TRAVELLING – It leaves you speechless, then turns you into a storyteller. _ Ibn Battuta_


8 Tempat Wisata Menarik di Da Lat Vietnam – Hi jasmi Lovers! Udah lama banget saya gak nongol ke permukaan. Hari ini saya datang dengan (InsyaAllah) beberapa informasi menarik buat kamu semua. Bentar lagi kan mau liburan panjang Natal dan Tahun Baru. Masa sih cuma ngadem aja di rumah? Gak niat jalan-jalan melihat dunia? Ada yang mau liburan ke Vietnam? Nah, buat kamu yang lagi planning mau jenjalan akhir tahun ini, mungkin artikel ini bisa sedikit membantu. 

Kalau kamu berencana untuk liburan ke Vietnam, maka Da Lat bisa jadi salah satu destinasi favorit kamu. Da Lat adalah ibu kota Provinsi Lam Dong yang terletak di bagian Selatan Vietnam. Kota ini terletak di dataran tinggi yang secara geografis berada di ketinggian 4.900 kaki dari permukaan laut. Jalan-jalan ke Da Lat tentu memberikan keunikan sendiri karena kamu bakal ngerasa seperti sedang jalan-jalan di Eropa. Kenapa? karena kota ini dikelilingi gedung-gedung yang desainnya seperti arsitektur pada masa Kolonial Perancis. Ya secara kan Vietnam ini dulu dijajah negara itu kan ya. 
Berbicara soal Da Lat, saya jadi ingat sejarah jaman Soekarno dulu sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Ceritanya tuh, Bung Karno, Bung Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat diundang oleh Marsekal Terauchi ke Da Lat untuk membahas penyerahan kemerdekaan Indonesia oleh Jepang. Sampai akhirnya, Jepang menyerah kepada sekutu, dan diumumkanlah kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Untuk info lebih lanjut soal detik-detik proklamasi ini, baca buku sejarah lagi aja ya. ^^ Jadi, gak heran kalau di Da Lat juga punya banyak banget wisata sejarahnya. 
Gak seperti Saigon dan Ho Chi Minh yang sering dikunjungi turis asing, kota kecil ini menawarkan wisata yang sangat menarik dan unik sekali. Baik, tanpa banyak bicara lagi, langsung aja yuk kita simak 8 tempat wisata menarik di Da lat yang harus ada di daftar kunjungan kamu.

The Crazy House

Dok. Pribadi || Salah satu tangga curam di Crazy House

Crazy House ini disebut juga dengan The Hang Nga Crazy House. Konsep Crazy House ini sangat unik karena walaupun banyak pintu dan tangga, kamu gak akan tersesat dan bisa menemukan jalan keluar. Berlibur di Crazy House ini seperti berwisata di Alice in Wonderland kerena desain nya seperti gua-gua, jamur raksasa dan terowongan berliku-liku. Ada juga ruangan yang didesain seperti di bawah laut dengan warna birunya yang indah. 
Bisa dibilang konsepnya seperti sarang laba-laba yang mana ada jalan berupa tangga yang connecting antara satu gedung dengan gedung yang lain. Crazy House ini dibangun oleh Dang Viet Nga, seorang arsitek Vietnam yang belajar di Rusia. Nah, di sini juga disediakan penginapan lho dengan berbagai desain hewan liar seperti Elang. Jadi, pada awalnya tuh, tempat ini adalah Hang Nga Guesthouse dan Galeri Seni. Kemudian, karena keunikannya, tempat ini dibuka untuk umum dan dijadikan salah satu destinasi wisata di Da Lat.

Dok. Pribadi || Salah satu interior di Crazy House

Dok. Pribadi || Salah satu interior di Crazy House. Underwater world.

Harga tiket masuk ke The Crazy House ini tergolong murah. Hanya dengan membayar 50.000 VND (sekitar Rp. 30.000,-) untuk dewasa dan 20.000 VND (Rp. 13.000,-) untuk anak-anak, kamu sudah bisa menikmati pemandangan indah kota Da Lat dari atas “rumah gila” ini dan menambah pengalaman yang ngeri-ngeri sedap saat menaiki tangga-tangga yang (sebagiannya) curam. Kamu juga bisa cek harga penginapan di sini. Tempat ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 8.30 s/d 19.00 waktu Vietnam. 

Valley of Love

Dok. Travelsewhere || Pemandangan danau Da Tien dari atas Valley of Love

Valley of Love adalah taman bunga yang bernuansa kedamaian dan keromantisan. Taman yang dibangun di atas tanah seluas 242 hektar ini dikelilingi oleh pohon pinus yang hijau dan juga danau Da Tien seluas 13 hektar, danau buatan yang dibangun sejak tahun 1972.
Tempat ini terletak sekitar 6km di utara pusat kota Da Lat dan cocok banget dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Bagi kamu yang sangat suka dengan bunga, tempai ini juga bisa dijadikan alternatif untuk kamu berfoto dengan background bunga yang berwarna-warni.

Dok. Pribadi || Berfoto di antara bunga-bunga

Untuk sampai di sini, kamu bisa naik bus dari jalan  Phu Dong Thien Vuong. Harga tiket masuk ke Thung Lung Tinh Yue (Valley of Love) ini tergolong agak mahal yaitu 100.000 VND (sekitar Rp. 60.000,-) tapi semua terbayarkan dengan pemandangan indah yang menakjubkan. 

Da Lat Old Railway Station

Dok. First Travel || Tampak depan bangunan Da Lat Old Railway Station

Stasiun Kereta Api tua ini merupakan salah satu wisata sejarah di Da Lat yang patut dikunjungi. Kabarnya, perlu waktu sekitar 24 tahun untuk menyelesaikan rel kereta api ini. Rel kereta api ini dulu digunakan untuk menghubungkan Da Lat dengan Thap Cham yang kemudian dibangun kembali pada tahun 1938.

Dok. Pribadi || Salah satu gerbong tua 

Gedung stasiun kereta api ini mengadopsi arsitektur ala Eropa, lebih tepatnya Perancis. Ya gitu, karena kan stasiun ini dibangun pas masa Kolonial Perancis. Sekarang, stasiun kereta api ini sudah tidak berfungsi lagi kecuali ada satu ketera api yang melakukan perjalanan ke Trai Mat yang hanya berjarak 7km. Lagian, kereta api ini dioperasikan untuk one day tour ke kota Trai Mat yang mana trip ini hanya berdurasi 1.5 jam.

Di rel kereta apinya sendiri ada satu gerbong tua yang dijadikan kafe dan juga museum. Kamu bisa membaca sejarah stasiun kereta api ini di museum tersebut. Buat kamu yang suka bangunan tua, kamu juga bisa berfoto di sini ala-ala retro atau vintage. Banyak juga lho yang foto pre-wedding di sini. Lokasinya tidak jauh dari kota. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa naik Grab Car atau taksi untuk sampai di sini dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Bao Dai Summer Palace

Dok. Pribadi || Tampak depan Bao Dai Summer Palace

Tempat ini merupakan istana raja terakhir Vietnam yaitu Raja Bao Dai. Istana ini dibangun mulai tahun 1933 selesai tahun 1938 dan dijadikan tempat peristirahatan raja pada musim panas karena cuaca Da Lat yang merupakan dataran tinggi sangat sejuk. Justru itu, istana ini disebut Summer Palace.

Seperti kebanyakan bangunan tua lainnya, istana ini juga didirikan mengikut desain Kolonial yang dibangun oleh arsitek asal Perancis dan arsitek asal Vietnam bernama Huynh Tan Phat. Istana ini mempunyai luas 1000 meter persegi yang memiliki 26 kamar yang dibagi menjadi 4 area; area kerja, ruang tamu, ruang hiburan atau ruang keluarga, dan kamar tidur.

Dok. Pribadi || Ruang tamu istana

Dok. Pribadi || Dining Room istana

Istana ini juga sangat sesuai buat kamu yang cinta wisata sejarah karena kamu dapat mengetahui segala informasi tentang istana ini dan juga tentang keluarga kerajaan. Untuk masuk ke istana ini, kamu cukup membayar 20.000 VND (sekitar Rp. 12.000,-) dengan tambahan biaya jika kamu bawa kamera. ^^

Dok. Pribadi || Pakai alas sepatu dulu sebelum masuk ke dalam istana

Istana ini dibuka untuk umum setiap hari mulai dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore waktu Vietnam. Nah, kalau kamu masuk ke istana ini, kamu dilarang memakai sepatu atau sendal. kamu akan diberikan kain penutup alas kaki yang wajib kamu pakai ketika memasuki istana.

(Baca juga: 5 Hal Menarik yang Bisa Kamu Lakukan di Sabah Malaysia)

Datanla Waterfall

Dok. Pribadi || Datanla Waterfall sign didokumentasikan dari rel Alpine Roller Coaster

Datanla Waterfall hanya berjarak sekitar 5km dari pusat kota Da Lat. Sebenarnya, ada banyak air terjun lain yang lebih bagus dari Datanla Waterfall ini. Yang menjadikan Datanla menarik adalah akses ke sana. Kamu harus menaiki Speed-Alpine Roller Coaster (Xe Truot Moi) dengan jarak 2.4km dan kamu sendiri yang akan mengontrol kecepatannya. Kurang lebih seperti mengendarai mobil, ada remnya, ada gasnya yang keduanya dikontrol oleh tangan kanan dan kiri.

Dok. Pribadi || Alpine Roller Coaster. Gagang hitam dengan tombol merah adalah gear sebelah kanan

Dok. Pribadi || Datanla waterfall. Lebih indah saat musim hujan. level air lebih tinggi

Untuk masuk ke Datanla Waterfall ini, kamu cukup membayar 10.000 VND aja (sekitar Rp. 6.000,-) dan membayar Roller Coaster sebesar 50.000,- VND (sekitar Rp. 30.000,-). Kamu juga bisa menkmati aktifitas lainnya seperti abseiling atau rafting dengan harga yang affrodable banget.

Kabar baiknya adalah selain dapat menikmati pemandangan hutan pinus yang indah, akan ada banyak kamera disepanjang trail Roller Coaster yang akan memotret kamu. Jika kamu berkenan, kamu bisa membeli gambar itu sebagai kenang-kenangan. Jadi, pastikan memperlambat kecepatan saat mulai dekat dengan kamera untuk hasil foto yang keren. ^^

Lang Biang Peak

Terletak di ketinggian 2167 mdpl sebelah utara Da Lat, kamu bisa menikmati pemandangan menakjubkan berupa sawah-sawah hijau yang terbentang luas dari atas gunung Lang Biang ini. Bagi kamu yang suka hiking, Lang Biang bisa kamu jadikan daftar gunung yang akan kamu daki. Cuma, hiking di sini bukan sekayak naik gunung pada umumnya karena treknya sudah diaspal. Untuk sampai ke puncak, kamu butuh waktu sekitar 1-2 jam.

Nah, pertanyaannya, gimana kalau kamu gak minat hiking? Jangan khawatir. kamu tetap bisa sampai ke puncak dengan mengendarai jeep yang harus kamu sewa di loket sekitaran parking area.

Pemandangan menuju puncak juga gak kalah menarik. Dikelilingi pohon pinus sebelah kiri dan kanan jalan tentu sangat memanjakan mata dan sangat alami. Kamu akan mendengar the sound of mother Earth, suara alam.; suara desiran angin, kicauan burung dan gesekan daun-daun, membuat suasana menenangkan banget. Jangan lupa pegangan saat naik jeep karena jalannya mendaki, curam, agak sempit dan banyak belokan patah. Hmmm, jangan nikung juga ya, karena itu menyakitkan. ^^

Ho Xuan Huong Lake

Dok. dreambigtravelfarblog || Pemandangan danau Ho Xuan Huong

Danau ini terletak di tengah-tengah kota Da Lat. Danau ini berbentuk bulan sabit dan jadi tempat favorit nongkrong warga setempat maupun turis. Kamu bisa bersantai sambil menyantap makanan ringan khas Da Lat di pinggir danau dengan teman-teman maupun keluarga.

Selain itu, kamu juga bisa menyewa bebek dayung yang tentu saja hargannya ramah kantong. Kamu juga bisa jogging menyusuri jalan setapak di sekeliling danau. Tempat ini adalah salah satu tempat yang harus kamu kunjungi saat ke Da Lat, selain karena aksesnya yang mudah (bisa dicapai dengan taksi, bus dan juga grab car), kamu juga bisa menambah koleksi foto kamu dengan berfoto di seputaran danau.

Di seberang danau, kamu juga akan menemui gedung unik berwarna kuning yang berbentuk seperti bunga matahari. Bangunan ini merupakan bagian dari Lam Viet Square. Jadi, kamu bisa berkunjung ke sana sambil shopping barang-barang yang kamu perlukan.

Cable Car Robin Hill

Dok. Pribadi || Pemandangan dari atas gondola
Robin Hill juga bisa dijadikan salah satu tujuan wisata saat kamu berlibur ke Da Lat. Kamu bisa menaiki kereta gantung atau cable car yang bikin deg-degan. Kereta gantung ini dibangung pada tahun 2013 oleh perusahaan dari Austria. Panjang laluan kereta gantung ini adalah 2.3km dan ada 50 gondola yang beroperasi. 
Tujuan kereta gantung ini adalah dari Robin Hill ke kuil Truc Lam. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan pemandangan pusat kota Da Lat yang indah dan juga pohon pinus. Yang bikin lebih challenging adalah akan ada track yang gondola yang dekat banget dengan pucuk pohon pinus. Jadi, ada sensasi sekayak mau tabrakan gitu gondola sama pohonnya. Ngeri-ngeri sedap. 

Untuk harganya naik cable car ini, kamu cukup membayar 50.000 VND (Rp. 30.000,-) kereta pergi dan 70.000 VND (Rp. 42.000,-) untuk kereta balik. So, total Rp. 72.000,- lah untuk tiket return. Cukup murah kan? Tempat ini juga gampang sekali dicapai. Jaraknya hanya 2km dari Da Lat Market.

Disclaimer: harga tersebut di atas sewaktu-waktu bisa berubah.

Nah, itu dia 8 tempat wisata menarik di Da Lat, Vietnam yang dapat kamu kunjungi. Yang mana yang jadi favorit kamu?

Mau tripnya diarrange oleh travel agent yang dipercaya? Kamu bisa hubungi FJ Addict Global di akun IG: @pakejholiday_murah. Kamu bakal dapat trip yang menyenangkan sesuai dengan request dan budget kamu. Pokoknya travelling bareng FJ Addict Global gak akan bikin kamu kantong bolong deh. 

0 Shares:
0 comments
  1. tiket masuknya rata-rata terjangkau sama dompet nih, Stasiunnya seklilas bangunanya mirip seperti bangunan khas eropa tempo dulu, klasik dengan warna yang cukup ngejreng juga

  2. Mbaaaaakkk, Kalau rezeki dapat tiket promo tuh lumayan bgt. Aku pernah dapat 325.000 PP Bandung-KL. 160.000 PP Banda Aceh-KL. 350.000 PP Jakarta-Bangkok. Baru beli tiket pp ke Seoul dari KL 2 juta doang akhir tahun 2020. Alhamdulillah bgt.

  3. aaak kereeen mau banget ke kereta gantung sama rollercoasternya jugaaa πŸ™‚ bisa ngatur kecepatan pula hehehe, itu yang Valley of love indah banget sekilas kaya di Indonesia. Tp paling mupeng ke Da Lat Old Railway Station, sebagai anak kereta aku suka banget kalau ke keretaan2 ginih

  4. Wow Vietnam, bagaimana rasanya bisa kesana dan menikmati obyek wisata disana, pasti senang ya mbak. Spot-spot nya banyak dan menarik. Meski sebagian sama dengan di Indonesia, tapi bisa menikmati tempat wisata di Asia, terutama Vietnam, rasanya amazing ya.

  5. Aku tiap liat org jalan ke luar negeri itu pasti mupeng. Serius nanya, jalan ke luar negeri ini butuh bajet berapa sih ? Misalnya sj ke vietnam ini ? Trus berburu timet murah itu dimana sih mbak ? Sepupu ku pernah ke.i.dia PP cuma 1,9 juta ongkosnya.

  6. Bentar, hal pertama yang mau aku komenin itu … sepatu ungu sama kerudung ungunya pas banget bikin potret kaka Jas jadi hidup. Sukaaaa.

    Uww aku ter-wow nih sama Crazy House. Kayaknya kalo aku yang ada di sana, betah banget nggak mau buru buru pulang. Sampe memory kamera penuh dah bisa bisa.

  7. Wah.. langsung mupeng saya nih, Mbak Jasmi hahaha. ternyata wisata iVetnam sangat memikat ya.. Bahkan stasiun kereta Api bisa jadi tempat wisata yang menarik. Soalnya gedungnya sangat terawat. beda di Indonesia gedung tua bersejarah malah banyak yang rusak hehehe. Harus rajin ngisi celengan ayam nih, biar bisa segera ke Vietnam hahaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like