Coba baca judul di atas. Itulah pertanyaan yang dilontarkan temanku saat dia tau kalau aku suka menulis cerpen dan puisi di buku binder kuliah. ‘Kamu kan suka nulis? Kenapa sih nggak jadi blogger aja?’, tanyanya.

Jadi, tulisan ini lebih ke sharing pengalaman pribadi aku tentang alasan kenapa aku akhirnya memutuskan menjadi blogger. Jadi, buat kamu yang kiranya punya rasa penasaran dengan cara kerja blogger dan kepo tentang kenapa seseorang ingin jadi blogger, baca artikel ini sampai habis ya. ^^

suka nulis adalah salah satu alasan menjadi blogger

Awal Mula Menjadi Blogger

Aku suka menulis sudah sejak SD. Waktu itu aku sering nulis lirik lagu dan jurnal harian alias diary. Pernah suatu hari aku menulis surat protes untuk Ayahku karena Ayah lupa meninggalkan uang jajan untukku saat beliau ke luar kota. Saat SMP dan SMA aku jadi rajin nulis cerpen dan isi mading sekolah. Aku juga sempat jadi juara lomba cerpen di sekolahku. Ah, bangga lah walaupun hanya tingkat sekolah aja. ^^ Waktu kuliah S1 dan S2 aku juga ikutan ngisi artikel di majalah kampus. Jadi, menulis emang udah jadi kegemaran aku dari kecil sampai sekarang
Nah, aku mulai ngeblog itu tahun 2014 setelah artikelku tentang Wisata Alam Banyuwangi dimuat di majalah kampus. Aku diajarkan oleh temanku bikin blog gratisan dan saat itu belum TLD. Aku mulai rutin update artikel di blog walaupun isinya cuma curhat tentang cinta-cintaan dan keseharian di kampus.
Aku ingat benar waktu itu aku belajar dekorasi blog sendiri dengan panduan google. Aku pasang krusor boneka, ada musiknya dan ada animasi gerak-gerak gitu. Alay paripurna lah pokoknya. Ini selalu jadi bahan nostalgia teman-teman di grup blogger. Ternyata bukan aku aja yang pernah alay. hehehe..
Melihat keseriusan aku di dunia blogging, akhirnya aku dapat hadiah domain dari temenku itu. Katanya biar lebih profesional dan makin semangat ngeblognya. Benar aja, pasca TLD, aku jadi rajin nulis artikel yang berbobot ketimbang hanya nulis tentang perasaan aja.

Alasan Menjadi Blogger

Setiap orang punya alasan tersendiri kenapa ingin menjadi blogger. Yang jelas kebanyakan blogger berangkat dari hobi menulis mereka. Ternyata setelah diseriusi, blog ini bukan hanya jadi platform menulis tapi bisa jadi ladang rezeki bagi kebanyakan orang, entah itu berupa materi atau non-materi.
Aku pribadi sempat ngobrol dengan beberapa blogger yang aku kenal dengan dekat. Aku suka cari tau alasan mereka memulai menekuni kegiatan blogging karena apa, yah mana tau sama dengan alasanku ngeblog pertama kali. Nah, berikut aku rangkum beberapa hal yang mendasari seseorang, termasuk aku untuk terjun ke dunia blogging.
  • Dapat Mengabadikan Tulisan
Pada awalnya, blog digunakan sebagai tempat mengabadikan tulisan. Menulis artikel bagus di kertas atau file komputer dan nggak dipublish kok rasanya eman gitu. Kertas bisa robek, file di komputer bisa hilang, nggak ada pembaca kecuali kita sendiri.
Kemudian niatannya naik satu level yaitu ingin tulisannya dibaca oleh banyak orang, terlebih jika tulisannya bagus dan bermanfaat. Aku juga berangkat dari sini. Aku suka menulis dan ingin tulisanku dibaca orang lain terlepas dari tulisanku menarik atau nggak. Pembaca akan memberikan feedback melalui kolom komentar. Dari sini aku bisa kembali menulis dengan baik dan benar.
  • Memperluas Networking
Sekarang ini, komunitas blogger semakin banyak dan dapat dengan mudah dijumpai di setiap kota. Komunitas ini seringkali disebut komunitas positif karena nggak sedikit blogger yang sudah tinggi jam terbangnya berbagi ilmu terutama kepada pemula.
Para pemula yang ingin menseriusi blog dapat dengan leluasa bertanya tentang bagaimana cara merawat sebuah blog dengan baik dan benar di forum-forum yang kadang dibuka secara gratis  melalui kulwap, webinar, atau Instagram Live, misalnya. Dengan memperluas jaringan, maka semakin banyak manfaat yang bisa diperoleh terutama wawasan tentang dunia blogging.
  • Mencari Side Income
Bagi blogger yang sudah lama terjun di dunia menulis online ini, blog sangat menjanjikan untuk mendapatkan side income. Bagi blogger penuh waktu sudah bisa dipastikan bisa optimal mengurus blog dan mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari tulisannya. Begitu juga blogger yang menulis hanya sekedar hobi, bisa juga mendapatkan penghasilan dari blog.
Gimana caranya? Di blog ada yang namanya Google Adsense yang sebagian besar blogger menjadikan alat ini untuk menghasilkan uang. Content Review, Sponsored Post, Content Placement adalah sumber pendapatan lainnya untuk blogger. Menang lomba blog pun bisa jadi tambahan pendapatan.

salah satu alasan menjai blogger adalah untuk mendapatkan side income

  • Meningkatkan Kemampuan Menulis
Peningkatkan performa blog berbanding lurus dengan peningkatan kemampuan menulis. Untuk branding sebuah blog, kita harus rajin menulis artikel yang berkualitas yang sesuai dengan niche blog. Dengan ini bisa dipastikan kemampuan menulis kita jadi makin baik.
Blogger juga dituntut untuk menulis dengan jujur dan sesuai data serta dapat menulis dari berbagai sudut pandang. Justru itu, menjadi seorang blogger sekayak sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Selain meningkatkan kemampuan menulis, dapat menambah wawsan, dapat uang pula.
  • Gratis dan Nggak Mahal
Ngeblog gratisan atau berbayar sering kali dijadikan pertimbangan oleh blogger pemula. Nggak masalah kalau mau belajar nulis dulu di platform gratisan. Kalau mau berbayar pun nggak mahal-mahal amat kok. Bisa lah ditutupi dengan pendapatan blog dari job yang diterima dari klien.
Ini juga jadi kengerian aku untuk menggunakan platform berbayar karena khawatir nggak akan sanggup memperpanjang hosting tiap tahunnya. Ternyata setelah merasakan income dari blog, aku memutuskan untuk migrasi ke platform berbayar.
Sampai tulisan ini dibuat, aku sudah merencanakan untuk migrasi dari Blogspot ke WordPress. Nanti kita akan cerita tentang rencanaku ini di blogpost selanjutnya.
Sebagai pemula di platform berbayar, memilih hosting yang murah tapi berkualitas itu ngeri-ngeri sedap sih. Harus benar-benar membandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan. Aku cari tau ke teman blogger yang sudah lebih dulu menggunakan WordPress, ke mana kalau mau beli hosting murah? Di DomaiNesia, katanya. Aku pun langsung ceki-ceki.

Kelebihan DomaiNesia

Setelah mencari tau, akhirnya aku paham kenapa temanku merekomendasikan penyedia hosting DomaiNesia ini. Banyak kelebihan yang ditawarkan salah tiga nya adalah harga murah, full support 24 jam plus panduannya, dan gampang pengelolaannya. 
Se-nggak-nya 3 kelebihan ini yang diperlukan pemula seperti aku. Harga nggak bikin kantong jebol, cocok lah untuk yang baru mau kenalan sama hosting kayak aku. Full support 24 jam dan dikasih panduan, cakep! Jadi aku nggak perlu bingung sekiranya ada kendala nanti dalam penggunaannya. Gampang pengelolaannya, yah namanya juga anak bawang, pasti cari yang gampang-gampang aja, anti ribet.
Ini belum lagi ngebahas soal sekuritas dan SSDnya yang super cepat ya. Aku juga masih belajar soal itu.
Sebagai penutup, kalau kamu memang ingin menjadi seorang blogger, kamu harus mulai saat ini juga. Terlepas dari keinginan kamu untuk ngeblog gratisan atau berbayar, yang jelas kamu punya media untuk menyalurkan hobi dan bakat. Kamu pasti akan makin jatuh cinta dengan dunia blogging jika kamu sudah merasakan sendiri manfaatnya.
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like