Layanan hosting menjadi salah satu kebutuhan penting bagi para pengelola website. Hosting menjadi tempat atau wadah di mana semua data dalam website akan tersimpan. Perannya sangat penting karena berpengaruh pada performa website. Agar bisa mendapatkan layanan hosting termurah dan terbaik, cobalah untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:

Sesuaikan dengan Kebutuhan Website

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami seperti apa kebutuhan website kamu. Setiap website punya tujuan pemakaian yang berbeda-beda. Oleh sebab itu pastikan dulu apa tujuan penggunaannya dan pahami seperti apa kebutuhan website tersebut.

Contoh termudah, layanan hosting untuk website pribadi tentu saja akan berbeda dengan hosting untuk website bisnis. Penting sekali untuk menyesuaikan jenis hosting dengan tujuan website dan seperti apa kebutuhannya. Jadi kamu tidak akan salah pilih dan kapasitas hosting juga bisa memenuhi kebutuhan website dengan sangat baik.

Memilih hosting murah dan terbaik sangat dibutuhkan untuk website yang kamu kelola

Pertimbangkan Target Pengunjung Website

Selanjutnya silakan pertimbangkan dulu target pengunjungnya. Setiap website juga memiliki target pengunjung yang berbeda. Kamu bisa mengidentifikasi sendiri siapa saja target konsumen yang diinginkan. Selain itu bisa juga diidentifikasi lokasi target pengunjungnya. Dengan begitu kamu bisa memilih layanan hosting dengan lokasi server yang jangkauannya paling dekat.
Tentu saja kamu ingin website bisa diakses kapan saja secara lancar oleh semua pengunjung.

Identifikasi saja target pengunjung didominasi dari lokasi mana. Apakah ingin menjangkau target pengunjung dalam negeri atau luar negeri? Nantinya saat memilih layanan hosting, kamu bisa cari tahu dulu mana hosting yang lokasi servernya paling mudah menjangkau target pengunjung.

Cek Kapasitas Hosting

Jangan asal memilih layanan hosting termurah tanpa melihat berapa besar kapasitasnya. Mengecek kapasitas hosting sangatlah penting karena bagaimanapun juga kelancaran akses website akan dipengaruhi oleh hal tersebut. Selain itu kapasitas hosting ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dari website itu sendiri.

Misalnya, kamu ingin mengembangkan website untuk keperluan bisnis. Tentu kapasitas hosting yang dibutuhkan lebih besar dibandingkan website pribadi. Jika kapasitasnya tidak memadai, lebih kecil dari kebutuhan maka akan membuat website jadi sulit untuk diakses karena performanya tidak lancar.

Pastikan Ada Layanan Support yang Memadai

Sangat direkomendasikan untuk memilih layanan hosting yang menyediakan support 24 jam. Layanan support konsumen ini sangat penting dan sudah pasti akan selalu kamu butuhkan. Jika sewaktu-waktu terjadi gangguan atau kendala pada akses website maka kamu bisa langsung mendapatkan bantuan. Dengan begitu pengunjung website tidak akan terganggu terlalu lama karena kesulitan akses.

Perlu diketahui bahwa kendala pada akses website bisa terjadi kapan saja. Jadi sangat penting untuk mendapatkan support konsumen yang benar-benar mudah untuk dijangkau. Pastikan juga kamu mengetahui layanan konsumennya bisa dihubungi lewat media apa saja.

Pastikan Performanya Bagus

Kamu pasti ingin website yang mudah dijangkau dan aksesnya cepat, bukan? Oleh sebab itu pastikan dulu layanan hosting yang kamu gunakan punya performa bagus. Tak hanya dari segi kapasitas tapi juga dari kelengkapan fitur yang tersedia.

Cek apa saja fitur yang dihadirkan dan bisa dipakai oleh website kamu. Kelengkapan fiturnya harus bisa sesuai dengan kebutuhan website.

Misalnya saja jika website kamu akan dipakai untuk keperluan bisnis. Secara otomatis fitur yang dibutuhkan akan jauh lebih kompleks. Tak mungkin sama dengan kebutuhan fitur untuk website pribadi.
Pilihlah layanan hosting terbaik yang bisa sesuai kebutuhan kamu. Pastikan juga bahwa layanan tersebut bisa memungkinkan penggunaan https. Https adalah sebuah protokol komunikasi internet yang akan menjamin keamanan akses serta kerahasiaan data.

Baca Ulasan Pengguna Lain

Zaman sekarang ini ada banyak layanan hosting yang berusaha menawarkan kualitas terbaik. Namun jangan sampai terkecoh dengan penawaran yang asal-asalan. Kamu sebaiknya melihat lebih teliti lagi dan membaca ulasan atau review dari para pengguna lain.

Ini penting karena membaca ulasan pengguna lain akan membantu kamu mengetahui kualitas layanan hosting yang sebenarnya. Saat ini kamu bisa menemukan review atau ulasan pengguna layanan hosting dengan mudah lewat mesin pencari. Bacalah beberapa ulasan untuk mencari tahu kualitas layanan hosting tersebut. Usahakan memilih hosting yang sebagian besar review-nya positif.

Perhitungkan Budget

Menyesuaikan pilihan layanan hosting dengan budget yang tersedia juga sangat penting. Percuma saja jika kualitas hosting-nya bagus tapi tidak bisa terjangkau karena budgetnya kurang. Oleh sebab itu lebih baik dari awal sudah menyesuaikan pilihan hosting berdasarkan besaran dana yang kamu miliki.

Memang ada banyak faktor yang perlu diperhatikan saat memilih layanan hosting. Salah satunya adalah budget agar kamu bisa mendapatkan pelayanan hosting terbaik dengan harga yang tidak berat di kantong.
Biasanya layanan hosting juga akan memberikan beberapa pilihan paket. Jadi tinggal pilih mana yang kualitasnya mencukupi dan harganya masuk hitungan budget kamu.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like