THEAMAZINGJASMI.COM – Berbicara soal tempat wisata di Vietnam, gak lengkap rasanya kalau gak bahas Ho Chi Minh City. Ho Chi Minh City (HCMC) merupakan kota terbesar di Vietnam yang dulunya merupakan Ibu Kota Vietnam Selatan. Nama Ho Chi Minh ini diambil dari nama tokoh revolusi sekaligus Presiden Vietnam Utara yang sangat berpengaruh atas kemerdekaan Vietnam. Kota ini terletak dekat dengan delta Sungai Mekong yang jadi tarikan utama wisata HCMC dan pusat kotanya terletak di tepi Sungai Saigon. Siapa sangka, kota yang dulunya disebut Saigon ini juga punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. 

Berbicara Vietnam juga gak terlepas dari bahasan tentang sejarah di mana Vietnam dijajah oleh Perancis di abad ke-19. Saat itu negara-negara di Eropa dan Amerika gak kenal Vietnam karena namanya disembunyikan oleh Perancis dengan nama Indochina bahkan menurut catatan sejarah, di peta pun nama Vietnam diganti dengan nama Indochina ini. Setelah menghajar tentara Perancis hingga babak belur, akhirnya Vietnam memproklamasikan kemerdekaannya pada 2 September 1945 Jadi, gak heran saat berlibur ke HCMC kamu akan tau banyak tentang sejarah perang antara kedua negara ini termasuk perang Vietnam dengan Amerika Serikat.
Seperti yang dibahas di atas, kali ini aku bakal ngebahas wisata sejarah di Ho Chi Minh City. Tempat ini aku rekomendasikan untuk dikunjungi karena selain menarik, di tempat-tempat ini kamu juga bakal tau banyak tentang sejarah perang antara Vietnam dan Perancis serta Amerika Serikat dan kamu bisa bandingkan sendiri perbedaan senjata yang digunakan kedua negara itu. 
Jujur, aku udah sekitar 5 kali jalan-jalan ke Ho Chi Minh sambil bawa tour. Aku gak pernah bosen karena memang aku salah satu penggemar wisata sejarah. Well, habis baca sejarahnya aku pasti akan lupa lagi sih. Tapi aku akan selalu takjub dengan cerita-cerita zaman dulu yang kecil kemungkinan bisa terulang lagi di zaman sekarang. 
Langsung aja, aku akan kasih tau ke kamu 8 Tempat Wisata yang wajib ada di itinerary kamu saat berlibur ke Ho Chi Minh City. 

1. KATHEDRAL NOTRE-DOME  BASILICA

Dok. Pribadi || Sejarah tentang Kathedral ini dapat dibaca di dalamnya. Tempat ini juga masih digunakan untuk ibadah. 
Terletak di jantung kota HCMC, Kathedral Notre Dome ini wajib di kunjungi karena punya sejarah yang cukup unik. Sebelum dibangun menjadi Kathedral, tempat ini merupakan Pagoda Vietnam yang terabaikan dan gak digunakan lagi semasa perang Vietnam dengan harapan akan memberikan kedamaian bagi Vietnam. Kathedral ini dibangun selama 17 tahun yaitu dari tahun 1863-1880 dan masih difungsikan sampai sekarang sebagai atraksi wisata dan tempat ibadah.
Karena letaknya di tengah kota, tempat ini mudah banget dikunjungi. Kalau kamu ikut group tour, pasti gereja yang juga disebut Cathedral Notre-Dome de Saigon ini akan jadi salah satu tempat yang masuk dalam daftar city tour. Kalau kamu solo backpacker kamu bisa naik taksi, grab car atau grab bike dari Ben Thanh Market dengan harga cuma VND 12.000 (RPp. 8.000,-). Jarak tempat ini dari Ben Thanh Market hanya 1.1 km. kamu juga bisa jalan kaki untuk menghemat. 

2. CENTRAL POST OFFICE

Dok. Pribadi || Gedung Kantor Post Sentral yang banyak dikunjungi para turis. 
Dok. Pribadi || Atap Gedung Kantor Pos Sentral yang melengkung dan artistik
Di sebelah Kathedral Notre Dome, kamu bisa menemui Central Post Office atau Kantor Pos Sentral Ho Chi Minh dengan arsitektur kolonial Perancis. Kantor Pos Sentral ini merupakan yang terbesar di Vietnam dan dikabarkan juga yang terbesar dan termegah di Asia Tenggara. 
Interior gedung ini indah banget dengan bentuk langit-langit yang melengkung dan jendela-jendela kayu khas arsitektur Eropa. Di bagian luar, ada jam dinding besar yang dipasang tepat di tengah-tengah gedung. Kamu gak perlu bayar tiket masuk saat berkunjung ke sini. Kamu bisa berfoto ala-ala retro sepuasnya di sini. 
Untuk menarik wisatawan datang, di lobi utama gedung ini di sediakan tempat duduk untuk istirahat dan phone booth yang bisa dijadikan spot untuk berfoto. Menariknya lagi, kantor pos ini masih berfungsi lho. Jadi, kamu bisa mengirimkan kartu pos untuk keluarga dan teman dari Vietnam

3. NGUYEN HUE BOOK STREET

Dok. Pribadi || Suasana Nguyen Hue Book Street sore hari. 
Dok. Pribadi || Salah satu stall yang menjual souvenir dan totebag.

Ini adalah salah satu tempat unik yang cocok banget untuk anak muda dan insta killer. Di sepanjang jalan Nguyen Hue Book Street ini banyak toko buku kecil dengan desain vintage dan juga instagrammable banget. Toko buku ini didekor semenarik mungkin karena tujuan utamanya adalah untuk menarik remaja untuk mencintai literasi. Ada juga cafe-cafe asik untuk nongkrong di jejeran toko buku di daerah yang juga disebut Duong Sach PT ini.

Selain berfoto, kamu juga bisa membeli buku yang kebanyakan buku bekas dengan harga yang murah meriah, mulai dari VND 10.000 hingga VND 40.000 (Rp. 6.000,- hingga Rp. 25.000,-). Bukunya juga bervarisasi mulai dari buku lokal hingga buku internasional berbahasa Inggris dan Perancis. Di sini juga sering diadakan pameran buku. Ohya, Book Street ini juga salah satu alternatif jalan kaki dari area pasar Ben Thanh ke Hard Rock Cafe. Jadi, pastikan kamu datang ke sini dan berfoto puas-puas ya!

4. SUNGAI MEKONG

Berwisata ke Sungai Mekong saat berlibur ke HCMC bisa dibilang wajib karena Sungai Mekong adalah tarikan utama HCMC. Delta Sungai Mekong ini mengalir dari Provinsi Yunnan Cina, melewati Thailand Utara, Laos, dan Kamboja.

Perjalanan ke Sungai Mekong memakan waktu 2-2.5 jam dari pusat kota dan akan berhenti di beberapa tempat shopping yang sangat murah. Tempat yang disinggahi seperti pabrik kain katun Vietnam dan Inggris dengan berbagai motif dan tempat membeli oleh-oleh. Tempat ini disinggahi kalau kamu tour bersama rombongan lain dan ada tour guidenya. Mungkin karena ada kerja sama kali ya antara penjual dan travel agencynya.

Perjalanan menyusuri Sungai Mekong dimulai dari Bent Tre dengan mengendarai boat besar yang muat untuk 15 hingga 20 orang. Kamu akan diajak untuk singgah di sebuah tempat produksi permen kelapa. Ada tester gratis yang disediakan. Selanjutnya mau beli atau gak itu terserah kamunya. Di situ juga dijual banyak souvenir seperti miniatur HCMC, topi khas Vietnam, dan banyak lagi. Cuma, harganya jauh lebih mahal daripada di Ben Thahn Market.

Pit Stop selanjutnya adalah Pulau Unicon atau Pulau Madu. Di sini ada peternakan lebah madu dan kamu bisa membeli madu asli yang dijual. Kamu juga bisa menyicip madu yang diambil langsung dari “rumah”nya.

Dari Pulau Madu ini, kamu akan diajak menyusuri anak sungai dengan sampan melewati pohon Nipah (sejenih pohon palem). Di sini kamu akan disambut dengan penyanyi yang berpakaian tradisional sambil menikmati gorengan dan rujak buah. It’s for free!! Kamu bisa memberi tip seikhlasnya untuk para penyanyi.

Di sini juga dijual souvenir yang kebanyakan sih (menurutku) tas khas Thailand (yang bermotif burung hantu itu lho!). Harganya lumayan mahal sih, tapi tas seperti ini jarang dijual di Ben Thahn Market. Nah, uniknya menyusuri Sungai Mekong ini adalah kamu akan kembali melalui jalan yang lain, gak melewati tempat-tempat yang disinggahi sebelumnya. Jadi, kalau emang mau beli permen kelapa dan madu, jangan tunggu nanti-nanti, ya!

5. CU CHI TUNNEL

Dok. Backpackerdeals || Suasana di dalam Cu Chi Tunnel yang digunakan sebagai tempat persembunyian.

Gak lengkap rasanya kalau ke HCMC gak berkunjung ke Cu Chi Tunnel atau Terowongan Cu Chi. Terowongan ini jadi saksi gerilya Vietnam berperang dengan cara yang sangat cerdas menggunakan alat sederhana tapi mematikan. 

Terowongan ini bukan hanya jadi tempat bersembunyi tapi juga tempat beraktivitas para Vietkong atau tentara Vietnam dan rakyatnya. Di dalam terowongan ini ada rumah sakit, dapur, ruang rapat, tempat membuat alat perang, dan ruangan untuk bermain anak-anak. Sekilas terlihat seperti semut yang hidup di dalam tanah. 

Uniknya, terowongan ini memiliki ventilasi berupa lubang kecil di atas permukaan tanah yang ditutup dengan daun. Jadi semua kegiatan sehari-hari dan rapat strategi perang dilakukan di tempat tersembunyi. Di Cu Chi Tunnel ini kamu juga akan melihat lubang-lubang kecil yang hanya cukup untuk satu orang yang yang ditutup dengan papan untuk Vietkong menyerang musuh.

Di terowongan sepanjang 200 KM ini kamu juga bisa melihat langsung replika jebakan yang digunakan oleh Vietkom untuk membunuh musuh dan gambaran kegiatan masyarakat serta tentara pada zaman perang itu. 

6. BEN THANH MARKET


Dok. Wikipedia || Tampak depan Ben Thanh Market

Ben Thanh Market adalah salah satu pasar utama di Ho Chi Minh City yang menjual berbagai produk mulai dari kain katun Vietnam, sepatu, kaos, hingga souvenir. Ben Than Market banyak dikunjungi oleh wisatawan karena Ho Chi Minh sendiri disebut surga shopping.

Ada ratusan penjual yang menjajakan produknya di Ben Thanh Market ini yang pasti akan membuat kamu kalap untuk berbelanja. Harga barang juga bervariasai mulai dari yang murah hingga mahal. Tugas kamu sebagai pembeli adalah menawar harga karena kadang ada penjual nakal yang akan menaikkan harga untuk turis.

Selain kain katun dan sutera vietnam yang terkenal, barang olahraga seperti sepatu sport, baju jersey dengan kualitas KW premium juga dibandrol sangat murah. Bayangkan, harga jersey bola yang dijual Rp. 150.000,- di Indonesia, bisa dibeli dengan harga Rp. 35.000,- saja di Ho Chi Minh City. Jadi, siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam untuk kepuasan shopping yang menyenangkan.

7. MALAYSIAN STREET

Gak jauh dari Ben Thanh Market, ada beberapa jalan yang penuh dengan restoran halal dan juga kedai penjual kain pasang (kain bakal baju), hijab, dan mukena. Tempat ini di sebut Malaysian Street di mana ramai sekali pengunjung dari Malaysia datang ke sini untuk berburu kain katun.

Penjual di Malaysian Street juga banyak yang bisa berbahasa melayu, jadi gak usah khawatir gak bisa berkomunikasi karena terkendala bahasa. Untuk kain katun atau disebut juga kain pasang, harga di Malaysian Street jauh lebih murah daripada di Ben Thahn Market. Jadi, sudah barang tentu ramai sekali wisatawan yang datang berburu kain dan mukena di sini.

Selain borong kain katun, di sini juga terkenal borong mukena Siti Khadijah, salah satu brand ternama di Malaysia dengan kualitas KW premium. Tentu harganya jauh lebih murah dari yang asli di Malaysia sana. Biasanya orang Malaysia yang berbelanja borong adalah reseller.

Menariknya lagi di Malaysian Street ini adalah kamu bisa menemukan banyak tailor yang menawarkan jasa jahit instant alias satu hari jadi dengan harga yang rasional. Jika tertarik, jangan lupa siapkan desain baju yang ingin kamu di hari pertama kamu sampai ke HCMC ya. Jadi, pas pulang nanti, baju kamu udah jadi.

Ramai juga pengunjung dari Malaysia dan Indonesia yang menginap di hotel daerah Malaysian Street karena dekat dengan pasar dan juga restoran halal. Walaupun hotelnya tergolong agak pricey, tapi worthy banget untuk pengunjung yang memang niat awalnya untuk berbelanja.

8. WAR REMMANTS MUSEUM

Dok. Pribadi || Rudal dengan berbagai bentuk dan ukuran sisa perang Vietnam. 

Dok. Pribadi || Replika tempat pemasungan sandera Vietnam oleh pasukan musuh. 

Dok. Pribadi || Alat yang digunakan untuk hukuman pancung.
Museum perang di Ho Chi Minh adalah salah satu tempat yang harus dikunjungi karena menyajikan kekejaman tentara Perancis dan Amerika Serikat selama perang yang berlaku di Vietnam. Selain pengetahuan tentang sejarah perang Vietnam, di Museum yang awalnya bernama Puppet War Crimes ini juga menampilkan perbedaan alat perang yang digunakan oleh kedua negara tersebut. Alat yang digunakan oleh tentara Vietnam adalah alat tradisional sedangkan tentara AS tentu saja menggunakan peralatan canggih seperti pesawat tempur dan rudal.

Di halaman depan museum ini ada bekas tank, pesawat tempur dan juga helikopter yang digunakan oleh pasukan musuh untuk menyerang Vietnam. Banyak pengunjung yang berfoto dengan kendaraan bekas perang itu. Di sisi kanan atau dekat dengan pintu keluar, ada rudal dan bom dengan ukuran dari kecil hingga super besar yang juga merupakan peninggalan perang. Sedangkan di sisi kiri museum, ada sebuah lorong berbatuan dan kamar kecil yang dulunya digunakan untuk menyiksa dan membunuh rakyat Vietnam. Ada juga alat yang digunakan untuk hukuman penggal kepala di area itu.

Sedangkan di dalam gedung beberapa lantai itu terdapat ratusan foto yang didokumentasikan selama perang termasuk foto-foto korban Agent Orange yaitu semprotan zat beracun yang dilakukan oleh pasukan AS untuk merusak bahan pangan dan membunuh rakyat Vietnam. Parahnya lagi, zak aktif Agent Orange ini berdampak bagi keturunan para korban yaitu mengalami cacat seumur hidup.

Harga masuk ke museum ini sangat murah yaitu VND 40.000 atau setara dengan Rp. 25.000,-. Kamu dapat berfoto sepuasnya dan mengetahui lebih detail tentang sejarah perang Vietnam dan Amerika Serikat serta Perancis pada zaman dahulu. Kamu juga bisa membeli souvenir yang dijual di dalam museum yang sebagian adalah hasil karya OKU (Orang Kurang Upaya) yang merupakan keturunan korban Agent Orange.

Nah, itu dia 8 tempat wisata menarik di Ho Chi Minh City yang harus kamu kunjungi. Tertarik untuk berlibur ke sini dan berpetualang dengan wisata sejarah? Buruan booking tiket pesawatnya dan paket tour hemat ke Ho Chi Minh City bersama FJ Addict Global. Bebas atur itinerary kamu sesuai dengan bajet yang kamu punya.

0 Shares:
0 comments
  1. Duluuu waktu ke HCMC masuk ke Ben than market bisa masuk tapi ga bisa keluar . Saking banyaknya penjual dan kemiripan bangunannya, jadi ga hapal masuk dari sebelah mana. Temen tur lokal ga bisa bahasa Inggris, nahh

  2. Naik sampan dari Laos ke Ho Chi Minh teh. Itu yang dilakukan pekerja di Sungai Mekong. Banyakan orang dari Laos yang kerja jual souvenir gitu. Dan mereka tiap hari bolak balik gitu.

  3. Sebelnya pas ngajak teman ke Vietna dia bilangnggak mau ah nggak ada apa-apanya di sana. Padahal mah banyak spot kece ya. Daku pengen banget menyusuri Sungai Mekong loh, dari Laos sampai Vietnam

  4. ngeliat postingan IG nya kak, jauh2 main ke Vietnam di ajak main ke sungai, alahi, hahahahha lucu captionnya

    ngga kebayang ternyata bentuk terowongnannya seperti ini ya, luar biasa , memang jadi kayak semut yang hidup di dalam tanah, apalagi panjangnya sampe 200 km

  5. Aku kepengen deh suatu hari nanti bisa jalan2 ke Vietnam. Buanyaak kisah sejarah yang spooky2 ya tempatnya. Apalagi ada diorama alat pancung, tempat penyiksaan tawanan perang dll. Wisata ke Ho Chi Minh City nya menyenangkan banget mbak. Mesti belanja deh tuh barang2 yang unik buat kenang2an ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like