Pengantin baru sebaiknya mengatur dana dengan mobile banking agar keuangan rumah tangga teratur
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-dan-wanita-tersenyum-duduk-di-dalam-kendaraan-1399287/

Sebagai pengantin baru, ada baiknya mengetahui cara atur dana pakai mobile banking. Ketika memulai rumah tangga baru, setiap orang sudah tentu memiliki kebiasaan tersendiri, bahkan untuk masalah keuangan. Ketika belum menikah, kamu mungkin tidak begitu terbuka pada pasangan berkaitan dengan keuangan. Namun, hal tersebut tidak dapat dilanjutkan ketika sudah memutuskan untuk berumah tangga. 

Transparan tentang kondisi keuangan menjadi hal yang harus dilakukan. Penting untuk mengawali hari yang baik dengan tepat sehingga kedepannya, kamu dan pasangan mempunyai pengaturan keuangan yang jelas.

Lebih-lebih sekarang ini mengatur keuangan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan mobile banking

Cara Atur Keuangan Pengantin Baru Menggunakan Mobile Banking

Mengatur dana dengan mobile banking memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah praktis digunakan
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-dan-wanita-memegang-buket-bunga-3715086/

Untuk mengatur keuangan, berikut langkah yang dapat dilakukan, antara lain:

1. Catat pendapatan serta pengeluaran bulanan

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan ialah mencatat pendapatan serta pengeluaran. Kamu bisa mencatat berapa pemasukan setiap bulan. Bila pasangan bekerja, jumlahkan penghasilannya dengan penghasilanmu. 

Kamu bisa membuat daftar belanja selama satu bulan, kemudian apa saja yang menjadi prioritas yang harus dipenuhi. Kamu harus mengutamakan kebutuhan pokok. Kamu bisa mencatat pendapatan dan pengeluaran ini melalui mutasi rekening yang berada di mobile banking. 

2. Sisihkan untuk investasi serta dana darurat

Ketika merencanakan keuangan, kamu harus memiliki pos dana darurat serta tabungan. Kamu dan pasangan harus menyisihkan 10% dari gaji untuk dana darurat serta investasi. 

Dana darurat adalah hal yang penting bila sewaktu-waktu kamu memerlukan dana yang mendesak seperti berobat saat sakit, atau memenuhi kebutuhan saat terkena PHK. Untuk pos ini, kamu bisa mentansfernya langsung di rekening lain menggunakan mobile banking.  

3. Lakukan investasi

Kamu dan pasangan juga harus memiliki tabungan pensiun. Masukkan anggaran tabungan pensiun ini di dalam perencanaan keuangan. Sisihkan uang dari gaji bulanan. Dana pensiun ini disiapkan dalam jangka panjang. Kamu bisa menyiapkan dana pensiun dari reksadana yang ada di beberapa mobile banking. 

4. Terbuka pada pasangan mengenai masalah keuangan

Ketika sudah berumahtangga, berbagai macam hal harus terbuka serta saling percaya. Berapa gaji masing-masing serta untuk apa penggunaan keuangan tersebut juga harus disampaikan. 

Jangan sampai kamu menyembunyikannya dari pasangan. Salah satu hal yang harus kamu ketahui ialah, masalah keuangan yang tidak transparan bisa memicu perceraian. 

Pilihan Mobile Banking dengan Berbagai Fitur

Sebagai seorang nasabah, kamu pasti ingin memilih mobile banking yang bisa mengakomodasi seluruh kebutuhanmu bukan. salah satu rekomendasi mBanking yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah PermataMobile X. 

PermataMobile X merupakan mBanking yang dimiliki PermataBank. PermataMobile X mempunyai ratusan fitur yang bisa memenuhi kebutuhan perbankanmu serta memudahkan transaksi. 

Sebagai sebuah aplikasi yang banyak direkomendasikan, ada berbagai kelebihan yang dimiliki PermataMobile X, seperti:

1. Praktis

PermataMobile X sangat praktis digunakan, kamu bisa mengecek seluruh akun yang dimiliki hanya dari satu layar. Mulai dari transfer, buka rekening hingga isi ulang pulsa bisa dengan satu aplikasi saja.

2. Cek mutasi bisa dilakukan dengan mudah

Kamu bisa mengecek mutasi pada semua jenis akun sampai 12 bulan terakhir

3. Memiliki ratusan fitur

Mobile banking PermataMobile X memiliki ratusan fitur perbankan yang akan memudahkan transaksi penggunanya. 

Hal yang Dapat Dilakukan Menggunakan PermataMobile X

Ada berbagai macam hal yang dapat kamu lakukan dengan aplikasi PermataMobile X, seperti:

  1. Cek mutasi rekening sampai 12 bulan terakhir
  2. Membayar berbagai macam jenis tagihan mulai dari telepon, listrik, internet dan yang lainnya
  3. Melakukan pengisian ulang pulsa, token listrik, e-wallet hingga voucher game
  4. Membuat kartu kredit, rekening tabungan hingga pengajuan KTA. Seluruh proses dilakukan secara online sehingga kamu tidak harus ke kantor cabang
  5. Melakukan transaksi investasi reksadana mulai dari penjualan, pembelian hingga switching
  6. Membayar dengan menggunakan fitur QR Pay. Cara kerja mobile banking ketika kamu menggunakan fitur ini hanya perlu membayar dengan scan barcode pembayaran. Dengan cara ini, kamu tidak perlu lagi mengisi e-wallet
  7. Tarik tunai di semua gerai Indomaret. Cara kerja mobile banking untuk fitur ini, kamu hanya perlu masuk di menu lainnya, kemudian ke menu Mobile Cash. Pilih Indomaret kemudian masukkan nomor handphone yang dimiliki. Nantinya kamu akan menerima token. Berikan token ini pada kasir Indomaret dan lakukan tarik tunai
  8. Mengirim WhatsApp Gift. WhatsApp Gift merupakan transfer dana yang disertai dengan kartu ucapan di nomor WhatsApp. Ada berbagai macam pilihan kartu ucapan, selain itu kamu juga tidak perlu mengetahui nomor rekening, cukup mengetahui nomor WhatsApp tujuan transfer
  9. Mengajukan kenaikan limit sementara credit card

Cara Mendaftar PermataMobile X

Untuk menikmati berbagai fitur di atas, kamu harus mendaftar PermataMobile X terlebih dulu. Berikut langkahnya:

  1. Download aplikasi PermataMobile X di App Store atau di Google Play Store
  2. Buka aplikasi kemudian pilih mulai
  3. Bila kamu sudah mempunyai rekening PermataMobile X, kamu bisa memilih ya, ketika terdapat pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataMobile X?”
  4. Jika kamu tidak memilikinya, kamu bisa memilih tidak. Nantinya kamu akan diarahkan ke PermataStore untuk melakukan pembukaan rekening
  5. Pilih tidak ketika terdapat pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?”
  6. Pilih apakah kamu nantinya akan mendaftar dengan menggunakan kartu kredit atau menggunakan nomor rekening
  7. Ikuti petunjuk selanjutnya sampai selesai serta user ID dapat digunakan

PermataMobile X memang bisa menjadi salah satu solusi ketika bingung memilih mobile banking yang tepat. Dengan menggunakan PermataMobile X, seluruh transaksi perbankanmu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Instal Aplikasi PermataMobile X sekarang juga. 

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like