hikmahnya. So, big thanks 2020.

merawat diri sendiri adalah bentuk self love

Sebelum pandemi bertandang, mungkin kita termasuk salah satu orang yang paling sibuk dengan rutinitas harian entah itu urusan rumah tangga ataupun urusan pekerjaan hingga kita lupa merawat diri. Kita hampir tidak punya waktu untuk olahraga maupun memakai masker wajah 2 kali seminggu.

Belum lagi berbicara soal pola makan yang tidak sehat dan tidur yang tidak cukup. 2020 seakan menyadarkan bagaimana berantakannya pola hidup kita sampai akhirnya kita benar-benar dituntut untuk berubah. Setidaknya hal ini terjadi pada diriku sendiri. Jika memang sebagian pembaca merasa sudah hidup dengan teratur, selamat. Pertahankan itu.

Self-care sangat berpengaruh bagi kesehatan fisik dan mental. Jika keduanya seimbang, maka hidup kita juga akan seimbang. Nah, berikut 4 cara merawat diri dengan lebih baik di tahun 2021 agar kita bisa memiliki hidup yang lebih baik pula ke depannya.

Jadwalkan Perawatan Diri di Kalender

Bagi wanita khususnya, perawatan diri seperti facial, massage dan spa, atau semacamnya bisa dikatakan rutinitas mingguan atau bulanan. Jika selama ini kamu sibuk untuk melakukannya, maka ada baiknya kamu menjadwalkannya di kalender dan ‘make time’ untuk melakukannya.

Merawat diri adalah hal utama yang bisa kamu lakukan untuk me-recharge kembali tubuh kamu. Kamu akan merasa lebih termotivasi, lebih baik, dan lebih energik baik di rumah maupun di tempat kerja.

Melakukan perawatan diri seperti ini tidaklah egois dan tidak bisa juga ditawar. Justru ini sebagai salah satu bentuk cinta pada diri sendiri. Jika memang tidak bisa ke klinik kecantikan atau tempat massage, minimal kamu maskeran sendiri di rumah.

Baca Buku yang Bisa Membuatmu Lebih Baik

Esensi merawat diri lainnya adalah menginvestasikan waktu, energi dan uang untuk diri sendiri. Alih-alih menonton drama Korea sepanjang hari, kenapa tidak menyisihkan sedikit waktu untuk membaca buku?

Bacalah buku yang membuat kamu menjadi lebih bahagia, lebih cerdas, dan lebih percaya diri. Selain ini, buku-buku ini akan menutrisi otak dan menambah wawasan kamu. Jika kamu orang yang tidak suka membaca, kamu bisa memulai dengan membaca quotes singkat yang memotivasi atau buku dengan gaya bahasa ringan.

source: freepik.com

Put Yourself First

Ada kalanya mementingkan diri sendiri itu diperlukan untuk kesehatan fisik dan mental. Ini adalah salah satu perawatan diri yang seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang.

Tidak bisa dipungkiri di luar sana, entah kamu atau teman kamu justru lebih mementingkan orang lain ketimbang dirinya sendiri. Hal ini tentu akan menggangu kesehatan mental. Kamu seringkali dimintai untuk mem-back up pekerjaan orang lain hingga pekerjaan sendiri terbengkalai.

Jika kamu tipikal orang yang susah menolak jika seseorang minta tolong, maka di tahun 2021 ini belajarlah untuk memilah-milah mana yang benar-benar butuh pertolongan kamu, mana yang bisa ditunda. Mulailah untuk melihat diri kamu sendiri dulu, baru kemudian orang lain.

Beri waktu untuk mengenal diri sendiri, pikirkan apa yang kamu yakini, cari tau apa yang kamu sukai dan tidak kamu sukai, pikirkan cara menghargai diri sendiri, pikirkan juga tentang hubungan kamu baik dalam percintaan maupun dalam persahabatan.

Jaga Kebersihan Rumah

Baiti jannati. Home sweet home. Kamu pasti sangat familiar dengan istilah ini. Rumah adalah tempat singgah yang diharapkan bisa memberikan kenyamanan untuk bersantai setelah hari yang panjang. Rumah juga menjadi tempat paling aman untuk melakukan me time.ย 

Jika beberapa tahun terakhir kamu sering menumpuk piring kotor di westafel, menumpuk pakaian yang akan disetrika, dan sering lupa membuang sampah, maka 2021 ini sudah saatnya kamu berubah.

Rumah yang nyaman akan mempengaruhi kualitas tidur kamu dan mampu menurunkan tingkat stres. Jika kamu tidak sempat melakukan pekerjaan domestik karena harus berangkat kerja pagi-pagi, kamu bisa bangun lebih awal atau menyelesaikannya di malam hari sebelum kamu tidur.

Jadi lebih produktif tentu harapan kita semua di tahun 2021 ini. Produktif yang dimaksud tidak hanya berkaitan dengan pekerjaan kantoran saja tapi juga menyelesaikan pekerjaan rumah. Rumah yang bersih, nyaman dan aman, tentu akan memberikan kedamaian. Dan ini adalah self-care yang paling penting untuk dilakukan.

Sebenarnya ada banyak lagi hal yang bisa kamu lakukan di tahun 2021 untuk meningkatkan rutinitas perawatan diri kamu. Bisa dimulai dari merawat fisik hingga kesehatan mental yang juga tidak kalah penting. Harapannya, semoga di tahun 2021 ini kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan selalu memberikan yang terbaik untuk diri sendiri maupun orang banyak.

Semoga artikel ini bermanfaat. ^^

 

0 Shares:
42 comments
  1. Self care ala aku nonton drakor yang genre comedy sambil nyamil. Enak banget. Rasanya sekarang saat PSBB semua orang pasti butuh menyadari self care ya

  2. Setuju banget, tahun ini kita harus lebih sayangi diri sendiri ya. Pasti bakal sangat bikin stres soalnya tahun ini. Dengan sayang diri sendiri, kita bisa lebih sehat dan bahagia. Huhu, aku nih malah mengawali hari dengan sakit. Semoga bisa segera sehat, dan bisa lebih menyayangi diri sendiri.

  3. Put yourself first — ini bener banget sih. Apalagi buat emak beranak dua sepertiku, terkadang suka lupa memikirkan diri sendiri, semua tentang anak dan suami, ujung-ujungnya suka merasa insecure dan ga bersemangat. Kalau aku sendiri ngeblog menjadi salah satu pilihan selfcare ku. Rasanya kalau sehari ga nulis tuh ada yang hilang di dalam diri.

  4. Favorit aku yakni di point menjaga kebersihan rumah ahaha. Aku juga sekarang mesti belajar banyak banget supaya bisa tetep bertahan hidup dengan baik. Trims artikelnya estetik mba Jasmiii. Keep on blogging <3.

  5. Bismillah, tahun ini aku jg pengin bgt self love dan lebih sehat mental Kak Njas, soalnya tahun lalu rasanya menomorduakan diri swndiri huhuhu. Bagus jg idenya buat alokasikan waktu di kalender, mau kucobak ah siapa tau lbh works

  6. setuju banget untuk jaga kebersihan rumah. Karena di awal tahun ini adalah masa aku di rumah saja karena off dulu dari kerja, aku coba merawat rumah. Kalau dulu sering banget gak sempat bersihkan rumah, kalau sekarang jadi bisa tiap hari untuk dibersihkan ataupun dirawat.

  7. Jadwalkan Perawatan Diri di Kalender –> ini ku rasakan iya banget mba… padal sebelum pandemi tu ga ada gini2.. aka ga ada waktu ehh sekarang ada waktu sehingga merasa lebih baik

  8. Perawatan fisik itu penting banget. Dulu sebelum aku nikah, ada seorang teman yang ku anggap seperti orangtua sendiri. Beliau berpesan kalau kita srbagai petempuan wajib merawat diri. Supaya diusia 40+ nggak tampak jauh berbeda usianya dengan suami kita. Maksudnya tampak lebih grow up. Hehehe

  9. Nah merawat diri ini yang kadang nggak sempat mbak, mau me time bentar aja krucil-krucil dirumah auto ngerecokin. Btw, paling nggak liat anak dan rumah bahagia saya juga udah bisa bahagia ya

  10. Jaga Kebersihan Rumah ini effort banget buat mamak pekerja kaya aku bisa beres-beres kalu malem soalnya kalau pagi nyiapin makanan dan kebutuhan anak-anak sebelum ditinggal kerja sepertinya harus dimanage supaya lebih baik lagi sama jadwal baca buku sudah sangat susah huhuhu

  11. Kalau aku sukanya hot chocolate sih. Dibikin seneng aja yah buat diri sendiri. Semoga tahun 2021 dunia semakin baik yah…

  12. merawat diri sendiri itu penting ya mbak
    bukti klo kita mencintai diri kita sendiri
    kan sebelum kita mencintai orang lain kita harus mencintai diri sendiri dulu

  13. Saya nonton drama Korea jadi nambah semangat merawat diri Mbak… lihat women leading nya kok glowing dan kurus langsing gitu jadi pingin gitu juga meskipun kerap terdengar mereka menjalani diet yang tidak masuk akal saking pingin kurusnya ya haha. Setuju banget merawat diri harus dijadwalkan.

  14. Kalo resolusi self-care ku tahun ini, leboh menghargai dn meenrima diri sendiri aja sih mbak. Mungkin dengan begitu bisa menikmati hidup dengan lebih baik. Yang otomatis bisa menuurnkan kadar ke-insecur-an ku ^^

  15. Cara saya merawat diri itu dengan Me Time, Mbak Jasmi. Jadi sebelum pandemi itu, saya sengaja ngebolang sendiri, menikmati alam. Lainnya itu melakukan hal-hal menyenangkan. bersepeda, nonton, termasuk membaca buku. Pastinya kalau rumah bersih, akan semakin nyaman berada di dalamnya.

  16. Ya setuju sekali. Kita perlu merawat dan membuat diri kita nyaman, yg nantinya akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup kita. Semoga kita semua dalam keadaan sehat dan bahagia di masa pandemi ini

  17. Huhuhuhu kak Jasmi.. setelah baca ini saya baru sadar, setelah menjadi ibu entah kenapa diri ini kok lebih sering dibelakangi eh maksudnya gak terurus dan lebih sering mengalah. Padahal self love ini bisa membuat kita lebih bahagia dan mengurus keluarga juga lebih baik.
    Kadang kalo belanja ke minimarket saya cuma inget jajan anak, lupa kalo saya juga berhak jajan dan ngemil coklat selayaknya saya belum menikah.
    Saya gak akan pernah lupa lagi put my self first.

  18. Duh enaknya membayangkan punya kamar mandi bagus dan apik – bisa berendam air hangat sambil baca buku huhuhuuuu sesuatu sekaliiii!

    Thanks artikelnya Jasmi, aku jadi cari me-time aku lagi

  19. Olahraga dan maskeran aku belum bisa rutin mbak. Masih harus memaksa diri untuk menyempatkan.

    Awal tahun ini saya juga membuat resolusi untuk kembali lebih banyak menghabiskan waktu luang dengan membaca buku, ngurangi main game hehehe

  20. menjadi reminder buat diri kita untuk lebih sayang sma diri sendiri. dan menurutku yang sulit adalah gimana kita menolak atau berkata tidak kalau memang kita ngak suka. jadi kayak menyenangkan orang lain.

  21. Wah terima kasih remindernya nih…memang kita harus lebih baik dalam segala hal ya… karena itulah orang yang beruntung. Kalau lebih buruk kita orang yang celaka nih…

  22. Ngomong-ngomong soal jaga kebersihan rumah ini yang belum tuntas aku mbak jasmi, rencana sebelum 2021 datang barang-barang yang gak kepake lagi dah harus dibuang dan perabot-perabot dibersihkan lah, eeeee ambyar semua, karena suami gak ada cuti akhir tahun, wkwkwk

  23. Canva nya keren banget mbak
    Langganan ya?
    Saya setuju, seringkali kita harus mengutamakan kebutuhan diri (jasmani rohani)
    Karena kalau kita sehat, lebih mudah menolong orang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like