Gadget bukan hanya digunakan orang dewasa, anak-anak lebih rentan kecanduan gadget jika orang tua membiarkannya bermain gadget. Apalagi gadget memuat aneka permainan anak-anak dan berbagai interaksi lain yang disukai anak, saat anak kecanduan orang tua harus mengetahui cara mengatasi kecanduan gadget pada anak.

Cara Efektif Mengatasi Kecanduan Smartphone pada Anak

Gadget memiliki nilai positif dan negatif untuk anak, walaupun anak-anak bisa belajar secara online tetapi harus diperhatikan waktunya. Apalagi dampak kecanduan gadget pada anak mempengaruhi perkembangan motorik anak, berikut ada cara efektif mengatasi kecanduan gadget pada anak:

Mengalihkan Perhatian Anak

Anak-anak hobi bermain gadget dan tidak bergaul dengan teman sebayanya setiap? Dipastikan anak kecanduan gadget, usahakan orang tua mengalihkan perhatian anak dari gadget.

Orang tua bisa mengajak anak bermain bersama dan menyembunyikan Smartphone. Berikan permainan yang membuat anak penasaran, misalnya bermain tebak-tebakan, membacakan cerita, olahraga, berkebun dan lainnya. Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak tersebut efektif karena anak sibuk beraktivitas bersama orang tua dibanding bermain gadget.

Berikan Contoh yang Baik

Mengatasi kecanduan gadget pada anak dibutuhkan kesadaran orang tua, orang tua harus memberikan contoh yang baik. Pastikan orang tua tidak bermain gadget di dekat anak sehingga anak tidak ikut-ikutan.

Lebih baik luangkan waktu melakukan rutinitas bermanfaat sehingga anak mengikuti rutinitas orang tua.
Jika Anda tipe yang sibuk, luangkan waktu bermain bersama anak sehingga anak merasa diperhatikan dan tidak larut bermain gadget. Pasalnya, sebagian anak merasa kesepian tanpa orang tua sehingga memilih gadget sebagai penghibur.

Memberi Jadwal

Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak selanjutnya adalah membuat jadwal anak bermain gadget. Misalnya untuk menyelesaikan tugas online, mencari referensi untuk kegiatan sekolah dan lainnya.

Saat anak menolak jadwal karena sudah kecanduan, sikap orangtua terhadap anak yang kecanduan gadget harus sabar. Jangan memarahi anak karena membuat mereka tertekan dan merasa diabaikan, nasihatilah anak dengan bijak dan bahasa halus sehingga anak menerima jadwal bermain gadget.

Berikan Pujian saat Anak Menjauhi Gadget

Setiap anak memiliki kepribadian berbeda, ada anak yang kecanduan gadget tetapi mudah dialihkan. Tetapi ada anak yang sulit dialihkan dari gadget, orang tua bisa mencari ide kreatif agar anak menjauhi gadget.

Orang tua bisa mengajak anak bermain aneka permainan anak maupun kuis berhadiah. Siapa yang lebih lama tidak memegang gadget mendapat pujian dan hadiah menarik, cara tersebut membuat anak bahagia dan mengikuti arahan orang tua. Apalagi jika pujian atau hadiah adalah benda yang ingin dibeli.

Cara mengatasi kecanduan HP pada anak bisa dilakukan orang tua, yang terpenting sabar dan mengenali kepribadian anak. Lama-lama anak tidak kecanduan gadget dan bisa bermain dengan teman sebaya.

Menerapkan Area Bebas Gadget di Rumah

Anak yang kecanduan gadget membawa gadget kemanapun ia pergi, sebagai orang tua tak boleh membiarkannya. Walaupun anak yang bermain gadget tidak merepotkan orang tua karena sibuk menatap layar, tetapi paparan layar Smartphone bisa merusak mata anak.

Orang tua bisa menerapkan area bebas gadget di rumah. Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak tersebut efektif karena mau tidak mau anak meletakkan gadget.

Area bebas gadget yang dipilih banyak, misalnya ruang makan, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi atau ruangan lainnya yang membutuhkan kebersamaan keluarga.

Berikan Wawasan Bahaya Menggunakan Gadget Terlalu Lama

Penyebab anak kecanduan gadget bisa disebabkan faktor luar maupun dalam, bahkan orang tua bisa menjadi penyebab anak kecanduan gadget. Untuk itulah orang tua dan orang sekitar harus tanggap mengenai bahaya bermain gadget terlalu lama.

Berikan edukasi pada anak mengenai bahaya gadget bagi kesehatan fisik dan mental. Pastikan bahasa yang digunakan mudah dimengerti anak-anak agar anak mudah mempraktekannya.

Memperbanyak Aktivitas Motorik

Aktivitas motorik anak membuat anak lebih bahagia dan lupa menggunakan gadget. Orang tua bisa mengajak anak melakukan kegiatan di dalam rumah maupun di luar rumah sehingga anak sibuk dengan aktivitas motorik.

Jika orang tua sibuk bekerja dan menitipkan anak pada pengasuh maupun asisten rumah tangga, diskusikan berbagai aktivitas pada pengasuh anak. Dengan begitu aktivitas motorik anak beragam.

Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak harus dilakukan sedini mungkin. Jangan sampai kecanduan gadget merusak perkembangan anak dan melumpuhkan indera anak karena indra mata anak masih sensitif dan mudah rapuh terkena paparan layar Smartphone.

0 Shares:
5 comments
  1. PR banget aku nih kak menjauhi anak daro gadget juga layar laptop. au nya sendiri emang kurang konsisten karena pekerjaan pasti antara hp dan laptop. bahkan di waktu senggang, eh malah jadi curcol. tapi emang sebisa mungkin gak kebanyakan pegang hp sih ya mba. skill yang lain jadi gak ke asah. aku mau banget nih menerapkan bikin jadwal, biar aku nya juga gak melulu depan laptop atau hp, semua diwaktu. biar anak juga mencontoh saya sebagai emaknya ya

  2. berdasarkan pengalaman cara yg paling efektif adalah Orangtua mengajak anak beraktivitas motorik. Tapi praktek nya berat. Orang tua sering terjebak asyik bermain gadget sendiri

  3. Bahaya banget ya Mba kalau udah kecanduan. Pernah saya lihat, anak yg udah kecanduan, diajak main ke permainan anak, tetep aja mintanya gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like