Jika kamu sampai di artikel ini, berarti kamu sedang mencari cara daftar GoFood untuk usaha kuliner kamu. Benar, zaman now bisnis kuliner kebanyakan bekerjasama dengan GoFood karena GoFood memang menawarkan banyak sekali manfaat.

Tahun 2020 ini, tren usaha kuliner sedang naik daun lengkap dengan promosi yang inovatif dan pilihan menu yang variatif. Tidak heran, banyak pembisnis baru yang mencoba peruntungan dalam bidang kuliner untuk memulai usaha untuk mendapatkan untung yang menjanjikan.

Berbicara soal bisnis kuliner belum lengkap rasanya jika tidak membahas soal pemasaran yang dilakukan secara online. Oleh itu, Gojek melebarkan sayapnya menjadi aplikasi pesan antar makanan atau disebut juga dengan food delivery. Fitur ini bernama GoFood. Cara daftar GoFood online juga sangat mudah. Nanti akan kita bahas secara detail mengenai itu.

Kenapa Harus Beralih ke Bisnis Kuliner Online?

cara daftar gofood online

Usaha kuliner yang dipasarkan secara online bukan barang baru lagi. Banyak pembisnis di dunia kuliner yang beralih ke sistem online tanpa benar-benar meninggalkan sistem penjualan offline. Bisnis makanan dan minuman online mampu menjangkau konsumen lebih luas lagi karena tidak dibatasi oleh wilayah geografis.

Bukan itu saja, banyak lagi alasan yang bisa mendasari peralihan bisnis kuliner menjadi sistem online, antara lain:

Modal Rendah

Menjajakan makanan secara daring sangat sesuai untuk pembisnis yang memiliki modal terbatas. Membuka gerai secara offline tentu butuh biaya operasional yang tinggi seperti biaya sewa toko atau lapak, biaya alat dan perkakas, hingga biaya maintenance restoran.

Berbeda dengan pemasaran online, penjual bisa memproduksi makanan di dapur rumah pribadi kemudian memasarkannya secara luas. Bisa dipastikan, biaya operasioanl yang dialokasikan juga tidak terlalu tinggi.

Mudah Mendapatkan Dream Customer

Dream customer atau pelanggan ideal dapat dengan mudah menemukan produk yang dijual melalui online. Aplikasi pesan antar makanan sangat membantu penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Untuk meraih pelanggan lebih banyak, perhatikan juga menu makanan yang dijual yang memenuhi cita rasa dan dicari oleh banyak orang.

Memberikan Perbandingan Harga

Wajar jika konsumen membandingkan harga sebelum membeli makanan atau minuman. Dengan berjualan online, pembeli akan dimudahkan dengan fitur tampilan harga pada setiap produk dan akan sangan gampang membandingkan gerai mana yang menawarkan harga yang lebih murah.

Berpeluang Daftar GoFood sebagai Mitra

Mendaftar menjadi mitra GoFood adalah salah satu cara yang efektif dan efisien dalam memasarkan makanan dan minuman. GoFood adalah aplikasi pesan antar makanan dari Gojek yang saat ini menjadi primadona pembisnis kuliner.

Cara daftar GoFood juga sangat mudah dilakukan dan yang terpenting registrasi ini tidak dipungut biaya alias GRATIS. 

Cara Daftar GoFood Online

cara daftar gofood online sangan mudah dan tidak dipungut biaya apapun

Daftar GoFood dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Berikut panduan daftar GoFood langkah demi langkah.

Sebelum daftar GoFood online, kamu harus menyiapkan dokumen sebagai berikut:

  • Foto KTP pemilik bisnis
  • Foto NPWP pemilik bisnis
  • Foto halamam pertama buku tabungan pemilik bisnis

Note: Semua foto berukuran maksimal 3MB

Langkah #1:

Kunjungi website www.gojek.com, klik go-food, klik registration

Langkah #2:

Pilih kategori pendaftaran GoFood yang diinginkan; perseorangan, perusahaan, atau penambahan cabang baru.

Langkah #3:

Isi data bisnis berupa nama perusahaan atau merek.

Langkah #4:

Isi data personal pemilik bisnis berupa nama sesuai KTP, nomor ponsel yang aktif, email pemilik yang masih aktif, jenis identitas pemilik (KTP), nomor identitas pemilik, pilik kota lokasi outlet, alamat lengkap usaha, dan nomor NPWP pemilik. Kemudian upload foto KTP dan NPWP.

Pastikan foto yang diupload jelas dan tidak buram.

Langkah #5:

Isi data pembayaran berupa nama bank, nomor rekening, title pemilik dan nama pemilik rekening. Upload foto halaman depan buku rekening yang berukuran tidak lebih dari 3MB.

Langkah #6:

Isi data outlet. Data outlet berupa nama outlet, kota outlet, kategori outlet, alamat outlet, nomor telepon outlet (bisa nomor selular yang akan dipakai untuk bisnis), dan email outlet (yang akan dipakai untuk pengiriman laporan penjualan).

Langkah #7:

Centang box Syarat & Ketentuan untuk menyetujui term & conditions dari Gobiz dan GoFood. Kemudian klik Submit.

Langkah #8:

Setelah data yang diisi sudah lengkap, piihak GoBiz akan mengirimkan email verifikasi dan kontrak kerjasama secara online DocuSign. DocuSign adalah penandatanganan dokumen resmi secara elektronik. Tanda tangan kontrak kerja ini bersifat wajib.

Langkah #9:

Tunggu maksimal 1 x 24 jam untuk aktivasi akun setelah login ke akun GoBiz menggunakan nomor ponsel outlet yang sudah didaftarkan.

Langkah #10:

Setelah akun aktif, kamu bisa login kembali akun GoBiz dan sudah bisa berjualan di GoFood.

Selanjutnya, siapkan data lanjutan seperti jam operasional outlet, foto makanan, jenis makanan beserta harga dan variasi pilihan paket pada menu kepada pihak GoBiz untuk ditampilkan pada aplikasi. Pihak GoBiz akan menghubungi pemilik bisnis untuk meminta kelengkapan ini.

Pastikan kamu mengikuti cara daftar GoFood online dengan benar agar tidak timbul masalah saat pendaftaran.

Manfaat Join Kemitraan dengan GoFood untuk Usaha Kuliner Milikmu

cara daftar gofood online sangat mudah hanya dengan mendownload aplikasi gobiz

Kehadiran GoFood menjadi jalan pintas bagi pelanggan untuk dapat menikmati sajian yang bermacam ragam. Hanya melalui genggaman tangan pelanggan bisa memesan apa saja kemudian duduk manis dan menunggu pesanannya di antar ke lokasi.

Muncul pertanyaan kenapa perlu daftar GoFood online untuk bisnis kuliner? Apa manfaatnya sehingga GoFood dijadikan mitra yang ‘highly recommended‘ untuk bisnis kuliner milikmu?

Jangkauan Pelanggan yang Lebih Luas

Dengan daftar GoFood, tenant dapat dengan mudah mempromosikan produk mereka kepada pelanggan. Pelanggan dapat memesan makanan di manapun dan kapanpun melalui apikasi. GoFood juga memberikan pelayanan promo kepada tenant secara gratis dan memanjakan konsumen agar tetap memesan makanan melalui online. Promo ini bervariasi mulai dari promo menu makanan tertentu hingga gratis ongkos kirim.

Pelayanan Lebih Fleksibel

GoFood memberikan pelayanan berupa daftar gerai makan yang menjadi mitra GoFood lengkap dengan jam operasionalnya dan daftar restoran yang buka 24 jam. Jadi, pelanggan lebih leluasa memesan makanan kapan saja. Kamu juga akan mendapatkan lebih banyak penjualan jika memperpanjang waktu operasional dan tentu jika stok makanan masih ada.

Dengan GoFood kamu juga bisa tetap mendapatkan orderan dalam cuaca apapun karena akan ada driver yang mengantarkan pesanan makanan kepada konsumen. Contoh sederhana, pelanggan akan enggan keluar rumah dan makan di luar saat hujan dan membuat gerai kamu jadi sepi. Tapi dengan adanya GoFood, kamu tetap bisa melakukan penjualan walau tidak ada konsumen yang datang ke gerai milikmu.

Sistem Bagi Hasil yang Menguntungkan

GoFood menawarkan sistem kerjasama  mutualisme di mana dari hasil penjualan restoran akan mendapatkan untung 80% dan 20% lainnya untuk GoFood. Mitra GoFood biasanya akan menaikkan harga jual menu makanan agar masih tetap untung.

Apakah pembeli dirugikan karna harga jual tinggi? Tentu tidak. Pembeli dapat menikmati fasilitas free ongkir serta dapat menghemat waktu dan tenaga.

Sistem Pembayaran yang Aman

Pembayaran bagi hasil kepada mitra GoFood akan langsung ditransfer ke rekening yang kamu daftrakan sebelumnya. Transaksi cashless ini mampu meminimalisir kerugian restoran karena setiap transaksi akan tercatat dengan rapi dan sistematis di sistem kemitraan GoFood.

Tips Jitu Memulai Usaha Makanan dan Minuman

Sebelum memulai sebuah usaha kuliner, sudah tentu kamu akan mencari tahu tips ampuh untuk memulai usaha agar tepat sasaran dan bisa melakukan penjualan. Sebelumnya, saya ingin bercerita tentang usaha Frozen Food yang saya rintis dengan kakak ipar saya. Usaha ini masih sangat baru dan masih perlu adaptasi untuk bisa masuk ke pasaran yang lebih luas.

Memulai usaha Frozen Food tentu melalui banyak proses, mulai dari menentukan target market, memutuskan makanan apa yang mau dijual hingga strategi marketing yang akan digunakan. Berikut beberapa tips jitu bagi yang ingin memulai bisnis kuliner:

Jual apa yang dimakan sehari-hari

Untuk meningkatkan penjualan dan gampang laku, jualah makanan yang dimakan sehari-hari. Makanan yang dikonsumsi setiap hari lebih luas segmen marketnya sehingga bisa berpotensi untuk meningkatkan angka penjualan. Makanan dan minuman yang sering dikonsumsi juga tergolong gampang untuk diolah karena kamu sudah menguasai resep dan metode membuatnya.

Perhatikan kualitas rasa dan kemasan

Rasa yang enak dan sesuai dengan cita rasa calon pembeli adalah hal WAJIB yang harus dilakukan. Dengan menawarkan makanan atau minuman yang enak tentu akan membuat pembeli repeat order bahkan menjadi langganan. Rasa yang enak tentu harus berbanding lurus dengan kemasan yang bagus dan ramah lingkungan.

Lakukan penjualan secara online

Sudah tidak bisa dibantah bahwa penjualan secara online sekarang ini lebih diandalkan. Selain karena biaya promosi yang lebih murah, promosi online mampu menjangkau calon konsumen lebih banyak. Salah satu cara pemasaran online adalah dengan cara daftar GoFood online dan menjadi mitra GoFood.

Apakah kamu tertarik untuk daftar GoFood online dan melebarkan sayap bisnis kamu lebih luas? Semoga artikel cara daftar GoFood ini bisa membantu kamu.

2 Shares:
19 comments
  1. Di masa pandemi gini, salah satu jalan agar usaha kuliner tetap berjalan emang harus melebarkan sayap ke penjualan daring

  2. Ternyata mudah dan nggak ribet ya cara daftarnya.
    Mau kasih tahu temanku ah, dia punya warung yang makanannya khas, tapi kalau mau pesan lewat gofood nggak bisa karena belum terdaftar.

  3. Wah kbtulan sepupu baru bikin usaha kue basah tapi terkendala pemasarannya..boleh nih pake cara go food seperti uraian di artikel ini..mksh ya infonya

  4. Nah ini nih. Aku kan tinggal di area kost dekat kampus. Semenjak pandemi anak kost pada pulang ke kampung halaman nih. Para tetangga yg biasa jualan pada ngeluh omset turun drastis. Aku saranin ubah pake sistem online aja jualannya. Tapi aku gak ngerti caranya. Ntar klo da yg tanya bisa aku rekom nih artikelnya

  5. Meskipun step by stepnya panjang tapi banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkan ketika bermitra dan mendaftarkan usaha ke Gofood ya. Nanti bisa saya sarankan nih untuk para tetangga dan teman” yang buka usaha. Terima kasih infonya kak

  6. Iya sekarang semua usaha kuliner menggunakan sistem online, aku sempet berfikir mau usaha kuliner trs didaftarkan ke gofood, jadi ga perlu repot2 ya semoga terlaksana soalnya masih percobaan rasa makanan nie harus tidak bole mengecewakan

  7. Dulu orang malas bisnis kuliner karena malas buka toko yg tentu saja modalnya gede. Buka toko juga gak bisa di sembarang tempat. Harus di lokasi ramai, tempatnya strategis, belum lagi butuh karyawan banyak. Sekarang dengan hadirnya Go Food, dari rumah pun kita bisa buka usaha. Gak perlu takut sama kekhawatiran-kekhawatiran di atas. Gak mubazir juga, sebab kita memasak berdasarkan permintaan pelanggan. Jadinya, supply demandnya lebih seimbang menurutku.

  8. Saya setuju banget di tulisan ini. Usaha makanan harus dibuat sekreatif mungkin apalagi di masa pandemi. Skrng orang-orang lebih banyak membawa pulang atau take away makanan yang mereka beli karena kuatir tertular virus. Ini bisa dijadikan peluang bagi para pelaku usaha makanan

  9. Tetanggu juga ada yg diem-diem usaha kuliner, ayam goreng. Kenapa kubilang diem-diem…haha…soalnya aku tahunya dari aplikasi GoFood. Tapi kalau pesen yaaa langsung ke depan rumah aja…

  10. Beberapa waktu lalu juga temanku baru saja buka kedai makanan dan kopi gitu. Aku sarankan untuk daftarin ke gofood. Dan benar deh hasilnya, makin banyak yg order

  11. Foto yg menarik dan sesuai dengan kondisi sebenarnya. Soalnya, kadang foto menggiurkan Tapi setelah datang tampilan makanan gak sesuai

  12. prosesnya lumayan panjang yaa, kayaknya kalau mau buka usaha makanan harus dipikiran dan dibikin konsep yang matang, apalagi di zaman skrg orang-orang bukan hanya pikirin kualitas rasa, tapi packaging yang eye catching dan kemudahan order di gofood.

    btw, kenapa harus 90 hari untuk menentukan branding awareness?

    1. iya bener. Harus lengkap usahanya biar bisa masuk ke pasaran. 90 hari pertama ini harus dimaksimalkan ‘karna semakin cepat bisa dapat brand awareness, semakin banyak penjualan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Blog Baru Resolusi Baru

Sumber: http://pamongreaders.com/ Assalamu’alaikum.. Aloha..Gimana kabarnya nih? Saya mau curhat, tapi gak tau harus mulai dari mana. Udah lama gak…