Gajian adalah hal yang paling dinanti setiap bulan, yang artinya bersiap menerima uang untuk digunakan. Namun, terkadang gajian tiba justru tidak terkontrol dengan baik. Inilah alasan kenapa gaji kamu cepat habis.

Alasan Kenapa Gaji Kamu Cepat Habis

Dengan kondisi keuangan dan berbagai macam kebutuhan yang tidak bisa kamu prioritaskan pasti akan menghabiskan uang dalam waktu cepat, lalu apa alasan lainnya?

Tidak Punya Prioritas

Pada saat gajian pasti akan sangat menyenangkan namun jika tidak punya prioritas maka jadi alasan kenapa gaji kamu cepat habis. Prioritas ini sangat penting ketika kamu mulai mendapatkan gaji, misalnya saja menentukan apa saja yang harus didahulukan. Yaitu kebutuhan pokok yang wajib dikeluarkan per bulannya.

Namun, jika tidak memiliki prioritas, maka akan sangat sulit untuk mengendalikan keuangan. Tiba-tiba saja di tengah bulan gaji sudah habis, bahkan kurang, hal ini tentunya harus kamu waspadai di awal gajian.

Berbelanja yang Tidak Perlu

Buat yang hobinya berbelanja, godaan awal gajian adalah dengan berbelanja, apalagi kondisi saat ini. Dimana e-commerce menawarkan banyak produk yang bisa dibeli dengan mudah via online. Atau melihat berbagai macam diskon yang ada di depan mata ketika berbelanja.

Biasanya kamu akan tergiur oleh diskon, padahal produk atau barang tersebut sebenarnya tidak kamu butuhkan. Hal ini yang tentunya akan buat kamu mengeluarkan uang untuk belanjaan yang tak penting.

Padahal barang diskon yang kamu beli tersebut sebenarnya sudah tersedia di rumah, akibat terlalu tergiur diskon jadi cek out belanja tak perlu.

Punya Banyak Cicilan

Gajian merupakan hal yang selalu dinanti tiap bulannya, alih-alih ingin menggunakan uang gajian seluruhnya ternyata punya banyak cicilan. Kamu tentunya harus memprioritaskan cicilan terlebih dahulu tiap bulannya.
Maka dari itu, mengurangi cicilan barang tentunya akan meringankan kamu ketika kamu mendapatkan gaji.

Apalagi jika kamu adalah orang yang ketergantungan dengan kartu kredit, alih-alih senang memakainya. Justru akan semakin menambah beban cicilan di masa depan dan tidak pernah selesai.

Mengikuti Gaya Hidup Mewah

Berikutnya alasan kenapa gaji kamu cepat habis adalah mengikuti gaya hidup mewah. Dimana gaya hidup tersebut berdasarkan tren atau lingkungan pertemananmu tersebut. Kamu bahkan semakin terbawa arus jika mengikuti gaya hidup mewah ini yang pastinya semakin boros dalam pengeluaran.

Hal ini berakibat buruk pada pengeluaran yang harus kamu bayar, gaya hidup mewah ini pastinya memerlukan banyak uang. Seperti baju bermerk, makan di tempat mahal, punya produk skin care dan sebagainya.

Traveling yang Berlebihan

Berikutnya alasan kenapa gaji kamu cepat habis adalah dengan traveling yang berlebihan. Pada dasarnya traveling tentu membutuhkan banyak budget yang tak terduga. Jika tidak diperhitungkan, maka kamu akan mengalami pemborosan pengeluaran.

Tentunya traveling merupakan kesenangan yang sangat menarik, namun kamu harus berpikir budget yang dikeluarkan. Jika tidak maka akan mengeluarkan hampir separuh gaji yang kamu dapatkan hanya untuk traveling saja.

Ketagihan Investasi Online

Berikutnya saat kamu mulai senang dengan hadirnya investasi online yang mudah dan menggiurkan. Kamu lupa kontrol diri untuk sewajarnya saja dalam berinvestasi. Maka ketika gajian, kamu akan langsung ambil keputusan untuk ikut investasi online lebih banyak lagi.

Padahal namanya investasi pasti ada resikonya, kamu tidak berpikir resiko yang akan terjadi nantinya. Jika kamu mengalami masalah atau istilahnya lost, maka kamu akan kehilangan apa yang kamu investasikan tersebut.
Mengutamakan Hobi

Alasan kenapa gaji kamu cepat habis karena kamu terlalu mengutamakan hobi yang kamu lakukan. Buat yang suka dengan hobi otomotif maka kamu akan mengeluarkan banyak uang untuk membeli berbagai pernak-pernik otomotif. Sementara itu, harga dari spare part otomotif tergolong mahal.

Maka ketika kamu lebih mengutamakan hobi, gaji kamu yang akan jadi taruhannya. Di awal bulan sudah mulai berkurang akibat kamu lebih mementingkan hobi kamu dibandingkan dengan kebutuhan utama yang dijalankan.

Itulah beberapa alasan kenapa gaji kamu cepat habis, jadi di awal gajian, sebaiknya kamu bisa memperhatikan mana yang penting. Atau kamu bisa membuat daftar apa saja yang harus kamu keluarkan dari uang gajimu.
Hal ini akan meminimalisir gaji kamu agar tetap terkontrol dan tidak habis begitu saja di pertengahan bulan.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like