Dok. Pribadi: Pesona Gunung Kinabalu

Sabah merupakan salah satu negara bagian di Malaysia yang juga dikenal dengan Borneo. Mendengar kata Borneo sekilas kita terbayang Pulau Kalimantan. Ya, Sabah disebut begitu karena Negeri ini berbatasan langsung dengan Kalimantan Utara, Indonesia. Jadi, gak heran kalau bentang alam dan budaya Sabah agak mirip dengan Kalimantan Utara.

Sabah dikenal di kalangan turis baik lokal maupun mancanegara karena keindahan alamnya yang sangat menakjubkan. Negeri di bawah Bayu (Land Below the Wind) ini mempunyai keberagaman atraksi wisata yang mampu menarik perhatian pelancong. Sebut saja Gunung Kinabalu salah satunya. Gunung tertinggi di Asia Tenggara ini selalunya akan menjadi destinasi utama para pendaki untuk melakukan pendakian dan menikmati pemandangan dari summit.
Jika kamu ingin liburan ke suatu tempat sebut saja liburan ke Sabah, kamu pasti akan mencari tau hal-hal menarik yang bisa kamu lakukan, kan? Tentu saja begitu karena kamu juga ingin liburan kamu makin seru dan memorable. Apalagi bagi kamu yang bisa dikatakan seorang petualang, kamu pasti akan mencoba hal-hal baru yang unik dan menegangkan.

Nah, berikut 5 hal menarik yang bisa kamu lakukan di Sabah yang tentu akan membuat liburan kamu menjadi lebih asik dan gak akan terlupakan.

5. Staycation dan BBQ-an di Hounon Ridge & Farmstay

Dok. Pribadi: View dari Hounon Ridge & Farmstay, Ranau

Kalau kamu pernah membaca artikel sebelumnya, kamu pasti akan terpukau dengan view yang dijual oleh villa ini. Selain menjadi salah satu alternatif penginapan, kamu juga bisa BBQ-an bersama teman atau keluarga sambil melihat hamparan bintang di villa ini. Kamu juga bisa menginap di tenda agar liburan kamu serasa kayak camping.

Kamu juga bisa melihat gunung Kinabalu secara jelas dari lokasi villa seolah kamu berada di kaki gunung tersebut. Bukan itu saja, kamu juga akan disambut oleh udara pegunungan yang sejuk dan segar. Tentu dengan staycation di sini, liburan kamu akan lebih seru dan kamu juga menikmati keindahan alam yang indah banget.

4. Berfoto Ala – Ala di New Zealand di Desa Cattle Dairy Farm

Dok. Pribadi: Wow. Serasa di New Zealand

Desa Cattle Dairy Farm ini berlokasi di Kundasang berhampiran dengan kaki gunung Kinabalu. Udara yang sejuk dan hamparan padang rumput pegunungan membuat suasananya serasa di New Zealand. Tidak salah kalau orang tempatan dan para turis menyebut Desa Cattle Dairy Farm ini sebagai New Zealand nya Malaysia.

Kamu bisa berfoto dengan background gunung Kinabalu atau sapi-sapi yang sedang merumput. Nuansa hijau ladang rumput membuat foto kamu jadi lebih fresh dan natural. Selain untuk berfoto, Desa Cattle Dairy Farm ini juga sesuai dijadikan tujuan wisata keluarga. Kamu bisa memberi makan sapi dan kambing di sini. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai produk olahan susu murni seperti yogurt dan es krim.

(Baca: 5 Tempat Wisata Menarik di Malaysia Selain Menara Kembar)

3. Menikmati Senja di Jesselton Point Waterfront

Dok. Breathtaking sunset

Setelah penat seharian jalan-jalan di Kota Kinabalu, kamu bisa bersantai sore harinya di area Jesselton Point Waterfront. Tempat ini merupakan pelabuhan boat dan ferry menuju beberapa pulau berdekatan seperti Pulau Sapi, Pulau Manukan, Pulau Gaya, dll. Ada banyak gerai makan dan toko kraftangan di sini. Kamu bisa menikmati suasana sambil makan seafood atau sambil memancing sambil menunggu sunset dengan view yang menakjubkan.

2. Parasailing di Sapi Island

Dok. Pribadi: Berani? Ngeri-ngeri sedap!!

Pulau Sapi adalah salah satu dari 5 pulau yang termasuk dalam Tunku Abdul Rahman National Park. Pulau sapi dikenal sebagai tujuan wisata favorit para turis di Kota Kinabalu, ibukota Negeri Sabah. Untuk sampai ke Sapi Island, kamu bisa naik boat dari Jesselton Point Waterfront dalam waktu hanya 20-30 menit dengan harga tiket:

Dewasa RM23 (1 pulau), RM33 (2 pulau), RM43 (3 pulau), dan RM53 (4 pulau)
Anak-anak RM18 (1 pulau), RM23 (2 pulau), RM 28 (3 pulau), dan RM33 (4 pulau)

Kamu juga harus membayar conservation fee untuk pelabuhan sebesar RM7.63 untuk dewasa, dan RM3.82 untuk anak-anak.

P.s: Harga sewaktu-waktu bisa berubah

Selain berenang di pantai dan snorkeling, di Pulau Sapi kamu juga bisa aktifitas lain seperti seawalking dan diving. Tentu saja kalau kamu mau diving, kamu harus sudah punya sertifikat untuk menyelam.

Dok. Pribadi: Keindahan Pulau Sapi

Hal menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di Sapi Island adalah Parasailing. Kamu bisa menghubungi agen-agen parasailing di seputaran Sapi Island dengan berbagai harga RM50 – RM75 per pax. Jadi kamu harus sangat selektif membandingkan harga dari agen-agen itu ya. Kamu juga bisa tawar menawar sekiranya kamu juga ingin mengambil paket bermain parasailing + banana boat.

Rasakan sendiri pengalaman mendebarkan terbang dengan parasut di atas laut biru. Jangan lupa titipkan kamera pada pemandu untuk membantu memotret atau merekam keseruan yang kamu rasakan.

(Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Phuket Agar Liburanmu Makin Seru)

1. Menguji Adrenalin dengan Coral Flyer Zipline

Source: tnit.rezdy.com : Meluncur dari Pulau Gaya ke Pulau Sapi

Gak sama seperti Flying fox biasa, Coral Flying Zipline ini terbentang dari pulau ke pulau. Maksudnya, kamu akan meluncur dari satu pulau ke pulau lainnya menggunakan tali gantung, katrol, dan pegangan. Tentu saja ada safety belt nya juga. Nah, di sebut Coral Flyer Zipline karena kamu bakal meluncur sepanjang 250 meter di atas laut yang banyak karang di bawahnya.

Untuk bermain zipline ini, kamu harus menyebrang ke Pulau Gaya yang bersebelahan dengan Pulau Sapi. Kamu harus trekking selama 15 menit untuk sampai di titik luncuran. Sebelum trekking, kamu akan diberikan equipment seperti safety belt, helm, dan katrol pegangan oleh petugas. Sampai di pos luncuran, pemasangan equipment kamu akan di double check oleh guide dan diberi arahan.

Jika kamu sudah bersedia, maka meluncurlah kamu dari Pulau Gaya kembali ke Pulau Sapi. Tentu bermain Zipline ini sangat mendebarkan karena gantunganya sangat tinggi, kecepatan luncuran mencapai 60 km/jam, dan kamu meluncur di atas permukaan laut. Gimana, tertarik untuk menguji adrenaline kamu di sini?

Karena Zipline ini mengaplikasikan hukum kekekalan momentum, maka gak sedikit orang yang memiliki berat badan di bawah 50kg akan tersangkut di tengah-tengah tali luncuran. Tapi jangan khawatir, jika kamu tersangkut, kamu akan ditarik ke stopping point di Pulau Sapi oleh guidenya. Gimana, mendebarkan sekali, kan?

Jangan lupa bawa GoPro atau SJ Cam untuk merekam saat-saat menegangkan itu ya! Oh ya, hati-hati juga sewaktu turun dari stopping point ke dermaga, kamu akan disambut oleh biawak di semak-semak karena kamu harus turun melewati hutan.

Untuk bermain Coral Flyer Zipline ini kamu cukup membayar RM68 (sekitar Rp. 240.000,-) saja, termasuk harga boat yang mengantar kamu ke Pulau Gaya.

Nah, itu dia 5 hal menarik yang bisa kamu lakukan di Sabah, Malaysia. Semoga liburan kamu jadi lebih seru dan memorable ya, gengs!

Happy journey…

0 Shares:
0 comments
  1. desa cattle dairy farm kayanya tempat impian saya banget tuh. Kelihatan alami banget, emak pasti seneng kalo diajak kesana soalnya doyan foto, apalagi dengan background gunun kinabalu yang ajib begitu, bakal betah deh lama-lama hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like