Karyawan perlu mengetahui cara mengatasi kelelahan dalam bekerja, terutama bila bekerja pada orang lain. Kelelahan dapat mempengaruhi kualitas hidup dan juga berdampak dalam kehidupan sehari-hari.

Performa kerja juga memburuk dan kalau menyalahkan kelelahan dikarenakan beban kerja juga bukan langkah yang benar. Sepatutnya bekerja bisa dilakukan dengan cerdas bukan dengan bekerja keras, jadi tidak ada yang dirugikan.

Berbagai Cara Mengatasi kelelahan dalam Bekerja

Adal alasan mengapa aturan tenaga kerja menetapkan jam kerja hanya sekitar 8-9 jam saja. Lebih dari itu, selain tidak bisa tampil dengan prima juga akan mempengaruhi kesehatan. Pekerja juga bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi kelelahannya.

Walaupun kalau ingin lebih efektif, perusahaan juga perlu memiliki regulasi dan kebiasaan yang sehat untuk menghindari kelelahan.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi kelelahan dalam bekerja untuk mengembalikan semangat kerja para karyawan.

1. Pola Makan Sehat

Makanan yang masuk ke tubuh menentukan vitalitas dan energi tubuh. Pola hidup sehat membuat tubuh menjadi lebih sehat sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Caranya dengan selalu konsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur, hindari junk food dan yang banyak gula yang membuat Anda mudah mengantuk dan lelah.

2. Rajin Olahraga

Cara mengatasi kelelahan dalam bekerja adalah dengan olahraga teratur. Tidak perlu langsung olahraga berat, sebaiknya yang ringan saja tetapi teratur terutama yang belum terbiasa olahraga.

Aktif bergerak membuat tubuh lebih fit terutama untuk orang yang pekerjaannya lebih banyak di depan komputer atau laptop. Inilah sebabnya banyak perusahaan menetapkan ada hari khusus untuk berolahraga atau menaruh alat olahraga di kantor untuk bisa dipakai karyawannya.

3. Bekerja Sesuai Jam Kerja

Kebiasaan lembur justru bukan hal yang sehat. Anda akan kelelahan saat mengerjakannya dan kalau hasilnya perlu dijelaskan keesokan harinya maka Anda akan berada dalam kondisi fisik yang tidak fokus dan letih.

Biasakan untuk menyelesaikan tugas sesuai jam kerja dan berikan performa terbaik dalam kurun waktu tersebut. Jadi, Anda akan terlepas dari keletihan bekerja yang bisa membahayakan nyawa.

4. Banyak Minum Air Putih

Kekurangan air putih membuat tubuh mengalami dehidrasi. Aliran darah ke otak lebih lambat sehingga tubuh mengalami kelelahan. Makanya penting sekali minum air putih yang cukup setiap harinya.

Bukan itu saja, kurangnya minum air putih juga dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan lainnya. Kurangi minum kopi dan teh yang sering diasosiasikan dengan begadang yang justru merupakan kebiasaan yang tidak sehat.

5. Tidur yang Cukup

Tidur dengan durasi yang cukup dan berkualitas membuat tubuh lebih semangat menjalani hari. Kelelahan akibat bekerja pun dapat menghilang.

Tidur dibarengi istirahat yang cukup merupakan salah satu faktor pendukung meningkatkannya energi tubuh. Maka, jangan heran orang yang kurang tidur akan cepat lelah bahkan saat jam kerja sedang berlangsung.

6. Jangan Melewatkan Sarapan

Cara mengatasi kelelahan dalam bekerja berikutnya adalah dengan rutin sarapan pagi. Makan pagi memberikan energi pertama bagi tubuh untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan sampai siang hari.

Maka, penting sekali untuk tidak melewatkan hal ini apapun alasannya. Jika takut terlambat tiba di kantor hanya karena sarapan pagi, cobalah bangun lebih awal dan mempersiapkan segalanya. Boleh saja bawa bekal dan sarapan di kantor atau di dalam mobil saat sedang macet.

7. Mengelola Stress

Kondisi pikiran yang tidak karuan berdampak pada pekerjaan, seperti buntu atau malas menyelesaikan pekerjaan hingga bertumpuk. Hal ini mengganggu jadwal dan kualitas tidur. Akibatnya, tubuh yang dipaksa bekerja di pagi hingga sore hari wajar saja jika merasa lelah.

Kendalikan stress dengan melakukan aktivitas yang disukai seperti membaca buku, menonton televisi atau mengunjungi spot wisata. Tujuannya agar pikiran kembali fresh, rileks dan jernih. Setelah itu, kembali bekerja dengan perasaan lebih semangat dan termotivasi.

Nah, itulah 6 cara menghilangkan kelelahan dalam bekerja yang dapat diterapkan oleh siapa saja. Keenam poin di atas tidak sulit untuk dibiasakan namun terkadang rasa malas muncul. Atasi rasa malas dengan fokus pada tujuan yang ingin diperoleh.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like