Selamat kamu sedang mengandung, kini ada beberapa hal yang harus kamu lakukan setelah positif hamil. Perasaan bahagia sekaligus campur aduk pasti dirasakan oleh perempuan yang baru saja mengetahui dirinya positif hamil. Lakukan berbagai persiapan untuk memastikan baik ibu atau calon bayi sehat sampai saatnya melahirkan.

Berbagai Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Positif Hamil

Penantian dan usaha yang sudah dilakukan mendapatkan hasil. Calon ibu perlu melakukan berbagai penyesuaian mengenai kondisinya yang sekarang berbadan dua.

Ada hal-hal yang perlu diubah dan diperhatikan untuk memastikan kehamilan berjalan dengan lancar. Lakukan beberapa hal yang harus kamu lakukan setelah positif hamil berikut ini

Memastikan Ke Dokter

Saat menggunakan test pack pertama, kamu menemukan positif hamil. Coba lagi melakukan pemeriksaan karena tidak bisa hanya satu kali test saja. Cobalah ulangi dengan aturan atau anjuran sesuai yang dicantumkan di kemasan. Kamu dapat melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Tujuannya untuk mendapat kepastian karena bisa saja tes kemasan tidak akurat atau ada masalah lainnya. Mendatangi dokter adalah keputusan terbaik agar calon ibu dan bapak bisa lebih yakin sebelum mengabarkan berita baik tersebut pada keluarga besar dan orang lain dalam lingkungannya.

Jangan Khawatir Berlebihan

Hal yang harus kamu lakukan setelah positif hamil adalah berusaha untuk menjaga emosi, khususnya tidak mengkhawatirkan semua hal-hal kecil. Tidak perlu memikirkan secara berlebihan saat menemukan diri positif hamil.

Usahakan tetap tenang dan berpikir positif agar tidak stress. Perasaan ibu hamil yang cemas berlebihan bisa berakibat buruk baik untuk ibu maupun calon bayi. Tentu bantuan dari keluarga, khususnya yang sudah pernah melahirkan sebelumnya bisa membantu menenangkan semua kekhawatiran tersebut.

Mengumumkan kepada Keluarga

Jika sudah pasti positif hamil, baru kemudian menginformasikan kabar bahagia kepada keluarga. Boleh saja merayakannya dengan mengadakan makan malam bersama keluarga inti atau mengadakan baby shower dengan teman terdekat.

Lakukan apapun yang membuat pasangan bahagia dan meminta orang-orang sekitarnya untuk doa maupun bantuan. Hal ini bisa dilakukan sejak awal kehamilan, khususnya bila ibu mengalami kehamilan yang sulit dan butuh bantuan orang lain dalam aktivitas sehari-hari.

Ada juga yang berfikiran untuk menunda pengumuman sampai menjelang lahiran atau kalau sudah perut terlihat membesar. Hal ini untuk memastikan janin sehat dan ibu tidak terlalu banyak harus menjelaskan keadaannya.
Menerapkan Pola Hidup Sehat

Hal yang harus kamu lakukan setelah positif hamil adalah menjalankan pola hidup sehat. Tujuannya untuk mendukung kesehatan dan perkembangan janin. Caranya dengan rutin olahraga ringan, rileks dan usahakan tidak stress.

Berhentilah merokok, minum minuman beralkohol dan kebiasan buruk lainnya. Konsumsi makanan bergizi seimbang mulai dari sayur-sayuran, buah, telur, susu, daging dan ikan yang dimasak hingga matang. Kamu bukan makan untuk sendiri tapi kini sudah memutuskan makanan untuk sang calon bayi juga.

Menghindari Pantangan

Pantangan yang dimaksud di sini adalah tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak disarankan. Misalnya, ibu hamil dilarang mengkonsumsi daging yang tidak matang. Hindari minum alkohol dan kafein berlebihan.

Selain itu, dilarang merokok maupun perokok pasif serta tidak disarankan minum susu yang belum di pasteurisasi. Biasanya ada juga buah tertentu yang dilarang untuk dikonsumsi selama periode kehamilan.

Belajar Seputar Kehamilan

Selama periode hamil, ada banyak hal yang perlu dipelajari yang bermanfaat untuk kesehatan ibu dan janin. Selain itu, juga penting sekali mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggu.

Selama 9 bulan ini tentu saja ada yang harus dilakukan dan harus dihindari, ini juga perlu ilmu. Lebih bagus lagi untuk mendaftar kelas kehamilan dimana nantinya dapat berinteraksi dengan ibu-ibu hamil lainnya. Tidak hanya mengurangi kebosanan, pastinya ada hal baru yang diperoleh.

Nah, itulah beberapa poin yang merupakan hal – hal yang harus kamu lakukan setelah positif hamil. Coba untuk diterapkan untuk memberikan ketenangan lahir dan batin. Untuk mengisi waktu luang, tidak ada salahnya mencari lebih banyak info seputar kehamilan dari internet atau buku.

0 Shares:
4 comments
  1. Hamil perdana emang gak ada duanya. Khawatirnya kadang berlebihan. Ntar kalo dah hamil kedua dan seterusnya baru dah sabodo amat. Lanjut gas teroooos emak mah. Sehat terus yaaa bumil. HPL tanggal berapa nih?

  2. kehamilan merupakan berita yang bikin happy ya kak, apalagi kalau kehamilannya ditunggu-tunggu. yang aku lakukan setelah tahu positif hamil dulu sih ya happy, alhamdulillah gak ngidam yang aneh-aneh. mual juga cuman sampai bulan ke 4.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like